Budidaya Ikan Lele di Drum

Budidaya ikan lele di drum
Budidaya ikan lele di drum

Budidaya ikan lele di drum. Media untuk budidaya ikan lele sekarang telah makin bervariasi. Disamping kolam, budidaya ikan lele bisa juga kita kerjakan dalam drum. Budidaya ikan lele dalam drum mempunyai beberapa keuntungan. Satu diantaranya ialah tidak membutuhkan tempat yang luas.

Langkah Budidaya Ikan Lele di Drum untuk Pemula

Sebelum mengulas perihal langkah budidaya ikan lele dalam drum, perlu diketahui jika kekuatan usaha ini besar sekali.

Tingginya keinginan ikan lele di Jabodetabek saja cukup jadi argumen jika usaha ini benar-benar prospektif. Di Jabodetabek saja, ada keinginan lebih dari 120 ton/hari. Suplai biasanya tiba dari Bogor dan Tangerang dan banyak wilayah di Jakarta.

Keinginan ini selalu bertambah dan cuman dapat dipenuhi bila peternak lele semakin bertambah. Untuk itu, aktor usaha rumahan diharap dapat mengisi celah ini supaya keperluan lele di Jabodetabek dan nasional dapat dipenuhi. Dengan budidaya ikan lele dalam drum ini, beternak lele tidak perlu di tempat luas.

Untuk Anda yang ingin mencobanya, kesempatan ini kami akan membahas kiat-kiatnya. Artikel ini akan menolong Anda supaya bisa mengawali ternak lele dengan simpel.

Penyiapan Kolam Lele

Sebelum memulai, pertama kali Anda persiapkan lebih dulu drum plastik. Jumlah dapat Anda sesuaikan dengan kemauan. Ukuran drum harus sanggup memuat 200 liter air. Range harga drum plastik ini biasanya cuman Rp.400.000 – Rp800.000. Adapun beberapa cara menyiapkan kolamnya ialah seperti berikut:

  1. Bersihkanlah drum plastik lebih dulu
  2. Bikinlah lubang disalah satu permukaan drum.
  3. Aturlah drum pada atas tanah atau di rack yang sudah disiapkan.
  4. Masukan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang ke dasar drum, sekitar ½ kg. Selanjutnya biarkan sepanjang 2 Minggu.
  5. Sesudah 2 Minggu, kolam akan banyak dengan biota air alami.
  6. Isikan drum sama air sumur atau air sungai yang bersih. Ukuran air harus ½ dari drum itu.
  7. ntuk percepat proses pematangan air, Anda dapat menambah cairan EM4(opsional). Selanjutnya nantikan sekian hari sampai air kolam jadi warna gelap.
  8. Kolam siap diisi benih.

Hal yang penting jadi perhatian saat tingkatan penyiapan kolam ini ialah kualitas drum tersebut. Upayakan beli drum plastik yang bagus dan tebal berbahan. Maksudnya ialah supaya tidak ada kebocoran saat drum nanti memuat air dan ikan lele.

Penyeleksian dan Penebaran Benih Lele

beternakpedia.com Pilih tipe bibit yang sehat. Langkah pilihnya dengan menyaksikan keadaan fisiknya yang tidak cacat. Disamping itu, yakinkan benih terlihat gesit, lincah, dan tidak ada bintik pada kulitnya. Itu beberapa ciri benih ikan lele itu sehat dan berkualitas.

Sesudah benih siap, masukanlah benih ke kolam. Upayakan supaya tidak langsung memasukannya ke kolam. Karena, hal itu akan menyebabkan lele jadi depresi dan mati.

Seharusnya, masukanlah benih dengan tempatnya (jerigen/ember). Tempatkanlah dalam kolam sepanjang 15 – 30 menit. Biarlah lele menyesuaikan sama air kolam sendirinya. Kemudian, miringkan tempat, lalu diamkan lele keluar.

Baca juga :

Untuk jumlah benihnya sendiri, drum memiliki ukuran 200 liter cuman pas untuk memuat 200 ekor. Jumlah ini benar-benar bagus karena sanggup kurangi resiko kematian ikan lele karena kepadatan yang tinggi. Bila ada benih yang mati sesudah disebarkan, karena itu buanglah benih itu.

Harus diingat jika ukuran drum 200 liter cuman dapat untuk mengembangbiakkan 200 ekor lele . Maka, janganlah sampai mengisinya lebih dari itu. Kelebihan isi malah akan membuat lele tidak dapat bergerak dengan bebas dan justru berefek mati.

Bila ingin mengembangbiakkan lebih dari 200 bibit lele, karena itu sudah pasti harus dilaksanakan di kolam drum lain. Pemula sebaiknya coba dahulu pada satu drum. Saksikan apa pembiakan lele sukses baru selanjutnya menambahkan jumlah bibit dan tentu saja kolam drum.

Langkah Pemberian Pakan Ikan Lele

Berilah pakan lele 3x satu hari. Pemberiannya pada pagi, siang, dan malam hari. Untuk lele yang masih juga dalam wujud benih, berilah tipe pelet crumble. Bila lele telah dewasa, karena itu ubahlah dengan pelet yang sesuai ukuran badannya. Untuk tipe pelet, ada dua jenis yang dijajakan di pasar.

Yakni, tipe pelet terbenam dan pelet terapung. Untuk tipe pelet terbenam, berikan di satu pojok kolam saja. Sedang untuk pelet terapung, beri pada segi kanan kolam, apabila sudah habis berpindah ke bagian lain, demikian selanjutnya. Bila kebingungan, coba beli Hi-Pro-Vite-781 sebagai pakan yang biasa digunakan.

Perawatan Ikan Lele Dalam Drum

youtube.com Tidak boleh berlebihan memberikan pakan. Apabila sudah terlihat kenyang, stop pemberian pakan ke lele. Yakinkan Anda selalu jaga kualitas air kolam untuk keberlangsungan hidup lele.

Upayakan supaya tidak ada tumpukan pakan di dasar kolam. Karena, hal itu bisa memunculkan gas amonia dan mengakibatkan ikan lele mati. Air kolam menjadi kotor karena timbunan makanan yang bersatu dengan kotoran lele. Bila air kotor, karena itu ikan lele dapat stress selanjutnya mati, atau bila hidup, kualitas dagingnya buruk.

Keunggulan dan Kekurangan Budidaya Ikan Lele di Drum

korantangerang.com Budidaya ikan lele di drum ini kelihatannya gampang dilaksanakan. Tapi, semestinya cara-cara secara umum, pasti ada kekurangan dan keunggulannya. Saat sebelum terjun langsung ada baiknya kalau ketahui dahulu apa kekurangan dan kelebihan budidaya ikan lele dalam drum ini.

Kelebihan Budidaya Ikan Lele di Drum

Kelebihan yang khusus dari sistem ini ialah dapat dilaksanakan di tempat yang terbatas misalkan pelataran rumah atau halaman belakang rumah.

Disamping itu, kolam akan lebih bertahan lama karena plastik tidak berkarat terserang air. Berlainan berbahan seng yang mempunyai karakter korosif. Proses pembersihan dan perawatan kolam lebih gampang karena ukuran yang kecil.

Kelebihan yang lain ialah ringkas. Drum ini dapat dipindahkan-pindahkan secara mudah karena ukuran yang tidak besar. Selanjutnya, harga drum dan beberapa bahan lain untuk membikin kolam ini condong murah hingga pas untuk usaha kecil rumahan. Bahkan juga, bila di dalam rumah ada drum sisa, karena itu langsung bisa digunakan.

Kekurangan Budidaya Ikan Lele di Drum

Permasalahan yang kerap muncul dari pemakaian drum ini ialah permasalahan temperatur yang naik-turun. Peralihan temperatur umum terjadi pada kolam drum dan ini mengakibatkan ikan kerap mati.

Disamping itu, evaporasi lebih umum terjadi pada kolam drum ini. Itu penyebabnya peletakan drum penting. Tidak boleh meletakkannya pas di bawah cahaya matahari langsung dan menjaga temperatur dalam drum.

Kekurangan yang lain ialah kolam drum ini gampang sekali terguling apa lagi bila permukaan tanah tempat kolam bertumpu tidak rata.

Ditambahkan lagi, pemilik kolam harus seringkali menambah air pada drum dengan teratur. Volume air pada drum seringkali kering dibanding dengan kolam tipe lain apa lagi bila jumlah ikan kebanyakan.

Itu beberapa proses langkah budidaya ikan lele di drum. Sesudah lebih kurang tiga bulan, ikan lele itu siap dipanen. Bagaimana, apa Anda berminat untuk cobanya?