13 Peluang Wirausaha di Bidang Budidaya Ternak

13 peluang wirausaha di bidang budidaya ternak
13 peluang wirausaha di bidang budidaya ternak
Peluang wirausaha di bidang budidaya ternak.warga Indonesia lebih banyak memutuskan bekerja di kantor atau dalam sebuah perusahaan diperbandingkan jadi peternak hewan. Faktanya sejumlah besar orang dusun banyak yang berangkat ke kota atau ke luar negeri.

Sebenarnya upaya ternak hewan itu termasuk amat memberikan keuntungan. Ditambah lagi kompetisi usaha ternak hewan sangat sedikit, tidak seperti jualan di pasar atau buka rumah makan. Diluar itu peternak sangat juga membahagiakan, karena disertai dengan hoby . Maka amat sayang bila anda melewatkan peluang yang besar sekali ini.

Gak semua ternak hewan itu gampang, karena beberapa hewan perlu lahan yang luas dan tenaga yang kuat buat cari makanannya. Contohnya ternak sapi, ternak kambing atau ternak ayam broiler.

Namun kami akan menulis macam-macam binatang ternak yang bisa dipiara atau diperbudidayakan di dalam rumah secara gampang dan memberikan keuntungan tanpa ada tempat yang luas. Apa tipe hewan ternak yang paling gampang dan memberikan keuntungan?

1. Cara Budidaya Kroto Bagi Pemula

Cara Ternak Kroto di Toples
Cara Ternak Kroto di Toples

Tipe hewan pertama kali yang gampang diternak dan memberikan keuntungan merupakan kroto atau dapat disebut menjadi telur semut rangrang. Kroto sendiri sebagai hewan kecil yang miliki kandungan nutrisi dan protein yang bagus buat burung kicau dan bibit ikan.

Beberapa pencinta burung umumnya cenderung pilih kroto buat menjadi pakan. Karena kandungannya amat diperlukan buat menambah mutu kicauannya. Namun demikian sayang ini hari kemunculan kroto lebih sangat jarang, di alam liar sendiri telah jarang-jarang dijumpai gara-gara kerap diincar.

Maka beberapa pecinta burung lantas harus cari penjual kroto di toko burung. Soal ini jadi kemungkinan besar buat Anda yang mau membudidayakan kroto di dalam rumah. Ingat upaya kroto ini tidak susah, tidak juga perlu tempat yang luas, jadi tak ada kelirunya kalian coba mesti ini. Dan hasilnya lantas sangat menggiurkan.

2. Cara Ternak Ayam Kampung yang Baik

Ternak Ayam Kampung Modern
Ternak Ayam Kampung Modern

Tidak serupa dengan ayam broiler, daging ayam daerah ini lebih diminati oleh warga umum, karena dagingnya lebih sedap dan tidak terlalu lemak. Kendati harga tambah mahal dibanding ayam broiler, namun masih saja ada banyak yang mengkonsumsinya terpenting saat lebaran.

Maka beternak ayam daerah terhitung ternak hewan yang paling memberikan keuntungan. Kecuali manfaatkan dagingnya, kalian bisa juga ambil keuntungan dari telurnya.

Meskipun begitu kalian tetap harus tahu bagaimanakah caranya beternak ayam daerah yang benar dan baik. Lantaran umumnya beberapa orang dusun dulu cuma jadikan ayam daerah menjadi sambilan. Ayam daerah dikasih makan seadanya dan didiamkan berkeliaran bebas di halaman.

3. Cara Beternak Ayam Potong

Cara Beternak Ayam Potong
Cara Beternak Ayam Potong

Karena kepentingan ayam potong tambah meningkat dan sebagai lauk pauk yang paling digemari dalam setiap hari. Sebelumnya mulai upaya ayam broiler cari kabar dahulu bagaimanakah caranya ternak ayam pedaging dari perawatan sampai panen. Buat mulai usaha peternakan ayam broiler, Anda dapat mulai usaha ini dari modal yang paling kecil sampai paling besar.

Bila Anda dapat manfaatkan kemungkinan ini, Anda dapat mendapat keuntungan buat waktu panjang. Dengan waktu panen ayam potong terhitung lumayan cepat diperbandingkan ayam daerah, maka bisa cepat dipanen. Ayam broiler bisa dipanen bila berat dagingnya telah gapai kira-kira 2 kg. Berat 2kg ini umumnya teraih di usia ayam broiler kira-kira 30 hari saja.

4. Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi

Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi
Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi

Beternak ikan konsumsi pun termasuk gampang, karena dia terhitung ikan yang mempunyai daya tahan badan kuat. Maka tak perlu memanfaatkan kolam dengan tempat yang luas. Cukup hanya dengan kolam dari terpal atau plastik saja.

Beberapa ikan konsumsi yang dapat dibudidayakan sebagai berikut:

cara beternak ikan lele untuk pemula
cara beternak ikan lele untuk pemula

Cara Beternak Ikan Lele untuk Pemula

Ternak lele pun jadi unggulan entrepreneur pemula. Karena usaha ini termasuk ringan dan perlu modal yang sedikit.

Dan cuma dalam kurun kurang dari tiga bulan lele siap buat dipanen. Bila proses budidayanya dilaksanakan yang kekinian saat yang diperlukan buat panen semakin lebih cepat.

Cara Berternak Ikan Nila
Cara Berternak Ikan Nila

Ternak Ikan Nila

Ikan nila sebagai ikan air tawar yang telah tenar buat dimakan. Ketahanan ikan Nila dalam tiap keadaan dan cuaca membuat gampang buat diperbudidayakan. Kecuali dibanding itu, ikan yang ini pun miliki periode waktu panen yang condong cepat, cuman perlu waktu kira-kira 3 sampai empat bulan saja.

Beberapa macam ikan nila yang tenar diperbudidayakan antara lain Nila Merah Nifi, Nila Merah Gift, Nila Gift Biasa dan Nila Lincah.

cara ternak ikan gurame
cara ternak ikan gurame

Cara Bdidaya Ikan Gurame

Budidaya ikan Gurame mempunyai potensi usaha yang demikian besar. Tingginya keinginan ikan yang ini dan pasar yang condong konstan, menjadikan amat punya potensi tinggi buat diperbudidayakan.

Ikan Gurame banyak ditawarkan di restoran atau rumah makan menjadi santapan jadikan harga ikan ini lumayan tinggi. Beberapa macam ikan Gurame yang tenar dibudayakan antara lain Gurame Soang, Gurame Jepun, Gurame Paris dan Gurame Batu.

Ternak Ikan Bawal Air Tawar
Ternak Ikan Bawal Air Tawar

Ternak Ikan Bawal Air Tawar

Ikan bawl sebagai salah satunya tipe ikan air tawar yang banyak digemari. Lebih hari, keinginan lebih tinggi buat ikan bawal ini. Kelebihan dari ikan yang ini miliki wujud fisik yang lebar. Dengan begitu sesuai buat anda yang bertekad usaha budidaya ikan air tawar.

bisnis ternak ikan mas
bisnis ternak ikan mas

Bisnis Ternak Ikan Mas

Ikan yang ini sangat tenar dan banyak kita temui menjadi menu makanan di restoran dan rumah makan. Budidaya ikan ini bertambah lama dari ikan Nila, yaitu makan waktu 6 – delapan bulan buat panen. Ikan yang siap dipanen umumnya miliki berat sampai 400 g.

ternak ikan gabus terbaru
ternak ikan gabus terbaru

Ternak Ikan Gabus Terbaru

Ikan gabus sebagai ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini pula banyak diperbudidayakan buat keperluan komersil. Ikan gabus yang dibesarkan dari ukuran 5-7 cm dalam kurun 5-6 bulan dapat menciptakan ukuran panen 5 ekor/kg

Tips Ternak ikan Patin
Tips Ternak ikan Patin

Tips Ternak Ikan Patin

Ikan Patin merupakan beberapa kelompok ikan berkumis yang terhitung dalam genus Pangasius. Versus ikan fillet dari patin kerap disalah uraikan menjadi ikan dori. Ikan patin dipandang seperti opsi substitusi ikan dori yang lebih ekonomis dan gampang dicapai. Ikan ini gampang diperoleh di pasar dengan kira-kira harga beberapa puluh ribu rupiah per kilogramnya.

Budidaya ikan Tongkol
Budidaya ikan Tongkol

Budidaya Ikan Tongkol

Tongkol merupakan sama dengan ikan laut dari suku Scombridae. Tongkol umumnya jadi tipe ikan tangkapan nelayan. Namun ikan ini bisa juga diperbudidayakan di pesisir pantai. Tongkol dipasarkan berbentuk ikan fresh, ikan beku, dan dikalengkan.

Cara Bududaya Ikan Cakalang
Cara Bududaya Ikan Cakalang

Cara Bududaya Ikan Cakalang

Cakalang atau skipjack tuna sebagai tipe ikan laut yang dapat diternakkan. Budidaya cakalang dapat dilaksanakan di keramba apung kira-kira laut. Cakalang diperbudidayakan menjadi satu diantaranya sumber buat warga pesisir Indonesia.

Cara Budidaya ikan Tuna
Cara Budidaya ikan Tuna

Cara Budidaya Ikan Tuna

Tuna terhitung satu diantaranya tipe ikan ternak air asin yang tenar di pelosok dunia. Tuna sebagai satu diantaranya komoditas ikan paling tinggi di bagian perikanan. Budidaya tuna dapat memanfaatkan keramba jala apung di terlepas pantai dengan kedalaman gapai 15 sampai 30 mtr.

budidaya ikan kembung
budidaya ikan kembung

Budidaya Ikan Kembung

Ikan kembung sebagai tipe ikan ternak air asin sama ukuran kecil. Ikan masih yang berkerabat dengan tenggiri, tongkol, dan tuna ini miliki nilai ekonomis menengah. Ikan kembung masih yang kecil pun kerap dipakai menjadi umpan hidup buat memancing cakalang.

budidaya ikan sarden
budidaya ikan sarden

Budidaya Ikan Sarden

Sarden terhitung tipe ikan air asin yang terbanyak dikomersialkan. Ikan ini acapkali dipasarkan berbentuk kaleng. Sarden nyatanya bisa juga diperbudidayakan.

Budidaya Ikan Tenggiri
Budidaya Ikan Tenggiri

Budidaya Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri sebagai famili dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. Budidaya ikan ini lumayan banyak dilaksanakan warga Indonesia. Tenggiri banyak diminati orang, diperjual-belikan berbentuk fresh, ikan kering, atau dibuat menjadi krupuk, siomay, dan olahan yang lain.

Cara Budidaya Ikan Bandeng agar Cepat Besar
Cara Budidaya Ikan Bandeng agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Bandeng agar Cepat Besar

Menjadi ikan air payau, bandeng banyak diminati karena rasanya yang netral dan condong renyah. Bandeng dapat hidup di laut lalu beralih ke rawa air payau. Ini membikin ikan ini lebih banyak diperbudidayakan di keramba atau tambak dekat laut.

budidaya ikan mujair di rumah
budidaya ikan mujair di rumah

Budidaya Ikan Mujair di Rumah

Mujair sebagai ikan asli perairan air tawar dan air payau di lokasi tenggara Afrika. Di Indonesia, ikan ini pertamanya dijumpai oleh Pak Mujair di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur di tahun 1939. Ikan ini sebagai ikan yang gampang menyesuaikan dalam bermacam situasi keadaan. Mujair bisa hidup di semua tipe ekosistem perairan tawar, dan wilayah pesisir laut.

budidaya ikan kerapu di kolam
budidaya ikan kerapu di kolam

Budidaya Ikan Kerapu di Kolam

Ikan kerapu salah satu komoditas export di Indonesia. Macam-macam ikan ternak ini sebagai sisi dari budidaya ikan air payau. Kerapu banyak dijumpai di Sumatera, Jawa, Pulau Buru dan Ambon. Walau termasuk ikan air payau, kerapu diketahui suka hidup di karang. Lantaran itu, kerapu bisa lebih banyak ditemui di perairan dangkal dan pada jumlah karang yang paling luas.

Cara Budidaya Ikan Kakap Putih
Cara Budidaya Ikan Kakap Putih

Cara Budidaya Ikan Kakap Putih

Ikan yang dapat diperbudidayakan di air payau lalu kakap putih. Tipe ikan ini tersebarkan luas di lokasi Hindia-Pasifik Barat dimulai dari Asia Tenggara sampai Papua New guninea dan Australia Utara. Kakap putih sebagai ikan demersal (mendiami dasar sungai/laut) di mana ikan ini dapat dijumpai di perairan pesisir, muara sungai, laguna dan sungai, baik di perairan bersih atau kotor, umumnya dalam bentang temperatur 26−30 °C.

Budidaya Ikan Belanak
Budidaya Ikan Belanak

Budidaya Ikan Belanak

Belanak merupakan sama dengan ikan laut tropis dan subtropis yang memiliki bentuk nyaris seperti bandeng. Ikan ini acapkali diperbudidayakan di air payau. Belanak dapat dipiara bersama dengan ikan bandeng.

Tidak diingkari ikan-ikan itu kerap  diperdagangkan di pasar. Dan yang membudidayakannya masih sedikit. Keadaan ini jadi kemungkinan besar buat anda untuk coba beternak ikan konsumsi. Kami sempat menulis sejumlah panduan budidaya ikan konsumsi di website ini.

5. Ternak Ikan Hias di Akuarium

ternak ikan hias di akuarium
ternak ikan hias di akuarium

Tipe hewan yang gampang diternak dan memberikan keuntungan seterusnya merupakan ikan hias. Ambil keuntungan dari hoby memang membahagiakan. Kecuali suka memandang hewan yang kita piara, kita bisa juga mengantongi uang dari hoby itu.

Ikan ikan hias sebagai ikan yang banyak dicari dan dipiara oleh warga Indonesia. Hewan ini bisa dipiara di akuarium rumah atau kolam kecil depan rumah. Buat membudidayakannya lantas lumayan simpel apabila kalian pengin tekun dan disiplin. Tidak juga perlu tempat yang luas.

Hewan ternak ikan hias yang gampang dan memberikan keuntungan

budidaya ikan mas koki di akuarium
budidaya ikan mas koki di akuarium

Budidaya Ikan Mas Koki di Akuarium

Tipe ikan air tawar yang banyak dipasarkan buat golongan menengah atas dan bawah. Ikan mas koki terhitung upaya ternak yang memberikan keuntungan dalam sekejap. Disebabkan cepat bertelur dan beranak pinak.

Cara Budidaya Ikan Cupang
Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang

Untuk mengawali usaha ikan hias cupang amat ringan. Anda beli dua indukan jantan dan betina yang ditempatkan dalam kolam. Sendirinya, indukan cupang betina dapat beranak pinak pada jumlah besar.

Budidaya Ikan Guppy Menggunakan Ember
Budidaya Ikan Guppy Menggunakan Ember

Budidaya Ikan Guppy Menggunakan Ember

Tipe ikan hias yang gampang diternakkan dalam akuarium mini. Sekali bertelur dapat menciptakan anak ikan guppy sampai 200 ekor. Ikan guppy miliki wujud dan warna yang paling elok.

Cara Budidaya Ikan Discus
Cara Budidaya Ikan Discus

Cara Budidaya Ikan Discus

Berikut tipe ikan yang memiliki beraneka warna dan memukau penglihatan mata dengan keelokannya. Ikan discus berawal dari perairan amazon dengan wujud gepeng bak kompak disk.

Cara Budidaya Ikan Arwana
Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara BudidayaIkan Arwana

Tipe ikan dari asia tenggara dan dimaksud ikan naga. Ikan predator ini bisa dijumpai di perairan kalimantan dan papua. Di Indonesia, ikan arwana jadi ikan hias dengan nilai jual begitu tinggi. Karena keelokan wujud dan warna.

Budidaya Ikan Black Phantom
Budidaya Ikan Black Phantom

Budidaya Ikan Black Phantom

Ikan air tawar ini dimaksud pun black ghost yang miliki asal mula dari Suriname dan Amazon. Ikan ini miliki ukuran besar dengan pakan berbentuk cacing, jentik nyamuk, pelet dsb.

Cara Budidaya Ikan Botia
Cara Budidaya Ikan Botia

Cara Budidaya Ikan Botia

Ikan ini miliki wujud lucu, warna yang elok kuning ceria. Di Indonesia, ikan botia banyak diminati. Maka bila anda berwiraswasta berjualan ikan botia ditetapkan memberikan keuntungan dan laku manis.

budidaya ikan corydoras
budidaya ikan corydoras

Budidaya Ikan Corydoras

Tipe ikan air tawar dengan warna belang yang asal mula dari perairan Amerika Selatan. Komunitas aslinya dari sungai amazon dan dimaksud pun ikan tikus. Bila anda buka upaya ternak ikan corydoras karena itu yakinkan situasi akuarium atau kolam ikan sesuai sama komunitas asli

cara budidaya ikan louhan
cara budidaya ikan louhan

Cara BudidayaIkan Louhan

Ikan yang miliki keunikan tonjolan besar di kepalanya ini berawal dari Amerika tengah banyak digemari beberapa pencinta ikan hias di Indonesia. Dengan nilai jual ikan lohan yang paling mahal membikin kemungkinan usaha budidaya ikan louhan sangat menggiurkan untung besar.

Budidaya Ikan Oscar
Budidaya Ikan Oscar

Budidaya Ikan Oscar

Berikut tipe ikan hias air tawar yang kerap ditemui di aquarium. Dengan wujud elok dan warna badan yang menguasai hitam atau merah membikin ikan oscar banyak diincar orang.

Budidaya Ikan Sapu Sapu
Budidaya Ikan Sapu Sapu

Budidaya Ikan Sapu Sapu

Ikan sapu banyak dijumpai di kolam aquarium warga Indonesia. Wujud sisi bawah ikan sapu rata dan bisa melekat di kaca. Ikan ini miliki warna hitam dengan bintik putih atau coklat di atasnya. Ikan hias ini tenar dalam masyarakat tanah air dari periode ke periode. Dan miliki banyak pengagumnya.

Budidaya Ikan Sepat Hias
Budidaya Ikan Sepat Hias

Budidaya Ikan Sepat Hias

Tipe ikan yang terhitung bangsa gurame ini berawal dari negara Malaysia. Ikan ini gampang dipiara dalam akuarium mini sekalinya dan sebagai ikan air tawar yang menggemari semua makanan atau omnivora. Pakannya dapat cacing, pelet, jentik nyamuk dsb.

Budidaya Ikan Mickey Mouse
Budidaya Ikan Mickey Mouse

Budidaya Ikan Mickey Mouse

Berikut tipe ikan yang digemari banyak orang-orang di Indonesia. Diberi nama ikan mickey mouse karena memiliki bentuk serupa mickey mouse. Pembawaan ikan ini suka berdompol dan miliki ukuran badan yang kecil.

cara budidaya ikan molly
cara budidaya ikan molly

Cara Budidaya Ikan Molly

Tipe ikan yang tidak agresif. Akan tetapi miliki pembawaan yang berteman dengan tipe ikan yang lain. Maka anda dapat memiara ikan molly bersama ikan hias yang lain yang miliki pembawaan berteman. Ikan ini memiliki warna badan yang paling elok dan menarik tiap orang yang memandangnya.

budidaya rainbow fish
budidaya rainbow fish

Budidaya Rainbow Fish

Ikan ini gampang dijumpai di perairan Australia, Sulawesi dan Kalimantan. Ikan rainbow fish memiliki sirip yang besar dengan wujud meliuk tajam berkilau. Wujud badannya amat elok dan gepeng.

6. Ternak Cacing

Walau terdengarannya memuakkan namun beternak cacing amat memberikan keuntungan, cukup banyak entrepreneur cacing yang telah sukses dan mengantongi juta-an rupiah. Ditambah lagi cacing kerap menjadi bahan makanan buat ikan dan umpan pancing. Pastinya begitu banyak yang menelusurinya.

Ternak ikan cacing sendiri terdiri jadi beberapa macam, antara lain:

budidaya cacing sutra
budidaya cacing sutra

Budidaya acing Sutra

Ada beberapa tehnologi yang dapat dilaksanakan oleh pemberbudidaya untuk mengawali berakhlakdaya cacing sutera ini. Dimulai dari langkah kolam plastik, nampan tipis/kecil, nampan besar bertingkat outdoor sampai nampan besar bertingkat indoor.

Mutu cacing sutera tangkapan alam umumnya buruk, juga condong bisa sebabkan munculnya penyakit dan kematian massal di benih ikan dan bisa sebabkan kematian masal.

Budidaya Cacing Tanah dan Pemasarannya
Budidaya Cacing Tanah dan Pemasarannya

Budidaya Cacing Tanah dan Pemasarannya

Siapakah yang tidak mengenal dengan Cacing tanah, kadang-kadang hewan ini amat ditakutkan oleh sebagian orang karena memiliki bentuk yang unik. Walau begitu hewan invertebrata (tidak miliki tulang belakang) ini sangat dicari-cari oleh sebagian orang atau perusahaan dengan arah tersendiri pada jumlah yang banyak seperti pakan ternak atau bahan beberapa obat, ini mengisyaratkan Cacing tanah miliki fungsi yang begitu banyak buat kepentingan setiap hari.

7. Budidaya Burung Kicau

Komunitas pecinta burung terhitung komunitas yang terbanyak di Indonesia. Untuk kamu yang menyenangi burung kicau, tidak ada kelirunya untuk coba membudidayakannya agar mendapat keuntungan dari hoby.

Beternak burung sendiri ada beberapa macamnya, salah satunya seperti berikut :

cara budidaya burung lovebird
cara budidaya burung lovebird

Cara Budidaya Burung Lovebird

Lovebird adalah tipe burung ternak yang terpopuler di Indonesia. Disamping itu, burung memiliki ukuran imut ini benar-benar gampang didapat di beberapa wilayah. Lovebird terhitung dalam kelompok burung yang memiliki suara kicau ciri khas.

Untuk mengawali ternak lovebird koloni atau berpasangan, modal yang diperlukan relatif dapat dijangkau. Bahkan juga, cukup dengan modal dana sekitaran Rp 500.000, usaha ternak lovebird dapat digerakkan secara baik walau harga condong murah sekitaran Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu per ekor.

Supaya lovebird bisa dipasarkan pada harga semakin tinggi, seharusnya latih burung itu supaya suara kicaunya jadi lebih bagus, durasi waktu panjang dan berkualitas. Tentu saja latihan seperti ini memerlukan waktu lama dengan usaha yang lebih besar.

budidaya burung kolibri
budidaya burung kolibri

Budidaya Burung Kolibri

Tipe burung selanjutnya yang paling cocok untuk jadi komoditas ternak ialah burung kolibri. Dapat disebutkan, burung ini ialah tipe burung hias sekalian burung kicau. Karena kolibri mempunyai wujud badan yang paling eksotik dengan kicauan super merdu.

Jika dibanding dengan burung lovebird, harga kolibri jelas akan lebih mahal. Setiap ekornya dapat dipasarkan dimulai dari range harga Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu. Ini pasti benar-benar punya pengaruh pada besaran modal yang perlu dipersiapkan saat ingin mengawali usaha ternak burung kolobri.

Namun omset yang bakal didapat lebih besar, karena pecinta burung kolibri tidak kalah banyak dengan tipe burung kicau yang lain.

budidaya burung murai batu
budidaya burung murai batu

Budidaya Burung Murai Batu

Tipe burung paling populer berikut dapat disebutkan mempunyai omset terbesar dan paling memberikan keuntungan bila dibanding dengan tipe burung awalnya. Burung murai batu benar-benar dikenali sebagai salah satunya burung kicau paling mahal yang dipasarkan di pasar.

Walau burung ini terhitung dalam tipe burung memiliki ukuran kecil, tetapi harga murai batu dapat capai range Rp tiga juta per ekornya. Karena sangat mahal dan populernya, burung murai batu ini kerap jadi maskot dari beragam group atau komune pencinta burung di Indonesia.

Sebetulnya, usaha ternak burung murai batu lebih pas digerakkan oleh mereka yang telah memahami benar dunia burung kicau. Ini berkaitan bermodal yang perlu dikeluarkan termasuk besar sampai angka belasan juta rupiah.

Sudah pasti, burung murai batu pun tidak dapat dirawat asal-asalan seperti burung biasa bila ingin dipasarkan pada harga mahal.

budidaya burung cendet
budidaya burung cendet

Budidaya Burung Cendet

Salah satunya tipe burung paling memberikan keuntungan untuk diternakkan sekarang ini ialah burung cendet. Burung ini ialah tipe burung kicau yang paling terkenal karena sanggup tirukan sebagian besar suara burung kicau tipe lain.

Walau cendet termasuk burung yang mempunyai ketrampilan cukup memikat, tetapi harga relatif murah sekitaran Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu setiap ekornya. Bahkan juga, ada pula anakan burung cendet yang dibandrol pada harga di bawah Rp 100 ribu per ekornya. Dengan demikian, usaha ternak burung cendet ini dapat dilaksanakan oleh siapa saja, terhitung seorang pemula sekalinya.

Modal yang diperlukan ternak burung cendet condong kecil. Apa lagi perawatan burung ini lebih gampang. Beberapa peternak cendet rerata cuman habiskan dana sekitaran Rp tiga juta sampai Rp lima juta untuk mengawali usaha ini. Sudah pasti, harga itu telah terhitung bibit dan kandangnya.

budidaya burung ciblek
budidaya burung ciblek

Budidaya bBurung Ciblek

Seperti lovebird, burung ciblek sebagai salah satunya tipe burung yang cukup memberikan keuntungan untuk diternakkan dan termudah diketemukan di Indonesia . Maka tidaklah aneh bila nilai jualnya juga cukup rendah daripada tipe burung yang lain.

Umumnya, seekor anakan burung ciblek dibandrol pada harga sekitaran Rp 60 ribu sampai Rp 150 ribu. Jika burung cukup terbiasa dan dapat berkicau dengan merdu, karena itu nilai jualnya dapat naik sampai Rp 300 ribu per ekornya.

Ternak burung ciblek tidak sesusah yang dipikirkan. Bahkan juga, triknya juga hampir serupa dengan ternak burung lovebird. Persiapkan kandang yang sudah diperlengkapi dengan tempat pakan dan minum dan sepasang indukan burungnya.

budidaya burung jalak suren
budidaya burung jalak suren

Budidaya Burung Jalak Suren

Tipe burung ternak selanjutnya yang paling memberikan keuntungan karena hasilkan omset besar ialah jalak suren. Beberapa peternak akui omset bulanan yang dibuat dari usaha ternak burung jalak suren dapat capai belasan sampai beberapa puluh juta rupiah.

Burung kicau yang cukup terkenal ini bahkan juga kerap dibandrol dengan range harga Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta untuk tiap ekor burung dewasa. Sementara untuk burung anakan umumnya dipasarkan pada harga Rp 350 ribu.

Salah satunya keunggulan jalak suren ini serupa dengan burung beo, yakni dapat tirukan beberapa suara yang terdengar disekelilingnya.

budidaya burung falk
budidaya burung falk

Budidaya Burung Falk

Tidak seperti burung yang lain yang umumnya ialah burung kicau, burung falk ialah tipe burung hias yang cukup terkenal di Indonesia. Umumnya, burung ini menyengaja dipiara untuk pertunjukan free fly bersama komune pencinta falk.

Tidaklah aneh bila harga burung falk juga condong tinggi daripada tipe burung yang lain hingga benar-benar pas untuk jadi tempat usaha yang menarik. Harga anakan burung falk di pasar umumnya sekitaran Rp 400 ribu per ekor, sedang falk dewasa dipasarkan sampai Rp tiga juta per pasang.

Walau demikian, perawatan burung falk tidak dapat dilaksanakan asal-asalan. Khususnya saat latih falk agar dapat ikuti pertunjukan free fly hingga umumnya burung falk ini dipasarkan sejak anakan.

cara budidaya burung kenari
cara budidaya burung kenari

Cara Budidaya Burung Kenari

Tipe usaha ternak burung paling akhir yang paling memberikan keuntungan ialah burung kenari. Tipe burung ini kemungkinan sudah tidak asing di beberapa kelompok. Kenari ialah burung memiliki tubuh imut, tetapi mempunyai suara atau kicau yang demikian keras. Harga burung kenari di Indonesia ini relatif murah, dimulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 300 ribu.

Tetapi salah satunya kesusahan untuk ternak kenari ialah saat latih kicauannya. Burung kenari yang mempunyai kicau terbaik, sudah tentu harga makin mahal. Tetapi untuk latih burung ini dibutuhkan waktu lumayan lama dan tehnik tertentu.

dimulai dari beternak lovebird, beternak burung kenari, burung beo dan lain-lain. Banyak warga Indonesia menyenangi burung hias itu, jadi tidak kelirunya jika anda membudidayakannya di dalam rumah untuk dipasarkan kembali.

budidaya burung beo
budidaya burung beo

Budidaya Burung Beo

Burung beo dikenali dengan salah satunya tipe burung kicau dengan kekuatan di atas rerata dalam tirukan beragam tipe suara terhitung suara manusia dengan benar-benar terang.

Burung yang mempunyai nama sah tiong emas ini sedikit orang di Indonesia yang ingin menangkarnya atau beternak, walau sebenarnya selainnya jadi sumber rejeki memmbantu jaga kelestariannya di alam liar.

8. Budidaya Kura-Kura Jinak

Bila anda mencari usaha ternak hewan kecil yang paling memberikan keuntungan, sudah pasti opsinya ada di kura-kura. Karena hewan ini benar-benar imut dan banyak disukai oleh kelompok pencinta ikan hias aquarium. Baik itu anak-anak atau orang dewasa seperti mahasiswa di universitas.

budidaya kura kura
budidaya kura kura

Beberapa macam kura-kura jinak, diantaranyaa ialah :

Red Ear Slider

Hewan piaraan datang dari Brazil ini adalah tipe kura kura terpopuler di Indonesia. Sesuai namanya, keunikan reptil ini ialah warna merah pada telinganya. Daya magnet inilah yang membuat beberapa orang Indonesia jatuh hati dengan red ear slider.

Trachemys Scripta Menawans

Kura-kura ini lebih banyak disukai karena polanya yang unik dan harga cukup berteman dengan kantong. Bila kamu tertarik memiaranya, kura-kura ini gampang diketemukan di toko hewan paling dekat.

Leopard Tortoise

Sesuai namanya, daya magnet kura-kura ini ada pada corak di batoknya yang seperti macan tutul. Hewan reptil yang dari Afrika ini tidak sukai dengan situasi lembap ini karena mereka rawan terkena penyakit di komunitas semacam itu. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan lokasi yang hangat bila berminat untuk memiara kura-kura yang ini.

Indian Star Tortoise

Hewan reptil yang ini mempunyai corak berupa bintang yang tidak biasa. Disamping itu, tipe kura kura ini dapat capai panjang 38 cm dan berat 8 kg saat dewasa.

Aldabra Tortoise

Warna gelap, corak tidak menonjol, dan leher yang dapat memanjang ialah ciri-ciri dari Aldabra Tortoise.
Mempunyai komunitas asli di semak ilalang, rumput-rumputan dan kayu di rimba bakau, panjang hewan reptil ini dapat capai 1,2 mtr. dengan berat 25 kg.

Forsten’s Tortoise

Hewan menggemaskan ini datang dari Sulawesi dan Halmahera. Walau datang dari komunitas beriklim tropis, hewan yang ini lebih sukai hidup di wilayah lembap.

Spurred Tortoise

Datang dari Afrika, kura-kura ini benar-benar disukai beberapa orang saat ukuran masih kecil. Saat dewasa, panjang spurred tortoise dapat capai 60-90 cm.

Cuora Amboinensis

Hewan ini biasa diketemukan di Benua Asia, ditambah India. Walau demikian, sering hewan ini diketemukan di Indonesia. Daya magnet dari kura-kura ini ialah warna cangkangnya yang hitam polos.

Cherry Head Tortoise

Cherry head tortoise ialah tipe kura kura Brazil yang bisa juga diketemukan di Paraguay. Corak oranye pada kepala dan cangkangnya membuat kura-kura ini terlihat seperti ceri bila disaksikan sekilas, ya.

Asian Forest Tortoise

Kura-kura dengan tempurung hijau gelap ini kerap diketemukan di daerah Asia, terhitung Indonesia. Komunitas asli mereka ialah semak ilalang dan rumput-rumputan. Kura-kura yang ini terhitung gampang untuk dirawat dibanding dengan tipe lain.

Alligator Snapping

Kura-kura ini mempunyai penampilan paling horor dibanding lainnya. Bukan hanya horor, kura-kura ini bisa juga menggigit. Bila kamu ingin piaraan yang melawan, tidak ada kelirunya untuk coba hewan yang ini. Tetapi, yakinkan jika kamu telah eksper dalam tangani hewan semacam ini, ya!

Radiated Tortoise

Kura-kura yang dari Madagaskar ini mempunyai corak yang paling menonjol, hingga tidak aneh bila banyak fans kura-kura yang cari hewan ini. Walau demikian, radiated tortoise rupanya masuk ke kelompok hewan yang hampir musnah alias sangat jarang. Karena itu, pikir-pikir kembali apa kamu betul-betul ingin memiara hewan ini atau mungkin tidak. Seharusnya, tentukan tipe yang lain tidak termasuk sangat jarang.

Sulcata Tortoise

Tipe kura kura darat yang lain yang digemari oleh pecinta hewan reptil ini datang dari gurun pasir Afrika. Namanya sulcata tortoise, hewan warna kekuningan yang tinggal di cuaca gurun ini rupanya bisa menyesuaikan dengan cuaca tropis di Indonesia. Selainnya mempunyai penampilan yang elok, kura-kura ini bisa juga tumbuh jadi besar sekali

9. Ternak Kelinci Hias dan Pedaging

Kelinci termasuk juga hewan ternak paling memberikan keuntungan untuk diperbudidayakan dan dipasarkan ke customer. Bila anda akan mempelajari usaha ini, anda bisa pilih 2 kesempatan. Yakni beternak kelinci hias dan beternak kelinci pedaging.

Kelinci hias berperan sebagai hewan piaraan untuk penggemarnya, sedang kelinci pedaging umumnya digunakan sebagai konsumsi menu makanan. Misalkan sate kelinci atau orak-arik kelinci.

Rerata orang lebih sukai memiara kelinci pedaging dibanding kelinci hias. Karena pecintanya semakin banyak hingga keuntungannya juga semakin besar. Tetapi untuk kami tetap ke-2 nya sama memberikan keuntungan. Yang perlu kalian harus telaten dan rajin saat membudidayakannya.

budidaya kelinci
budidaya kelinci

Berikut 31 tipe kelinci ras hias dan pedaging terbaik :

Cara budidaya Kelinci Alaskan

Kelinci Alaskan adalah tipe binatang yang mempunyai umur 7 sampai delapan tahun. Adapun secara umum, kelinci mempunyai berat di antara 3 sampai 4 kilo per satu ekornya. Tipe kelinci ini umumnya dijadikan hewan piaraan keluarga karena benar-benar jinak dan ramah.

Cara budidaya Kelinci American Chincillas

Ini ialah tipe kelinci yang paling serupa dengan Easter Bunny. Tipe kelinci ini benar-benar imut dan benar-benar gampang dikenal cukup dengan menyaksikan warna bulu-bulunya saja. perlu Anda ketahui jika American Chincillas ini sebagai kelinci yang terdiri jadi 3 tipe yakni America, Standard dan raksasa.

Cara budidaya Kelinci Champagne d’Argent

Tipe kelinci setelah itu Champagne d’Argent. Ini adalah kelinci yang mempunyai bulu-bulu yang elok. Tidaklah aneh bila Champagne d’Argent benar-benar pas untuk dijadikan hewan piaraan. Kelinci yang ini juga ramah lho dan tentu saja mempunyai rasa ingin ketahui yang tinggi.

untuk ukuran sendiri termasuk kelinci yang besar karena dia mempunyai berat di antara 4 sampai 5,5 kg per satu ekornya. Umumnya Champagne d’Argent mempunyai usia lebih kurang 7 sampai sembilan tahun. Untuk wujud badannya sendiri tidak berbeda jauh dengan kelinci secara umum.

Nach, kelinci yang ini pertama kalinya diperkembangkan pada era ke 17 di Champagne, Prancis. Karena perihal ini pula kelinci ini disebutkan dengan Champagne d’Argent.

Cara budidaya Kelinci Belgian

Tipe kelinci setelah itu kelinci Belgian. Sebetulnya kelinci ini bukanlah terhitung kelinci liar, namun dia mempunyai performa yang serupa dengan kelinci liar. Sebelumnya, tipe kelinci ini dikenalkan di tahun 1700-an di Amerika Serikat pada tengah 1800-an.

Cara budidaya Kelinci New Zealand White

Walau nama kelinci ini ialah New Zealand, tetapi tahukah Anda bila kelinci ini tidak datang dari New Zealand. Kelinci yang ini sebetulnya datang dari Amerika. Kelinci ini sendiri dibuat dari persilangan Flemish Giant yang umumnya mempunyai berat 5,5 kg.

Cara budidaya Kelinici Flemish Giant

Dapat disebutkan ini ialah kelinci raksasa. Kenapa? Karena tipe kelinci ini berbobot sampai 22 kg walau rerata dari berat kelinci ini ialah 15 kg saja. sayang, untuk mendapati ras kelinci ini yang asli ini cukup susah.

Cara budidaya Kelinci Anggora Giant

Ini ialah kelinci yang paling lucu dan elok untuk dipiara. Tipe kelinci ini sebagai kelinci hasil persilangan di antara Flemish Giant dengan kelinci English anggora. Berat dari kelinci ini ialah 10 kg yang mana lebih enteng dibanding dengan kelinci Flemish, tetapi, bulu-bulu dari kelinci ini benar-benar lebat hingga kelihatan benar-benar menggemaskan.

Dengan wujud badan dan hilir yang dipunyai oleh kelinci ini jadikan kelinci ini benar-benar elok untuk dijadikan hewan piaraan. So, untuk Anda yang tertarik sama kelinci ini dapat berusaha untuk memiaranya.

Cara budidaya Kelinci Netherland Dwarf

Dengan bahasa Belanda, Netherland Dwarf mempunyai makna Belanda Kerdil. Sesuai namanya, tipe kelinci ini mempunyai wujud yang imut dan perkembangannya juga lamban.

Kelinci ini benar-benar lucu dan menggemaskan. Adapun berwarna sendiri ialah abu-abu dengan bulu-bulu yang halus. karena memiliki bentuk berikut tipe kelinci ini benar-benar pas untuk dijadikan kelinci piaraan. Karena, dia benar-benar jinak dan ramah pada anak. Hingga benar-benar aman untuk dibawa bermain khususnya dengan anak kecil.

Cara budidaya Kelinci Satin

Kelinci setelah itu kelinci yang dari Amerika Serikat. Nama kelinci ini ialah kelinci Satin. Dia sebagai kelompok kelinci hias dan kelinci pedaging. Dalam kurun waktu 1x melahirkan tipe kelinci ini dapat melahirkan anak sampai 7 sampai 10 ekor.

Adapun menanyakan sendiri ialah 4-5 kg yang umumnya akan terjadi saat kelinci ini telah masuk umur delapan bulan. Kelinci ini mempunyai kuku dan batas tulang dengan wujud panjang dan kuat. Disamping itu, dia mempunyai kepala yang besar dengan leher yang pendek.

Cara budidaya Kelinci Rex

Di dunia peternakan kelinci, Rex terhitung kelompok kelinci yang baru. Kelinci ini datang dari Amerika Serikat yang mana dikenali sebagai kelinci hias. Kelinci ini cuman dapat di ternakan pada wilayah yang mempunyai temperatur yang sejuk saja.

Baiknya kelinci ini dapat hidup di wilayah yang mempunyai temperatur 5 sampai 15 derajat celcius. Adapun untuk beratnya sendiri, kelinci ini mempunyai berat 3,6 kg dan mempunyai bulu-bulu yang pendek, lembut dan tidak gampang rontok.

Cara budidaya Kelinci Anggora

Sesuai namanya, tipe kelinci yang ini mempunyai wujud yang paling cantik khususnya karena bulu-bulunya yang lembut dan tebal. Kelinci anggora ini umumnya dipiara oleh kelompok menengah ke atas dan dijadikan kelinci hias.

Di dunia sendiri ada banyak tipe kelinci anggora seperti peranakan Flemish Giant, peranakan Satin, Anggora Jerman, Anggora Perancis dan Anggora Inggris. Adapun untuk ras anggora Inggris sebagai tipe anggora yang paling kecil.

Cara budidaya Kelinci English Spot

English spot sebagai salah satunya tipe kelinci yang dari Inggris dan memulai diperbudidayakan satu era lalu. Umumnya kelinci ini lebih dikenali bernama English Rabbit.

See also Mengenali Ciri-ciri, Tipe, dan Langkah Perawatan Burung Beo Sang Peniru Suara Manusia
Pada awalnya, kelinci ini dibuat proses dari perkawinan silang di antara English panduan, anggora, flemish giant, himalayan, silver, dutch dan patagonian. Kelinci ini sendiri mempunyai warna menguasai putih tetapi ada bintik cokelat, hitam atau abu-abu di bulu-bulunya.

Cara budidaya Kelinci Himalayan

Nyaris serupa dengan kelinci English Spot, kelinci ini warna putih dan mempunyai warna lain pada bagian telinga, hidung dan kakinya. Yang membuat kelinci ini unik ialah dia mempunyai warna mata pink.

Untuk menanyakan sendiri kelinci ini mempunyai berat 3 kg. Pada siang hari kelinci ini lebih sukai tidur. Sedang pada malam hari, kelinci ini aktif berkeliaran.

Cara budidaya Kelinci Havana

Havana ialah tipe kelinci dengan ras paling tua yang berada di dunia. kelinci ini mulai diperkembangkan di Belanda semenjak tahun 1989. Adapun untuk penebaran kelinci ini dapat disebutkan cepat. bahkan juga pada tahun 1908, kelinci ini telah menyebar di semua dataran Eropa.

Sedang di Amerika dan Asia, tipe kelinci ini mulai masuk sekitaran tahun 1916. Adapun kelinci ini dianggap mempunyai empat tipe warna yakni biru, cokelat, dan hitam. Adapun untuk beratnya sendiri di antara 2 sampai 2,9 kg tiap ekornya.

Cara budidaya Kelinci English Anggora

Ini ialah satu kelompok kelinci Anggora yang dari Inggris. Tipe kelinci ini mempunyai bulu-bulu yang tebal dan panjang. Adapun keunikan yang lain dipunyai oleh kelinci ini ialah ujung telinganya yang menjuntai dengan benar-benar cantik.

Karena memiliki bentuk yang imut dan menggemaskan ini. kelinci tipe ini umumnya dijadikan kelinci piaraan. Dia juga imut lho hingga membuat siapa yang menyaksikannya akan gaungs.

Cara budidaya Kelinci Dutch

Dutch sebagai salah satunya kelinci yang dari Belanda. Kelinci yang ini mempunyai bulu-bulu yang pendek dan kaya warna. Adapun untuk beratnya sendiri kelinci Dutch dapat capai berat 2 kg lho.

Adapun berwarna sendiri ialah putih hitam pada bagian kepala dan tubuhnya. Karena warna bulu-bulunya yang cantik ini membuat dutch kerap dijadikan kelinci hias.

Cara budidaya Kelinci Jersey Wooly

Jersey wooly ialah kelinci yang pertama kalinya dikenalkan di tahun 1984 ke Pakta di Orlando, Florida. Sekarang ini, kelinci ini lebih banyak ditampilkan di pameran lokal atau nasional di Amerika Serikat.

Tipe kelinci yang ini terhitung kelompok kelinci yang paling jinak. Perihal ini pula yang jadikan dia dijadikan hewan piaraan. Kelinci ini sendiri pertama kalinya dibuat dari persilangan di antara kelinci Dwarf Netherland dengan Anggora Perancis.

Dari hasil persilangan ke-2 kelinci ini hasilkan kelinci yang imut dengan bulu-bulu yang paling elok. Adapun untuk berat dari kelinci ini dapat capai 1,5 kg saja. karena perihal ini pula kelinci ini seringkali dijadikan kelinci pameran dan piaraan.

Cara budidaya Kelinci Netherland

Ini ialah kelinci ras yang dari Belanda. Salah satunya kekhasan yang dipunyai oleh kelinci ini ialah memiliki bentuk yang paling mini. Bahkan juga rerata berat dari kelinci ini cuman 1 kilo saja. untuk bulu-bulunya sendiri tipis dan serupa kelinci secara umum. Sama ukuran dari kelinci ini yang mini membuat Netherlands kerap dijadikan kelinci piaraan.

Cara budidaya Kelinci Mini Netherland Himalayan

Sesuai namanya, kelinci yang ini mempunyai ukuran yang paling mini. Bahkan juga berat yang dipunyai oleh kelinci ini tidak capai 1 kg lho. Karena ukuran yang mini ini jadikan kelinci ini masuk ke kelinci ras kecil.

Adapun kelinci ini sendiri sebagai dari hasil persilangan kelinci dutch. Tidaklah aneh bila pada bagian telinganya warna hitam. Karena memiliki bentuk yang mini ini membuat beberapa orang yang menyaksikannya berasa gaungs dan ingin memiaranya.

Cara budidaya Kelinci Drwaft Hotot

Drwaft Hotot ialah ras kelinci yang mempunyai wujud badan yang elok yang anggun. Salah satunya keunikan yang dipunyai oleh kelinci ini ialah dia mempunyai lingkaran hitam pada bagian matanya. Bukan hanya hanya itu, kelinci ini mempunyai wujud telinga yang imbang atau disebutkan benar-benar cocok.

Kelinci ini mempunyai wujud telinga yang tidak begitu pendek dan tidak begitu panjang. Adapun untuk berwarna sendiri, kelinci ini mempunyai warna yang menguasai putih. Karena wujud kelinci ini yang lucu jadikan kelinci ini benar-benar dicintai dan dijadikan kelinci hias.

Cara budidaya Kelinci Rex Carpet

Rex Carpet ialah kelinci yang paling terkenal pada tahun 1980an. kelinci yang ini benar-benar populer di Amerika Serikat. Rex Karpet masuk ke kelompok kelinci yang banyak disukai.

Dia mempunyai bulu-bulu yang paling lembut dan kelihatan demikian elok. Karena memiliki bentuk yang lucu ini, kelinci ini kerap dijadikan kelinci hias. Tetapi, ada pula yang jadikan rex Caret sebagai kelinci pedaging.

Cara budidaya Kelinci Tan

Kelinci yang ini terlahir di negara Inggris dan pertama kalinya diketemukan di Culland di tahun 1880. Tan terhitung dalam kelompok kelinci dengan ras liar. Karena dia liar, karena itu kelinci ini jadi kelinci yang mempunyai personalitas penakut, khususnya pada manusia.

Cara budidaya Kelinci French Lop

French Lop ialah tipe kelinci yang mempunyai ukuran yang besar sekali. karena sangat besarnya, berat kelinci ini dapat capai 12 kg lho. Walau kelinci ini mempunyai ukuran yang besar sekali, tetapi dia mempunyai personalitas yang berteman, ramah dan murah hati.

Perihal ini pula yang jadikan French Lop benar-benar pas untuk jadi kelinci piaraan untuk beberapa pemula. Kelinci ini mempunyai warna bulu-bulu abu-abu yang halus tubuh cantik. Tidaklah aneh bila beberapa orang yang paling gaungs saat menyaksikan kelinci ini dan ingin memiaranya.

Cara budidaya Kelinci American Fuzzy Lop

Ini adalah ras kelinci yang paling periang dan aktif. Karena karakter yang dipunyai oleh kelinci berikut yang jadikan dia benar-benar pas untuk dibawa bermain di taman. Bahkan juga, dengan karakter yang dipunyai oleh kelinci ini membuat benar-benar pas untuk dijadikan hewan piaraan.

Cara budidaya Kelinci Cashmere lop

Dibanding dengan kelinci yang lain, cashmere lop adalah kelinci yang mempunyai ukuran sedang. Kelinci ini mempunyai keunikan wujud bulu-bulunya yang lebat dan panjang.

Untuk berwarna sendiri benar-benar bervariatif. Sedang untuk beratnya sendiri, kelinci ini mempunyai berat sekitaran 2 sampai 3 kg. Perihal ini pula yang jadikan kelinci ini benar-benar pas dijadikan kelinci piaraan.

Cara budidaya Kelinci Swedish

Ras kelinci setelah itu Swedish. Tipe kelinci yang ini sebagai kelinci pertama kali yang diperkembangkan di Swedia. Ini ialah kelinci yang mempunyai wujud badan kecil dengan berat tubuh cuman 2-3 kg saja.

Performa yang dipunyai oleh kelinci ini juga anggun. Bahkan juga dia juga halus dan tidak begitu aktif dan pasif atau dapat disebutkan imbang. Karena karakter dan memiliki bentuk ini membuat siapa yang menyaksikannya jatuh hati. Perihal ini pula yang jadikan kelinci ini sebagai kelinci piaraan.

Cara budidaya Kelinci German Lop

Ini ialah kelinci yang paling chubby, berotot dan besar. karena sangat besarnya, leher kelinci ini sampai tidak kelihatan lo. Dia cuman mempunyai pundak yang luas pada bagian belakangnya. Untuk berwarna sendiri kelinci ini datang dengan warna abu-abu.

Dia mempunyai wujud bulu-bulu yang halus dan benar-benar elok. Perihal ini pula yang jadikan kelinci ini sebagai kelinci piaraan.

Cara budidaya Kelinci Checkered Giant Rabbit

Ini adalah tipe kelinci yang banyak diperkembangkan di Eropa. Kelinci yang ini mempunyai ukuran yang besar. tidaklah aneh bila dia dikenali dengan raksasa Papilion. Kelinci yang satu ini mempunyai 48 turunan kelinci lokal yang dianggap oleh American Rabbit Breeders Association.

Untuk beratnya sendiri kelinci ini mempunyai berat 5.0 kg. Sedang untuk kelinci dewasa beratnya dapat capai 5.4 kg. Karena ukuran yang besar, ras kelinci yang ini sesuai dengan Flemish raksasa dan Giant Chincilla.

Cara budidaya Kelinci Californian Rabbit

Kelinci yang ini lebih dikenali bernama California Putih. Dia ialah kelinci lokal yang mulai diperkembangkan di tahun 1920 di California. Kelinci ini sebagai hasil persilangan di antara kelinci Himalaya, Selandia Baru Whites an Chinchilla.

Untuk beratnya sendiri, kelinci ini mempunyai berat yang lumayan besar yaitu 5,4 kg. Sedang untuk kelinci yang belum dewasa, kelinci ini mempunyai berat 3 sampai 4 kg. Adapun keunikan yang dipunyai oleh kelinci ini ialah badannya yang relatif memanjang dengan kepala bundar dan moncong yang lebih tebal.

Sedang untuk berat tubuhnya sendiri, di antara kelinci betina dengan jantan tidak mempunyai ketidaksamaan berat tubuh yang berarti.

Cara budidaya Kelinci Lion Head

Sesuai namanya, kelinci ini mempunyai wujud kepala seperti singa. Kenapa? Karena dia mempunyai bulu-bulu yang lebat dengan bulu-bulu yang mengelilingi leher dan kepala seperti singa jantan.

Dapat disebutkan jika kelinci ini sebagai kelinci ras lokal yang baru di Amerika Serikat. Karena memiliki bentuk yang paling lucu dan menggemaskan ini jadikan lion head sebagai kelinci piaraan yang banyak disukai.

Cara budidaya Kelinci New Zealand Red Rabbit

Tipe kelinci seterusnya mempunyai nama New Zealand Red Rabbit. Walau kelinci ini mempunyai nama New Zealand, perlu Anda ketahui jika kelinci ini datang dari Amerika Serikat. Adapun untuk berwarna sendiri, kelinci ini terdiri dari tiga warna yakni warna putih, abu-abu pucat dan merah.

Untuk berat tubuhnya sendiri, kelinci ini mempunyai berat di antara 4 sampai 5 kg. Untuk memiliki bentuk sendiri kelinci ini hampir serupa dengan kelinci yang lain. Tetapi, kelinci ini umumnya dijadikan kelinci piaraan . Maka, untuk Anda yang tertarik sama kelinci ini dapat berusaha untuk memiaranya.

Budidaya Belut di Drum
Budidaya Belut di Drum

10. Ternak Belut di Drum

Cuman memerlukan media drum untuk membudidayakan belut pasti tidak susah. Selain itu kekuatan pendapatan dari usaha ternak belut cukup menguntungkan dan menjanjikan. Ingat jumlahnya resep-resep makanan yang material dasarnya ialah belut.

11. Ternak Jangkrik Sederhana

Selainnya telur semut rangrang (kroto), jangkrik sebagai suplai pangan khusus untuk sang burung kicau. Disamping itu juga bisa dipakai sebagai makanan musang dan sugar glider. Kandungannya hampir serupa seperti kroto, mempunyai protein hewani yang baik untuk perkembangan burung atau sugar glider.

ternak jangkrik sederhana
ternak jangkrik sederhana

Berikut Tipe Jangkrik yang bisa diperbudidayakan :

Jangkrik Kalung alias jangkrik genggong

Jangkrik kalung adalah tipe jangkrik lokal yang punyai warna coklat kehitaman. Jangkrik ini punyai nama latin Gryllus Bimaculatus dan dalam masyarakat dikenali sebagai jangkrik genggong. Selainnya di Indonesia, Tipe ini lebih banyak diketemukan di Afrika, Indochina, dan Korea.

jangkrik kalung

Daging jangkrik lokal satu ini cukup keras hingga kurang dicintai oleh banyak pemilik burung kicauan. Meskipun begitu, kebutuhan pasar untuk jangkik ini teruslah bagus. Selainnya untuk makanan burung kicauan, Jangkrik lokal satu ini dapat dipakai untuk makanan semut rangrang, makanan ikan, bahkan juga cemilan manusia.

Ciri-ciri fisik jangkrik kalung yakni ada garis kuning di sayap sisi atas dekat kepala. Panjang badan 2-3 cm. Periode panen 25 – 30 hari. Di luar negeri dia disebutkan two spot cricket.

Ada dua tipe ras jangkrik kalung yaitu ras jerabang dan jeliteng :

Jangkrik kalung ras jerabang

Jangkrik kalung ras jerabang memiliki ciri-ciri warna merah bata. Sama sesuai namanya, abang dengan bahasa jawa memiliki arti merah. Ras jerabang populer lebih tidak pemberani dan lambat hingga gampang didapat.

Jangkrik Kalung Ras Jeliteng

Ras jeliteng memiliki ciri-ciri warna hitam. Iteng diperhitungkan datang dari kata ireng, yang dengan bahasa jawa maknanya hitam. Jangkrik ras ini populer lebih lincah, pemberani, dan suara keras. Tidak sangsi bila anak kecil sukai menelusurinya di sawah dan kebun ladang untuk dipiara.

Jangkrik Alam atau jangkrik lapangan atau jangkrik coklat

Jangkrik alam disebutkan jangkrik rumahan memiliki warna abu abu kecoklat-coklatan. Serangga satu ini punyai nama latin Acheta domesticus. Serangga satu ini telah umum diperbudidayakan di beberapa penjuru dunia, seperti Amerika, Eropa, Thailand dan Indonesia.

Jangkrik alam benar-benar dicintai oleh burung kicau karena dagingnya empuk. Tidak sangsi bila keinginan akan jangkrik ini selalu melesatseiring semakin jumlahnya peternaka burung.

Jangkrik Seliring

Jangkrik seliring atau celiring dikenali bernama latin Teleogryllus partnertus. Beberapa faksi mengatakan masih jangkrik alam karena memiliki bentuk yang nyaris serupa dan dagingnya yang serupa sama empuk hingga dicari beberapa penyuplai pakan burung.

Jangkrik Celiring

Berlainan dengan jangkrik alam acheta domesticus yang berwarna lebih ke abu abu, jangkrik seliring berwarna kecoklat-coklatan. Saat dewasa jangkrik celiring masih mempunyai garis punggung yang terang.

Usia jangkrik seliring sekitaran 30-35 hari. Walau badannya empuk, Celiring ini dikenali lebih lincah dan pemberani dari jangkrik kalung lho.

Jangkrik cendawang

Jangkrik cendawang biasa dikatakan sebagai jangkrik alam, tapi realitanya ia berlainan dengan jangkrik alam jeliteng atau jerabang.

Punggung sisi atas sayap tidak ada garis kuning, warna fisiknya dikuasai coklat.
Jangkrik ini punyai nama latin Gryllus testasius. Ukuran badannya semakin besar dibanding jangkrik alam jeliteng dan jerabang, Pergerakannya juga lebih lamban. Periode pAnennya 30 hari

Jangkrik Madu (Jamaican Cricket)

Jangkrik luar negeri JamaikaJangkrik madu punyai ciri-ciri warna seperti madu. Hitam kecoklat-coklatan. Serangga ini masih masuk kelompok jangkrik alam.
Di eropa dan amerika, jangkrik ini Mulai Terkenal sesudah jangkrik kalung diketemukan banyak terserang virus.

Jangkrik Tropis

Jangkrik topis ini ibarat jangkrik kalung. Namun ukuran lebih kecil dari jeliteng dan jerabang.
Jangkrik yang punyai nama latin Gryllodes sigillatus ini umumnya dipakai untuk pakan ikan atau umpan memancing.

jangkrik Tropis

Kelebihan serangga satu ini ialah ia populer tahan penyakit seperti CPV.

Jangkrik Kidang

Jangkrik ini benar-benar terkenal untuk di beradu. Mereka umumnya diamankan untuk diadu. Gesit lincah dan kuat.
Macamnya termasuk sangat jarang tetapi dapat diperbudidayakan. Serupa jangkrik kalung tapi berwarna lebih hitam pekat. Selainnya untuk diadu, jangkrik ini dapat untuk obat atau cemilan enteng.

Tipe Jangkrik Gangsir

Jangkrik gangsir atau umum disebutkan gangsir saja ialah jangkik yang hidup dalam tanah. Ia dapat hidup di kedalaman 30 – 60 cm. Ukuran gansir semakin besar dari jangkrik biasanya. Ini membuat ia benar-benar baik untuk jadi camilan. Di Thailand, jangkrik ini jadi komoditas yang umum dijualbelikan.

Jangkrik Tipe Upa

Upa datang dari bahasa jawa yang maknanya butiran nasi. Serangga ini disebutkan jangkrik upa karena ia kecil dan kelihatan benyek, tidak kuat. Jangkrik upa biasa diketemukan disekitaran timbunan batu bata. Jangkrik ini kurang pas untuk pakan burung berkicau.

Jangkrik yang menjadi putih (albino)

Jangkrik albino bukan tipe jangkrik tetapi jangkrik yang alami tukar kulit alias tidak punyai kulit.

Moulting Cricket

Ia disebutkan albino karena berwarna putih tanpa kulit. Banyak pemilik burung brkicau menyenangi jangkrik ini karena empuk. Patut saja banyak yang jual jangkrik yang tukar kulit alias sedang moulting

12. Beternak Kucing

Tidak disangkal jika kucing termasuk bintang untuk pencinta hewan piaraan. Karena memiliki bentuk lucu dan menggemaskan, ditambah lagi tipe kucing ras seperti Persia. Selainnya lucu harga lumayan tinggi, untuk anakan berumur dua bulan saja dapat capai Rp700.000 sampai juta-an rupiah.

nama kucing betina lucu
nama kucing betina lucu

Tipe Kucing piaraan yang terkenal :

Kucing Lokal

Kucing lokal atau dikenal juga sebagai kucing daerah sebagai tipe kucing yang termudah dipiara. Kucing ini seringkali ditemui di jalanan dan benar-benar gampang dikenal wataksitiknya.

Berlainan dengan kucing ras yang punyai karakter unik dan membutuhkan perawatan khusus, kucing lokal tidak mempunyai karakter dan perawatan khusus tertentu.

Kucing Persia

Kucing Persia menjadi satu diantara tipe kucing yang tinggi pecinta karena mempunyai karakter yang lucu. Kucing ini mempunyai rambut panjang lebat, wajahnya bundar, dan wujud hidung yang pesek. Untuk memiara kucing ini, kamu membutuhkan bujet yang cukup karena harga dan ongkos perawatannya cukup kuras dompet.

Kucing Anggora

Kucing anggora ialah ras kucing lokal paling tua yang dari Ankara, Turki. Kucing ini lebih banyak disukai orang karena karakternya benar-benar ciri khas, mempunyai bulu-bulu lebat seputih salju dan wujud telinga yang lumayan lebar.

Kucing Siam

Kucing Siam ialah kucing dengan ras oriental yang paling gampang dijumpai di Thailand. Karakternya benar-benar unik dengan mata biru, suara halus, badan ramping, ekor panjang, dan bulu-bulunya pendek dan mempunyai titik gelap. Kucing ini dipisah kembali ke 3 tipe, yakni kucing siam tradisionil, kucing siam classic, dan kucing siam kekinian.

Harganya mulai beberapa ratus sampai juta-an rupiah.

Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll ialah tipe kucing yang dari Amerika Serikat; asal nama Ragdoll diambil dari karakternya yang paling jinak seperti boneka kain. Karakternya serupa dengan kucing Siam dan Persia dengan muka dan pipi bundar dan karakternya yang paling tenang.

Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah ras kucing paling besar menjadikan dapat dipiara bertepatan dengan anjing. Kucing ini mempunyai karakter yang ganas sekalian anggun dengan buntut dan bulu-bulu yang panjang.

Kucing Sphynx

Sphynx jadi salah satu tipe kucing yang terlihat tidak mempunyai rambut sama sekalipun. Meskipun begitu, kucing ini masih tetap mempunyai bulu-bulu. Namun ukuran bulu-bulunya benar-benar pendek, oleh karena itu kucing ini perlu perawatan khusus.

Kucing Russian Blue

Kucing ini adalah ras kucing alami yang peluang datang dari wilayah dermaga Arkhangelsk, Rusia. menjadikan salah satunya tipe kucing dengan karakter bulu-bulu warna perak biru dengan mata warna hijau ceria.

Kucing Bengal

Kucing ini masih sekeluarga dengan macan tutul. Tetapi tenang, kucing ini jinak dan benar-benar ramah saat dipiara secara baik. Sama dengan macan tutul, badan kucing ini dipenuhi oleh pola tutul.

Kucing Munchkin

Berlainan dengan umumnya tipe kucing yang lain, kucing satu ini mempunyai wujud badan yang imut bahkan juga di umur dewasanya. Karakternya benar-benar jelas dengan wujud kaki yang pendek dan imut.

Kucing British Shorthair

British shorthair ialah tipe kucing piaraan yang bagus sekali dengan karakter badannya yang dipandang prima dan bagus. Kucing ini mempunyai bulu-bulu lembut dan karakter karakternya yang imbang di antara sosial dan berdikari.

Kucing American Shorthair

American shorthair ialah kucing piaran yang mempunyai periode hidu lama, hingga pas dijadikan rekan tumbuh bersama. Berlainan dengan British shorthair, kucing ini tidak terlihat berkualitas seperti British shorthair. Argumennya karena riwayat kucing ini untuk tekan menekan jumlah tikus. Meskipun begitu, penampilan kucing ini sangat menarik dan menggemaskan.

Kucing Scottish Fold

Sesuai namanya, Scottish fold ialah kucing yang populer dengan wujud telinganya yang terlipat. Ukuran kucing ini sedang sampai menengah dengan berat dimulai dari 4-6 kg. Kucing ini ialah kucing piaraan yang pas buat kamu yang tinggal di kota besar karena personalitasnya yang sayang pada pemilik dan tidak takut dengan suara keras.

Kucing Balinese

Kucing balinese sebagai tipe kucing piaran yang aktif, membahagiakan, dan sukai bermain dengan pemiliknya. Ciri-ciri fisik bulu-bulunya yang panjang datang dari keluarga kucing Oriental yang kerap diketemukan pada kucing Siam. Walau buluny panjang dan lebat, kucing ini tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail atau kucing ekor bundel ialah kucing yang dari Jepang dan telah berada di negara itu semenjak beberapa ribu era lalu. Kucing asli Jepang ini mempunyai fisik yang kuat, aktif, suka berhubungan, dan mempunyai suara yang halus.

Kucing Singapura

Sesuai namanya, Singapura adalah ras kucing paling kecil yang dari jalanan Singapura. Kucing ini mempunyai watak yang periang, selalu ingin ketahui, suka bermain, tidak menghancurkan beberapa barang disekelilingnya, dan interaktif.

13. Budidaya Hamster dan Sugar Glider

Sebetulnya kami ingin menempatkan point ini di posisi pertama. Tetapi karena lupa, jadi berada di posisi 13. Yupz, hamster dan sugar glider banyak memiliki fans di Indonesia. Selain lucu dan imut, hamster dan sugar glider juga dapat menjadi faktor penghilang stres bagi kebanyakan orang.

budidaya hamster
budidaya hamster

5 Tipe Hamster yang Dapat Kamu Piara di Rumah :

Hamster Syrian

Pertama, tipe hamster yang kerap jadi hewan piaraan ialah hamster syrian. Kenapa hewan hamster ini namanya syrian? Karena hamster syrian atau dapat disebut hamster suriah ini di dapatkan oleh professor Aharoni dan hamster Syrian ini datang dari timur tengah khususnya Israel dan Suriah. Itu riwayat penamaan Syrian pada hamster ini.

Hamster Winter White

Seterusnya, hewan piaraan yang gampang diketemukan di toko hewan ialah hamster winter white. Hamster winter white ini datang dari Siberia. Beberapa ciri dari hamster winter white ialah mereka benar-benar peka dan takut pada manusia hingga sebaiknya hamster ini di taruh di ruang yang sunyi jauh dari keramaian.

Winter white secara umum bisa bertahan hidup sekitaran 1 sampai dua tahun, usia hidup itu benar-benar singkat dibandingkan dengan hamster yang lain. Hamster winter white mempunyai beragam warna yang paling lucu salah satunya ialah warna putih, warna coklat, warna abu-abu, warna hitam dan sebagainya.

Hamster Campbell

Di bulan juli tahun 1902 hamster Campbell ini di dapatkan oleh W.C. Campbell di wilayah Tuva, Mongolia. Hewan satu ini kerap disebut djungarian, argumennya karena secara umum campbell ini tempat aslinya ialah di Mongolia yang dikenali sebagai wilayah Djungarian. Selainnya di Mongolia, hewan ini ada di wilayah Asia tengah dan Tiongkok.

Hewan ini kerap banyak dicari untuk jadi hewan piaraan karena hewan ini benar-benar gampang di dapatkan dan harga yang cukup dapat dijangkau.

Hamster Chinese

Hamster chinese ini lebih banyak jadi hewan piaraan di Negara Inggris dan Amerika. Hamster ini datang dari Negara Cina wilayah Tiongkok Utara dan Mongolia. Salah satunya ciri-ciri dari hamster Chinese ini bisa bertahan hidup usia 2 tahun sampai usia 3 tahun rerata untuk tetap bertahan hidup.

Hamster ini mempunyai warna abu-abu atau warna coklat dan hitam. Bentuk tubuh hewan hamster chinese ini mempunyai wujud yang kecil dan lucu.

Hamster Roborovski

Banyak orang ingin memiara tipe hamster yang ini, tipe apa itu? Hewan pengerat ini sejenis hamster roborovski, karena memiliki bentuk yang paling kecil dan bergerak bisa lebih cepat antara semua tipe hewan hamster, hingga hamster tipe ini lebih banyak di gemari orang untuk jadi hewan piaraan. Hewan ini datang dari wilayah Mongolia dan Cina Utara.

cara budidaya sugar glider
cara budidaya sugar glider

9 Tipe Sugar Glider yang Paling Banyak Disukai :

Sugar Glider Classic Grey

Tipe sugar glider paling mahal disebutkan dengan Classic Grey. Tipe sugar glider grey ini adalah tipe sugar glider yang terbanyak dijumpai di pasar dan terpopuler. Harga reratanya sekitaran Rp 4,lima juta sampai Rp sembilan juta.

Dibanding beberapa jenis sugar glider yang lain, sugar glider tipe ini termasuk benar-benar murah dan jinak. Wupih sirsik ini mempunyai warna abu-abu. Garis punggungnya hitam, sedang perut bawahnya warna putih. Walau termasuk standard, banyak yang menyukai hewan ini, karena warna badannya demikian menonjol dan manis.

Sugar Glider Mosaic

Tipe sugar glider paling mahal yang terkenal di kelompok pencinta hewan pengerat ini ialah sugar glider mosaic. Dari sisi warna, tipe sugar glider ini dikuasai warna putih ceria pada badannya.

Sugar Glider Leucistic

Tipe sugar glider paling mahal selanjutnya ialah Sugar Glider Leucistic. Sugar glider leucistic mempunyai warna putih bersih di sekujur badannya. Tipe sugar glider ini termasuk juga yang mempunyai harga lumayan mahal, yaitu dapat capai belasan juta rupiah.

Dari penampilannya, hewan ini dengan bulu putih dan bermata hitam. Gabungan berwarna benar-benar cantik. Tidak sangsi jika bandrol reratanya tipe sugar glider satu ini capai sejumlah Rp 7 Juta. Bahkan juga ada pula yang capai Rp 16 juta.

Sugar Glider Albino

Sugar glider albino sebagai tipe sugar glider paling mahal yang mempunyai abnormalitas pada pigmen hingga menyebabkan sekujur badannya warna putih seperti sugar glider leucistic. Pembanding ke-2 tipe sugar glider ini ialah di bagian bola matanya. Sugar glider albino mempunyai bola mata warna kemerahan karena abnormalitas pigmen yang dia punyai.

Keadaan pigmen ini dapat disebut cukup sangat jarang hingga tidaklah aneh bila harga dari tipe sugar glider satu ini dapat dibandrol pada harga di atas sepuluh juta rupiah. Harga berada di range Rp 6 Juta sampai Rp sembilan juta.

Sugar Glider Black Beauty

Sesuai namanya, tipe sugar glider paling mahal seterusnya ini mempunyai warna yang lebih gelap antara beberapa jenis sugar glider awalnya. Disamping itu, ada juga tipe yang lain yaitu Black Beauty Black Face, di mana muka sugar glider mempunyai corak lebih gelap dengan warna hidung merah muda yang kontras.

Makhluk imut ini mempunyai penampilan dark charcoal atau arang gelap. Warna dasar mereka hitam dan putih, tetapi gradasi yang terbentuk benar-benar cantik. Harga bervariatif. Ada yang Rp lima juta, Rp tujuh juta, sampai Rp 10 juta.

Black Face Black Beauty

Tidak berbeda jauh dengan tipe awalnya, Black Face Black Beauty tidak kalah lucu. Sama sesuai namanya, black beauty yang ini mempunyai muka yang hitam. Lingkar matanya kecil, sementara warna di tempat hidungnya menonjol. Tentu saja benar-benar imut. Tidak sangsi jika bandrol mereka termasuk mahal, Rp delapan juta sampai Rp 12 juta.

Caramel

Salah satunya tipe sugar glider paling mahal yang cukup terkenal ialah tipe Caramel. Kamu dapat mendapati sugar glider ini di Merauke. Memiliki bentuk sesuai namanya, yakni mempunyai warna seperti caramel. Dasar harga rerata sejumlah 5 juta-an.

Cremeino

Tipe sugar glider satu ini warna cream, sementara bulu-bulunya mempunyai elemen kemerah-merahan. Garis-garis punggungnya merah dan cokelat, sementara matanya benar-benar ciri khas warna merah delima.

Biasanya tipe sugar glider paling mahal satu ini dibanderol pada harga tinggi, bahkan juga ada yang sentuh angka Rp 20 juta.

White Face Sugar Glider

Tipe sugar glider paling mahal selanjutnya ialah White Face Sugar Glider. Memiliki bentuk nyaris serupa dengan Classic Grey tetapi sebagai pembanding ialah sisi wajanya. Di bagian muka sugar glider white face, bulu-bulunya kelihatan lebih putih dan tidak ada lingkaran hitam di bagian matanya.

Secara karakter dan karakter yang lain, tipe sugar glider ini tidak berlainan dengan sugar glider grey, jinak dan ramah.

Itu 13 hewan ternak yang termudah dan memberikan keuntungan untuk diperbudidayakan. Pokoknya Anda harus niat, konsentrasi, loyalitas dan cari info baik di internet atau langsung berguru pada pakarnya. Apa saja itu yang bernama usaha sudah tentu ada kesusahan dan keringanan, hingga anda harus siap pada risiko yang bakal terjadi.