Cara Beternak Ayam Potong

Cara Beternak Ayam Potong
Cara Beternak Ayam Potong

Cara beternak ayam potong. Dari beberapa tipe usaha ternak unggas yang umum dijalankan, budidaya ternak ayam pedaging, masih jadi usaha yang termasuk sangat prospektif. Masalahnya untuk budidaya ternak ayam pedaging, kamu cuman memerlukan saat yang singkat, untuk hasilkan ayam-ayam dengan daging yang berkualitas.

Usaha budidaya ternak ayam pedaging, sebagai usaha ternak ayam, yang spesial cuman diambil dagingnya saja, atau umum disebutkan dengan ayam boiler. Ayam boiler sendiri pertama kalinya dibudayakan di Indonesia pada tahu 1950-an dan terkenal semenjak tahun 1980-an.

Saat sebelum ayam boiler benar-benar populer sebagai hewan ternak yang diambil dagingnya, ayam buras terlebih dahulu dijadikan keperluan, untuk penuhi keinginan daging ayam di Indonesia. Tetapi, ayam buras atau ayam daerah, tidak dapat memuat semua keinginan suplai daging ayam, karena produksi ternak ayam buras termasuk lumayan lama. Hingga sekarang ayam boiler sebagai tipe ayam yang kerap diperbudidayakan untuk usaha.

Ayam boiler sendiri banyak memiliki tipe, hasil dari persilangan dan genetika, hingga hasilkan strain ayam boiler yang paling aktif. Bahkan juga, ayam boiler selalu alami kenaikan kualitas, dan berikut sejumlah tipe ayam boiler yang banyak diperbudidayakan di Indonesia:

Jenis Ayam Potong Unggul

1. Strain Cobb

Tipe ayam boiler strain cobb ini diperkembangkan dan terkenal di lebih dari 60 negara dan mempunyai konsentrasi peningkatan untuk membenahi perform rasio pemberian pakan. Bila disaksikan dari genetik, strain cobb ini diperkembangkan untuk mempunyai pembangunan daging dada.

2. Strain Ross

Tipe ayam boiler stran Ross ini sebagai ayam yang diperkembangkan untuk mempunyai FCR yang efektif. Tidak itu saja, perkembangan ayam ini termasuk cepat dan mempunyai ketahanan hidup yang lebih bagus.

Untuk tipe ayam boiler setelah itu tipe ayam strain Hybro, yang mempunyai konsentrasi peningkatan untuk ketahanan daya hidup. Ayam ini mempunyai perform yang bagus di wilayah tropis dan mempunyai ketahanan pada penyakit ascites.

Nach, sudah mengetahui kan beberapa jenis ayam boiler apa yang kerap jadi usaha budidaya ternak ayam pedaging. Untuk seterusnya, untuk pemula yang ingin mengawali usaha budidaya ternak ayam pedaging, dapat turuti langkah dan beberapa langkah gampang di bawah ini.

Cara Ternak Ayam

1. Syarat Lokasi Kandang Ayam

Langkah budidaya ternak ayam pedaging yang pertama harus kamu kerjakan ialah tentukan lokasi kandang. Dianjurkan, kamu pilih lokasi pembikinan kandang di lokasi yang gampang dicapai dan dijangkau tranportasi.

Tetapi, agar semakin bagusnya, kandang diupayakan ada di lokasi yang tidak berisik, jauh dari permukiman warga, sampai dekat sama sumber air.

2. Cara Membuat Kandang Ayam Potong

Sesudah tentukan lokasi kandang, hal seterusnya yang perlu kamu kerjakan dalam budidaya ternak ayam pedaging ialah membuat kandang. Kamu dapat membuat kandang dengan 2 tipe opsi, yang kerap dibikin beberapa peternak.

Jenis Kandang Tanpa Panggung

Untuk tipe kandang yang ini, sebagai tipe kandang yang tersering dipakai. Selainnya gampang dari sisi pembikinannya, ongkos membuat kandang type ini termasuk murah.

Jenis Kandang Berbentuk Panggung

Tipe atau type kandang berupa pentas, umumnya memang mempunyai ongkos pembikinan yang cukup mahal.

Tetapi, type kandang pentas tidak kotor karena gampang dibikin bersih. Kandang type ini tidak membutuhkan alas, karena kotoran ayam langsung akan jatuh ke bawah.

3. Bibit Ayam Potong

Dalam budidaya ternak ayam pedaging, hal seterusnya yang perlu kamu kerjakan ialah lakukan pembibitan.

Saat lakukan penyeleksian bibit unggul ayam ras atau boiler, dianjurkan untuk memperhatikan beberapa point utama ini:

  • Tentukan bibit yang mempunyai pergerakan yang aktif, sehat dan tidak alami cacat fisik atau sakit.
  • Bibit harus bertubuh yang bundar, gendut atau berisi.
  • Bulu-bulu dari bibit ayam unggul tidak erlihat lusuh, sehat, dan mengkilat.
  • Wilayah disekitaran anus tidak kotor, mata tajam, dan hidung bersih.

4. Cara Membuat Pakan Ayam Potong

Dalam budidaya ternak ayam pedaging, pemberian pakan ada juga triknya. Ada beberapa hal yang yang perlu jadi perhatian, baik dari sisi kandungan dan waktu pemberian pakan.

Masalahnya gizi ayam pedaging harus tercukupi supaya ayam dapat memperoleh perkembangan yang optimal dan berkualitas.

Untuk mekanisme pemberian pakan ayam pedaging, biasa memakai mekanisme adlibilitum yaitu makanan yang selalu ada dan tanpa batasan.

Hingga, kamu selalu harus teratur memeriksa tersedianya pakan dalam kandang. Untuk tipe pakannya sendiri yaitu berbentuk pelet, crumbles (putiran pecahan) dan wujud tepung.

5. Cara Perawatan Ayam Potong

Bukan hanya masalah pakan, saat lakukan budidaya ternak ayam pedaging, kamu wajib melakukan perawatan.

Tidak didiamkan demikian saja, sampai ayam besar dengan sendiri, dibalik ayam pedaging yang sehat dan berkualitas, rupanya ada banyak serangkaian proses yang dilakukan, salah satunya ialah seperti berikut:

  • Di 7 hari awal, bibit ayam pedaging unggul yang telah diputuskan harus dimasukkan pada inkubator, atau juga bisa dengan indukkan.
    Kemudian, beri pakan dan minum air hangat.
  • Lalu pada minggu ke-2 , temperatur inkubator dapat sedikit dikurangkan, dan untuk tipe pakan tetap memakai tipe crumbles.
  • Pada minggu ke 3, bibit ayam pedaging tak lagi memerlukan pemanas.
  • Pada minggu ke 4, bulu-bulu ayam mulai akan kelihatan tumbuh. Di waktu itu keperluan pakan bertambah 2x lipat.
  • Pada minggu ke 5, kamu harusnya lakukan pembersihan kandang dengan teratur, karena ayam-ayam barusan telah hasilkan kotoran yang lumayan banyak.

6. Masa Panen Ayam Potong

Pada proses ini, kamu dapat melakukan secara terstruktur, di mana penangkapan ayam pedaging yang siap panen dilaksanakan dengan bertahap.

Masalahnya bila kamu tangkap semua ayam secara bertepatan, ayam ditakuti akan lemas.

Jauhi menyanggakkan ayam yang dipanen di pojok kandang, karena ditakuti ada ayam yang mati. Untuk memperjelasnya, berikut langkah tangkap ayam yang betul:

  • Pegang kaki ayam secara perlahan-lahan, lalu pegang sisi dada dan angkat ke atas.
  • Jauhi tangkap ayam dengan menarik salah satunya sayap ayam, karena hal itu akan membuat ayam jadi berontak.
  • Kemudian, ikat ke-2 kaki ayam sehabis diamankan.
  • Janganlah lupa tulis berat ayam saat dia masih hidup. Karena ayam pedaging akan dipasarkan per berat saat dia hidup.

7. Membersihkan dan lakukan sanitasi hama kandang

Sesudah budidaya ternak ayam pedaging kamu telah lewat periode panen, janganlah lupa kerjakan pekapuran di bagian dinding dan lantai kandang untuk sanitasi.

Tidak itu saja, supaya bibit penyakit dapat mati, kamu bisa juga menyemprot formalin. Kemudian biarkan kandang sepanjang lebih kurang 10 hari, saat sebelum masukkan bibit baru.

Bagaimana, budidaya ternak ayam pedaging lumayan menjanjikan kan? Ditambah, usaha ini benar-benar gampang digerakkan untuk pemula.