Bisnis Kroto Dalam Toples

Cara Ternak Kroto di Toples
Cara Ternak Kroto di Toples
Bisnis kroto dalam toples.  Beberapa orang mempunyai asumsi jika kroto sebagai tipe hewan kecil yang tidak dapat di budidayakan. Namun pada realitanya ada banyak yang ingin buka bisnis usaha ternak kroto karena hasil yang bakal didapatkan janjikan. Ditambah sekarang ini banyak orang yang memerlukan kroto untuk pakan hewan piaraannya hingga jadikan budidaya Kroto menjadi satu diantara usaha yang tren dalam masyarakat.

Tetapi saat sebelum lakukan usaha itu, tentu saja anda harus pilih media atau tempat apa yang bakal anda pakai dalam melakukannya. Tetapi umumnya dari beberapa peternak kroto cenderung pilih memakai topeles sebagai media ternak bibit kroto. Pemakaian topeles sebagai media ternak kroto dipandang lebih efektif dan efisien. Ini karena dalam cari media itu sangat gampang.

Tidak itu saja, toples ini bisa dicapai pada harga yang murah. Penyeleksian topeles sebagai media ternak kroto akan mempermudah peternak dalam perubahan dan perkembangan kroto karena berwarna yang bening.

Nach, bila Anda masih pemula yang cukup pemula pada usaha ini, seharusnya baca ulasan langkah gampang ternak kroto dalam topeles ini.

Cara ternak kroto dalam toples

1. Pelajari Karakter Kroto

Untuk tahapan pertama kali yang harus dilaksanakan yakni mengenal watak dari kroto yang bakal di ternak tersebut.

Hal tersebut karena mengenal watak Kroto akan berguna saat lakukan perawatan kroto.

Ada 4 tipe watak pada Kroto, yakni:

  • Kroto Prajurit, bekerja dalam jaga dan membuat perlindungan koloni semut dan makanan
  • Kroto Karyawan, bekerja dalam mengasuh kroto muda
  • Kroto Pejantan, bekerja dalam mengawini kroto ratu agar bertelur
  • Kroto Ratu, bekerja dalam hasilkan telur

2. Mempersiapkan Bibit Kroto

Bibit Kroto bisa anda dapatkan dari alam atau hasil dari budidaya yang dapat Anda peroleh dari peternak lain. Dibanding dengan bibit membeli, bibit kroto dari alam lebih gampang dalam soal pakan karena condong menyenangi makanan apa saja. Sedang tipe yang diambil dari peternak lain umumnya harus diberi makanan tertentu, ini karena factor rutinitas kroto ternak yang telah terlampau di manja.

3. Ternak Kroto Tanpa Ratu

Salah satunya hal yang bisa jadi masalah dalam melakukan usaha ialah modal. Jika anda alami hal itu dalam ternak kroto, anda bisa lakukan ternak kroto tanpa bibit ratu yang mana saat yang diperlukan untuk memperbesar sendiri termasuk cepat bila tidak memakai bibit ratu, karena tidak diawali dari 0.

4. Mempersiapkan Wadah Topeles untuk Kroto

Anda bisa pilih topeles sama ukuran sedang dan lubang yang cukup. Seterusnya, sisi bawah pada topeles dilubangi sama ukuran diameter range 5-7 cm, lalu ditutup kembali dengan lakban.

5. Tahapan Pengisian Bibit Kroto pada Topeles

  • Bibit atau semut rang tang yang sudah disiapkan, dimasukkan ke topeles lalu ditutup supaya tidak keluar.
  • Persiapkan tempat, seperti nampan datar yang sudah diisi air sampai 1/2 dari tinggi tempat itu. Selanjutnya tempatkan batu bata pada tengahnya nampan dan tempatkan topeles di atas nampan itu. Arah dari pemakaian tempat atau nampan ini untuk menahan semut rang rang kabur dan makanan tidak dikonsumsi oleh hewan lain, misalnya semut hitam.
  • Bila anda lakukan ternak dalam rasio banyak, anda bisa membuat kandang berbentuk rak-rak sebagai area untuk menyimpan sarang-sarang topeles.

6. Menyiapkan Tempat Kandang Kroto

Rak-rak yang dipakai sebagai kandang kroto bisa berbentuk rack berbahan serat atau bisa disamakan dengan bibit yang di budidayakan. Tetapi upayakan supaya rak-rak itu tidak banyak karena bisa mengusik dari perputaran udara. Pada kaki rack itu, janganlah lupa untuk menempatkan nampan yang berisi air.

7. Penyeleksian Lokasi Ternak Kroto

Penyeleksian lokasi sangat penting untuk memberikan dukungan keproduktifan kroto. Lokasi yang bagus saat lakukan ternak kroto yakni jauh dari keramaian sekitaran 50 sampai 500 mtr., ketinggian 1.500 sampai 1.800 m/dpl, temperatur 26 derajat celcius dan kelembapan udara 60 – 70%.

8. Pemberian Pakan Kroto

Pakan yang dimakan oleh kroto sebaiknya mempunyai nilai nutrisi yang tinggi untuk hasilkan produksi yang bagus dan berlimpah. Anda bisa memberinya pakan kroto berbentuk ulat hongkong, ulat pisang dan cacing tanah.

9. Perawatan Kroto

Adapun beberapa langkah yang bisa dilaksanakan dalam perawatan ternak kroto dalam topeles ialah :

  • Memberinya pakan yang teratur
  • Jaga Kelembapan temperatur dan udara
  • Memerhatikan factor sinar
  • Bersihkan kandang kroto dengan teratur
  • Mengecek kandang kroto dengan teratur
  • Jaga keamanan kandang dari beragam masalah terhitung binatang lain

10. Pemanenan Kroto

Dengan beberapa langkah yang pas dan maksimal dalam penerapan ternaknya, karena itu panen kroto akan maksimal. Biasanya panen kroto bisa dilaksanakan setelah sarang ternakan mencapai umur 4 sampai enam bulan sesudah dibuat.

Tetapi jika saat sebelum masuk bulan itu, sudah konstan, karena itu sebaiknya panen diundur lebih dulu untuk menanti supaya koloni semakin bertambah banyak dan panen semakin berlimpah.

Setiap sarang, umumnya sanggup hasilkan 1 sampai 2 ons kroto.

Langkah Gampang Ternak Kroto Dalam Topeles itu dapat Anda aplikasikan pada usaha kroto yang atau ingin di lakukan. Dengan semangat dan penuh kesabaran, karena itu ternak kroto yang anda lakukan akan memperoleh hasil yang optimal. Selamat Coba.