17 Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar

Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar
Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar

17 Pakan ikan nila agar cepat besar.Ikan nila ialah hewan omnivora yang makan baik tumbuhan atau hewan. Di alam aslinya ikan ini memakan makhluk kecil di di air seperti makan plankton, fitoplankton, hydrila dan tumbuhan yang hidup di dalam kolam seperti azolla. Ikan nila bisa juga makan tersisa dapur dan buah buahan,

Pakan ikan nila terdiri jadi dua, natural serta pelet. Salah tipe pakan dapat berpengaruh fatal karena ongkos produksi paling besar nila ialah pakan.

Pakan Ikan Nila Alami

Ketahui pakan alami itu penting. Ini dapat benar-benar tekan ongkos produksi anda. Pikirkan, pakan alami bila habis akan tumbuh kembali, tak perlu keluar kantong. Untuk pemberbudidaya ikan, pakan ialah ongkos produksi paling besar. Oleh karenanya ketahui pakan alami ialah jalan keluar.

Pakan alami saja tidak cukup untuk ikan nila. Keadaan yang terlampau kotor, contoh banyak tumbuhan di kolam, akan mengundang hama dan penyakit ikan. Sebagai pemberbudidaya sebaiknya anda menambah pakan tambahan atau pelet dengan kandungan protein rendah (20-25%). Ini bisa dibuktikan percepat perkembangan ikan nila.

Di lain sisi, pakan pelet hasilkan efek. Selainnya harga yang relatif mahal, pakan pelet hasilkan pengendapan yang kotor. Oleh karenanya kami akan mengulas baik pakan alami atau pakan pelet bikinan untuk ikan nila.

Beragam jenis pakan alami ikan nila :

1. Plankton dan Fitoplankton sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Pada awal budidaya ikan nila kita harus membuat kolam. Nach saat tahapan pembikinan kolam, yakinkan kolamnya bersih dari sampah lalu berikan pupuk dan siram air. Ini mempunyai tujuan supaya di kolam kita tumbuh plankton, fitoplankton dan teman temannya.

Makhluk makhluk kecil ini bisa menjadi makanana untuk ikan nila. kandungan proteinnya sendiri di antara 21-37 %. Cukup kan?

2. Azolla Pinnata sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Azolla sebagai tumbuhan paku air warna hijau yang terapung di air. Ukuran di antara 1-4 cm. Wujud daunnya segitiga atau kotak. Tumbuhan paku ini cepat sekali berkembang dan banyak diketemukan di kolam atau sawah.

Azola memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu 31 %. Kandungan protein berikut yang membuat azolla ramai pecinta di kelompok petani nila pakan organik. Ikan ini dipercaya memiliki kandungan banyak vitamin. Menurut penilaian di ciamis, pemberian Azolla Pinnata sekitar 10% dapat benar-benar efisien untuk menambahkan berat ikan.

Azolla atau disebutkan mata lele ini dapat dihidangkan berbentuk kering atau basah. juga bisa ditempatkan di atas kolam nila. Tapi yang terbagus ialah pada keadaan kering. Ini karena pemberian azolla basah memiliki kandungan kebanyakan air hingga nila cuman kenyang air dan sedikit protein. Azolla basah mengakibatkan nila cepat kenyang, irit pakan tetapi ku us – kurus.

3. Lemna SP sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Lemna SP ialah tumbuhan kecil hijau yang hidup di air. Tumbuhan ini memiliki kandungan protein 10-45 %.

Terakhir tumbuhan ini jadi bintang peternak, bukan hanya nila lho, karena perubahannya yang cepat dan mudah. Lemna sanggup tumbuh 40% setiap hari, cepat sekali. Usia lemna cuman 10 hari dan tiap induk dapat hasilkan 20 anakan.

Lemna sendiri dapat diserahkan ke nila pada keadaan basah atau kering. Untuk menhasilkan lemna kering 1 KG diperlukan lemna basah 12 kg. Bila anda ingin mmencoba, anda dapat beli lemna kering lewat cara online. Harga sekitaran 50.000 per kg

4. Wolffia sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Tanaman berbunga ini disebutkan sebutkan sebagai tanaman berbunga yang paling kecil di dunia. OLeh karenanya, Wolffia ini dapat diberi sebagai pakan dimulai dari tahapan pembenihan ikan nila. Perlu kitta tahu, saat benih ikan nila tidak dapat makan lemna.

Pengembangbiakanny cepat sekali, dibandingkan dengan lemna, perbandingannya 4 : 3. Sama dengan lemna, seharusnya tumbuhan ini dikembangbiakan terpisah supaya tidak mengusik cahaya matahari masuk kolam nila.

Tumbuhan ini disebutkan watermeal atau duckweed. Tumbuhnya melayang-layang layang di atas air daan warna kekuningan atau hijau.

5. Daun Talas sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Pemberian daun talas memang mempunyai tujuan untuk kurangi ongkos makan pelet. Menurut beragam sumber, daun ini lumayan baik untuk menambahkan bobt ikan. Disamping itu pohon talas mudah ditanamkan dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Pemberian pakan ini harus dipotong kecil kecil lebih dahulu. Tidak boleh berlebihan memberinya daun talas, daun yang tidak termakan atau membusuk dapat memberinya permasalahan tertentu

Daun ini umumnya ditanamkan petani disekitaran kolam supaya pohon talas dapat hidup di wilayah lembab. Bila tidak mau di sekitar kolam karena itu anda bisa mengkondisikannya lebih dulu.

6. Kangkung sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Ya, kangkung yang dicintai kelinci ini rupanya bisa juga untuk pakan ikan nila. Anjuran saya, tanamlah kangkung sendiri tidak boleh membeli kangkung di pasar. Mengapa? karena kangkung dipasar bisa saja banyak pupuknya dan disemprotkan beragam jenis bahan kimia.

7. Daun singkong sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Daun singkong dapat kita beri untuk ikan nila. Nach anda dapat memberinya langsung, digabung dengan tepung ikan atau difermentasi lebih dulu. Peragian daun singkong banyak dilaksanakan supaya bisa hasilkan FCR (Food conversion Ratio) yang baik.

8. Lumut sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Ikan nila ialah omnivora yang dapat makan tumbuhan kecil yang berada di sungai, terhitung lumut. Memberinya lumut menjadi alternative tertentu untuk ikan nila. Jika saya sich tidak pernah cobanya. Untuk anda yang telah coba silakan sharing di komentar ya.

9. Sisa sayur sebagai Pakan Alami Ikan Nila

yang saya tujukan di sini yaitu sisa sayur yang tidak terjual atau disingkirkannya karena telah layu. Juga bisa sayur dari warung warung yang tidak diolah. Ingat ya, sayur mentah bukan sayur masak.

10. Ampas Kelapa sebagai Pakan Alami Ikan Nila

ya ini inovatif kan? ampas kelapa tersisa santan umumnya dibuang demikian saja. Nach untuk peternak nila, ampas ini ialah barang bernilai yang dapat dipakai untuk mengirit pakan nila. pemberiannya langsung bisa, juga bisa digabung dedak atau tepung ikan.

11. Dedak sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Dedak ini ialah hasil gilingan dari tersisa padi. Berwarna kecoklat-coklatan dan baunya ciri khas. Umumnya dedak ini dipakai untuk kombinasi pakan yang lain

11. Sisa Nasi sebagai Pakan Alami Ikan Nila

ya, dibanding kebuang sisa nasi dapat anda beri untuk ikan nila. Ingin langsung diberikan atau dikeringkan dahulu bisa saja. Silakan anda coba yang mana disukai nila anda.

12. Sisa Roti sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Pernahkan anda beli roti di indomaret atau alfamart? lihat tanggal kadaluwarsanya, walau roti baru, tentu tanggal kadaluwarsanya sesaat lagi. Memang tipe rotinya semacam itu, tidak ada yang keliru.

Lalu kemanakah sisa roti yang kedaluwarsa itu? Roti roti itu dipasarkan pada harga benar-benar miring untuk pakan ternak. Satu diantaranya ialah pakan nila.

13. Tepung Cacing sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Anda dapat membuat tepung cacing sendiri. Triknya seperti berikut :

  • Pisahkan cacing fresh dari tempat / mediumnya
  • Membersihkan cacing itu sampai bersih, selanjutnya mencuci lalu mengangsungnya
  • Menjemur cacing di bawah terikmatahari ( dapat di atas seng supaya cepat dan hasil yang bagus) sepanjang 24 jam
  • Cacing yang telah kering selanjutnya dibikin tepung dengan penggiling tepung, bila tidak punyai silakan tumbuk sampai lembut
  • Tepung cacing siap dipakai
  • Timbang dahulu tepung cacing saat basah dan kering untuk ketahui berapakah cacing yang anda perlukan dilain waktu

Pakan Ikan Nila Buatan

Anda dapat membuat pakan nila bikinan sendiri atau beli dari toko. yok kita ulas satu-satu

14. Tepung Bekicot atau Keong Mas sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Cara membuat tepung bekicot ialah :

  • Bekicot dibikin bersih
  • Direbus dan dikeluarkan didalamnya saja
  • Dijemur sampai kering
  • Diiris-iris kecil kecil
  • Dibikin jadi tepung
  • Tepung bekicot siap dihidangkan

15. Tepung Ikan Rucah sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Langkah membuat tepung ikan rucah ialah seperti berikut :

  • Bersihkan ikan rucah
  • Rebus ikan rucah tadi
  • Jemur ikan yang telah matang
  • Merubah ikan jadi tepung
  • Tepung ikan siap digunkanan

16. Maggot sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Untuk ibu ibu kemungkinan maggot ini berkesan memuakkan. Memiliki bentuk yang kecil warna kecoklat-coklatan menyimbolkan seakan maggot ialah pemakan buah busuk. rupanya maggot ialah wujud larva dari serangga black soldier fly.

Terakhir maggot telah dipakai untuk pakan nila. Kandungan proteinnya cukup tinggi percaya 45 % hingga banyak yang disukai. Tidak sangsi saat ini ada usaha baru, yaitu budidaya maggot. Mereka jual Maggot ke pemberbudidaya ikan untuk substitusi / alternatif pelet

17. Pelet sebagai Pakan Alami Ikan Nila

Pelet ialah pakan ikan yang sering digunakan. Selainnya mengenyangkan pelet dipandang seperti konsumsi nutrisi. Kelebihan pelet ialah gizinya banyak tetapi kekurangannya sudah pasti harga mahal. Meskipun begitu anda dapat membuat pelet sendiri di dalam rumah.

Memiliki bentuk kecil seperti pil. Biasanya warna kecoklat-coklatan. bahanya sebagai kombinasi bahan nabati dan hewani.