Cara Beternak Ikan Lele untuk Pemula

Cara Beternak Ikan Lele untuk Pemula
Cara Beternak Ikan Lele untuk Pemula

Cara beternak ikan lele untuk pemula. Sebelum memulai untuk beternak ikan lele, anda harus mengetahui terlabih dahulu jenis ikan lele konsumsi yang cepat besar. Pertanyaan ini kerap dikatakan. Namun jawabnya relatif. Bibit memanglah penting, justru saya ngomong begitu penting. Namun lokasi punya pengaruh.

Di BPPI Sukamadi Jawa Barat, Ikan lele mutiara dirasa paling cepat besar dan gampang dipiara. Di Lombok, yang paling oke ialah ikan lele Mandalika. Di Jawa Timur, ikan lele massamo jadi unggulan budidaya ikan lele.

Berpindah ke arah tempat lain kembali, kita mendapati bukti jika ikan lele terbagus ya sangkuriang. Ada pula yang ngomong lele dumbo.

Tidak ada yang keliru karena lokasinya berlainan. Langkah yang terbaik untuk jawab pertanyaan ini ialah berkunjunglah ke peternak lele di sejumlah wilayah di lokasi anda. Tanya dan perhatikan yang mana terbaik.

Saya akan menulis 12 tipe ikan lele dan beberapa cirinya yang banyak diketemukan di Indonesia, ditambahkan kekurangan dan kelebihan, Mari kita awali.

1. Cara Ternak Lele Sangkuriang

Nama sangkuriang datang dari narasi rakyat Jawa barat, yaitu Asal-usul gunung tangkuban perahu. Di mana sang Sangkuriang ini ingin menikah dengan Ibunya.

Dari Namanya, terang ikan unggul ini diketemukan di Jawa Barat. persisnya di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Sangkuriang I diperkenalkan ke khalayak pada tahun 2004, selanjutnya sangkuriang II diperkembangkan di antara tahun 2010 – 2012.

Walau telah belasan tahun, rupanya sangkuriang masih terkenal di masyrakat. Saya juga bingung.

Ikan lele ini sebetulnya dalah turunan ikan lele dumbo. Sangkuriang I mulai diperkembangkan sesudah ikan lele dumbo yang di tanah air mulai turun kwalitasnya, ikannya semakin kecil. Lele jantan dumbo angkatan ke 6 (F6) dikawinkan dengan betina dumbo angkatan ke 2 (F2) , lahirlah sangkuriang angkatan ke I.

Keunggulan ikan lele sangkuriang adalah gede, tahan penyakit, larva (bibitnya) tidak kanibal, dan cepat besar.

Beberapa ciri umum lele sangkuriang :

  • Warna punggung hitam kehijauan
  • Warna perut : Putih kekuningan
  • Panjang standard 23-34 cm
  • Bibit 40 hari memiliki panjang 5-8 cm
  • Morfologi komplet lele sangkuriang dapat anda dapatkan di keputusan menteri perikanan nomor 24 tahun 2004

2. Budidaya Ikan Lele Mutiara

Lele mutiara diperkenalkan ke Khalayak di tahun 2015. Diperkembangkan oleh Balai Penelitian dan Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamadi, Subang, Jawa Barat.

Nama lele mutiara sendiri sebagai singkatan dari Kualitas Tinggi Tidak ada Tara (Mutiara). Lele ini datang dari persilangan strain (tipe) lele mesir, lele paiton, Sangkuriang, dan Dumbo sepanjang 3 angkatan.

Digadang lebih bagus dari lele lain, bahkan juga menaklukkan sangkuriang, berikut ciri-ciri dan kelebihan lele mutiara :

  • Warna abu abu gelap
  • 10-40 % bisa lebih cepat tumbuh dibanding benih lain
  • Perawatan Benih lebih singkat : untuk ukuran sebar 100/m2 perlu waktu 40-50 hari untuk hasilkan benih 5-7cm atau 7-9cm, sementara untuk padat sebar 200 benih /m2 butuh waktu 60-80 hari
  • ukuran benih relatif sama, tak perlu sortir. Saat pemanenan pertama diketemukan 80-90% benih siap jual
  • Lebih tahan penyakit
  • Hemat pakan (Food convention ratio cuman 0,6 – 0,8 saat pendederan dan 0,8 – 1 saat pembesaran.
  • Ciri-ciri kengkap lele mutiara dapat anda dapatkan di Keputusan menteri kelautan dan Perikanan nomor 77 tahun 2015

3. Cara Memelihara Ikan Lele Dumbo

Ikan ini masuk indonesia tahun 1985. Iya tahun 1985, beberapa puluh tahun yang lalu, dan sampai saat ini masih lumayan terkenal di Indonesia.

Awalannya ikan ini disebutkan sebutkan sebagai turunan lele taiwan, atau persilangan lele taiwan dan mesir. Riset paling akhir yang dipublikasi oleh pusat penelitian perikanan KKP memberikan indikasi jika lele dumbo sebagai tipe spesies lele afrika.

Ikan lele dumbo dicintai karena beberapa keunggulan :

  • Tubuhnya semakin besar dibanding lele lokal
  • Tidak sukai membuat lubang di tanah, jadi pas untuk kolam tanah
  • Perkembangannya bisa lebih cepat. Pikirkan lele dumbo berusia dua bulan telah seperti lele lokal berusia satu tahun.

Adapun kekurangan lele dumbo ialah sebagai berikut :

  • Lele dumbo dagingnya benyek, bila dimasak lebih gampang remuk hingga harus berhati-hati
  • Rasanya tidak segurih lele lokal

Awalnya tahun 2000an daya tarik lele dumbo mulai menghilang sesudah mendominasi pasar lele sepanjang belasan tahun. Ini karena kualitas lele dumbo yang dibibitkan makin menghilang. Pada akhirnya tahun 2004 mulai diperkenalkan angkatan baru lele dumbo, yaitu lele sangkuriang

4. Ikan Lele Mandalika

Nama Mandalika makin melesat saat dibikin circuit Moto GP pertama di Indonesia. Tidak itu saja, nama wilayah ini didokumentasikan jadi nama ikan lele. Sama sesuai namanya, Ikan lele mandalika datang dari Nusa Tenggara Barat, persisnya diperkembangkan oleh Instalasi Balai Benih Ikan Batu Kumbung, di bawah lindungan Balai Peningkatan Budidaya Ikan Air Tawar, Propinsi NTB.

Ikan lele mandalika sebagai hasil persilangan di antara betina sangkuriang dan jantan masamo. Ikan ini di-claim memiliki banyak kelebihan sebagai berikut :

  • survival ratenya lebih dari 90%
  • Di NTB, di-claim lebih memberikan keuntungan dibanding sangkuriang
  • Dapat diperbudidayakan di daratan rendah atau daratan tinggi
  • Perkembangan lele mandalika 22% lebih bagus dibanding ikan lele lain
  • Lebih subur dibanding tipe lainnnya
  • Food COnversion Rationya 0,6-0,7%

Lele mandalika diperkenalkan ke Khalayak lewat Keputusan Menteri Perikanan nomor 42 tahun 2014.

5. Budidaya Lele Masamo

Ikan lele ini pertama kalinya dibawa PT matahari Sakti ke Jawa Timur sekitaran tahun 2010. Tak perlu waktu yang lama, tahun 2013. Kelebihan ikan lele masamo ialah cepat besar, dapat panen usia 1 – 2,5 bulan, bergantung pakan yang diberi. Ikan lele yang lain umumnya berusia tiga bulan baru panen

Beberapa ciri ikan lele masamo :

  • Tubuh lebih panjang dibanding lele sangkuriang
  • warna kehitaman
  • memiliki bentuk seperti sepatu pantofel kuno
  • Kepala lebih lancip dan ada benjolan di tengkuk
  • Masamo dewasa memiliki bintik bintik sekujur badannya
  • Benih masamo sulit diperbedakan dengan benih yang lain.

Kekurangan lele masamo :

Ikan lele ini termasuk agresif dan gairah makannya tinggi. Peternak harus ulet. Bila terlambat memberikan makan karena itu karakter kanibal masamo akan ada dan makan temannya.

Walau karakter kanibal masamo makin sedikit, anda harus tetap berhati hati saat memberikan pakan, Janganlah sampai terlambat. ada beberapa alternative pakan lele yang dapat dibikin

6. Ikan Lele Limbat

Ikan ini cukup terkenal di Asia tenggara. Menurut Wikipedia, limbat banyak diketemukan di rawa rawa, sumur tua, dan rimba hutan berair. Ciri-ciri khusus limbat ialah ada bintik bintik pada badannya yang membuat garis kuning.

Di Medan ikan ini menjadi makanan khas, yaitu ikan sale, hingga banyak yang cari dan harga lumayan tinggi. Bila anda di Medan, tidak ada kelirunya coba budidaya lele ini.

7. Ikan Lele Pyton atau Payton

Ikan lele pyton atau kerap disebutkan Payton ialah hasil persilangan di antara lele dumbo dan lele Thailand. Ikan ini mulai diperbudidayakan di 2004 di Pandeglang Banten.

Walau tidak sengaja, rupanya penemuan lele Pyton ini benar-benar pas diperbudidayakan pada suhu rendah seperti pandeglang Banten, Awalnya, banyak lele mati pada suhu rendah. Wujud kepala ikan ini ibarat ular pyton oleh karenanya dia disebutkan lele phyton.

Kelebihan lele Phyton :

  • Tahan temperatur rendah
  • Irit pakan. Saat diuji-coba FCR lele pyton 1 : 1 sementara lele sangkuriang 1 : 0,81.
  • Ukuran semakin besar
  • Saat dimasak lebih renyah dibanding lele dumbo

Kekurangan Lele Phyton :

  • Tidak kuat guncangan air jadi tidak pas untuk aerah dekat laut
  • Kurang tahan panas
  • Bila musim penghujan selera makan menyusut, dapat dikasih jalan keluar dengan probiotik atau pelet bersatu madu.

8. Ikan Lele Afrika

Ada yang ngomong ikan lele afrika ialah ikan lele dumbo tersebut. Beberapa kembali menjelaskan berlainan. Ikan lele tipe ini masih tetap ada yang membudidayakan. Berwarna hitam panjang serupa ikan lele dumbo.

9. Ikan Lele Lokal atau Lele Jawa

Lele lokal atau lele Jawa ialah lele asli indonesia. Saat sebelum lele dumbo tiba pada tahun 1985, lele lokal ini yang kerap di budidayakan oleh peternak. Rasa yang lebih renyah ialah keunggulan lele ini. Sayang perkembangan lele lokal lamban hingga kurang untung walau rasanya renyah.

Bila anda ke rawa rawa dan mendapati ikan lele, peluang lele itu ialah lokal. Walau di alam bebas saat ini banyak juga diketemukan lele dumbo yang terlepas, misalkan karena banjir, lele lokal masih dipandang belum hampir musnah.

Beberapa ciri lele lokal :

  • berwarna hitam kehijauan
  • ada bintik bintik di badannya
  • patilnya semakin banyak dibanding lele dumbo (dapat disaksikan lewat gambar)

10. Kanal Catfish alias Ikan Lele Kanal

Lele kanal ini dikenali memiliki nama latin Ictalurus punctatus. Ikan ini benar-benar terkenal di Amerika Utara, misalkan Nebraska, Missosupi, dan Tenesse. lele Kanal banyak menyebar di amerika karena makanan buatannya banyak dimakan. Ini menggerakkan budidaya lele catfish cukup berkembang di Amerika sana.

11. Blue Catfish alias Ikan Lele Biru

Blue catfishBlue catfish sebetulnya ikan lele liar yang berada di sungai sungai Amerika Utara. Panjangnya dapat capai 1,4 mtr.. Biasanya panjang lele ini sekitar 40-60cm. Lele tipe ini diberitakan dapat dimakan

12. Ikan Lele Broadhead alias Lele Kepala Lebar

Ikan lele brodhead ialah lele lokal yanga slinya diperbudidayakan di asia tenggara seperti vietnam dan kamboja, Daya tarik lele Brodhead juga semakin menghilang sesudah menyebar lele unggul seperti lele dumbo. Lele kepala lebar memiliki ciri-ciri kepala lebar dan patilnya sampai delapan. Berwarna hitam.

Beberapa jenis Kolam Budidaya Lele serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ikan lele dapat diperbudidayakan di sejumlah tipe kolam. Saat anda ingin membudidayakan ikan lele karena itu anda harus menemukan tipe kolam lele yang pas untuk digunakan.

Berikut beberapa macam kolam lele yang dapat dipakai untuk memiara ikan lele :

1. Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah

Kolam tanah jadi tipe kolam lele yang paling simpel dan dapat disebutkan sebagai sistem tradisionil untuk membudidayakan ikan lele. Kolam tanah biasa disebutkan blumbang, empang, atau balong.

Keunggulan kolam tanah :

  • Alami hingga tidak ada pencemaran bahan kimia apa saja di air kolam lele.
  • Irit karena tidak memerlukan alat atau bahan yang mahal.
  • Banyak mikroorganisme alami yang tumbuh di kolam dan menjadi makanan ikan lele.
  • Air kolam tak perlu kerap ditukar.

Kekurangan kolam tanah :

  • Habiskan tempat yang luas.
  • Ikan lele dapat rawan terserang penyakit dan hama.
  • Temperatur kolam susah dikontrol karena dampak cuaca.
  • Susah membandingkan ikan kecil dan ikan besar karena air kolam tanah yang kotor.
  • Kualitas ikan lele yang hidup di kolam tanah tidak demikian baik hingga dapat turunkan harga jual.

2. Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Kolam semen sebagai tipe kolam lele yang nyaris serupa dengan kolam tanah tetapi dinding dan dasar kolam disemen. Tipe kolam ini banyak juga dipakai karena dipandang kuat dan aman untuk memiara ikan lele.

Kelebihan kolam Semen :

  • Bertahan lama karena bangunannya kuat, kolam semen dijumpai dapat bertahan bahkan juga sampai sepuluh tahun.
  • Temperatur air kolam dapat dikendalikan secara mudah.
  • Pergantian air kolam dapat dilaksanakan lebih gampang.

Kekurangan kolam semen :

  • Memerlukan ongkos yang besar.
  • Saat kolam hancur, pembaruan kolam semakin lebih susah untuk dilaksanakan.
  • Perlu disterilkan sekian hari supaya berbau semen lenyap dan kolam menjadi tempat hidup yang aman untuk ikan lele.
  • Gampang banyak lumut.

3. Budidaya Ikan Lele di Keramba Jaring Apung

Kolam jala apung atau keramba sebagai tipe kolam yang memakai jala sebagai penampung ikan. Kolam ini umumnya digunakan di tepi sungai atau danau. Kolam lele dari jala ini biasa digunakan di kolam tanah untuk mempermudah kontrol perkembangan ikan lele.

Kelebihan kolam jala apung :

  • Tempat budidaya dapat benar-benar luas.
  • Pengaturan ikan dapat dilaksanakan secara mudah.
  • Membuat lingkungan yang alami hingga ikan dapat tumbuh maksimal.

Kekurangan kolam jala apung :

  • Temperatur air kolam lele akan susah dikontrol.
  • Ikan lele riskan terkena penyakit.
  • Dapat tenggelam dan gampang hancur apa lagi saat musim penghujan.
  • Ikan gampang terlepas jika jala hancur atau berlubang.
  • kolam keramba

4. Budidaya Ikan Lele di Kolam Fiber

Kolam fiber sebagai tipe kolam lele bikinan yang paling ringkas dan umumnya mempunyai design yang memikat dengan bermacam warna.

Kelebihan kolam fiber :

  • Berkekuatan yang bagus.
  • Dapat dipindah secara mudah.
  • Bertahan lama.
  • Gampang dibikin bersih.
  • Ikan lele dapat terlindungi dari hama dan penyakit.

Kekurangan kolam fiber :

  • Ongkosnya tambah mahal.
  • Air kolam harus kerap ditukar.
  • Jumlah ikan yang dapat dimuat benar-benar terbatas.
  • kolam lele fiber

5. Budidaya Ikan Lele di Drum

Kolam drum sebagai tipe kolam yang dibuat dari drum dapat drum besi atau drum plastik. Tipe kolam lele ini dipandang benar-benar ringkas dan masih tetap menjadi tempat tumbuh ikan lele dengan maksimal.

Kelebihan kolam drum :

  • Perawatannya gampang.
  • Dapat dipindah secara mudah.
  • Air kolam dapat semakin gampang dikendalikan kwalitasnya.
  • Temperatur air kolam dapat dikendalikan secara mudah.

Kekurangan kolam drum :

  • Ongkos cukup mahal.
  • Jumlah ikan yang dapat dimuat sedikit.
  • Pergantian air kolam harus kerap dilaksanakan.
  • kolam drum

6. Cara Budidaya Lele Kolam Terpal Lengkap

Kolam terpal sebagai tipe kolam lele yang sekarang ini sedang benar-benar terkenal di kelompok aktor budidaya ikan air tawar. Tipe kolam lele ini dibuat berbahan terpal yang kuat dan dibuat dengan rangka besi yang kuat. Kolam lele ini dibuat mempunyai lubang drainase yang dapat memudahkan anda untuk jaga kebersihan air kolam.

Kelebihan kolam terpal :

  • Ongkos tambah murah.
  • Dapat dibikin di tempat yang sempit.
  • Ikan terlindungi dari hama atau penyakit.
  • Pergantian air dapat dilaksanakan secara mudah.
  • Lele yang dipiara di kolam terpal akan hidup bersih dan sehat, dan tidak bau.
  • Kesempatan hidup ikan semakin tinggi.
  • Tahan Lama sampai enam tahun bahkan juga lebih.
  • Ada beberapa tipe kolam lele yang dapat anda pakai.

Anda dapat pilih tipe kolam yang menurut anda paling memberikan keuntungan.

Dari jumlahnya tipe kolam yang ada, kolam terpal jadi opsi kolam lele yang dipandang paling memberikan keuntungan hingga anda direferensikan untuk menggunakan kolam terpal bila ingin lakukan budidaya ikan lele.

6 Cara Beternak Lele di Lahan Sempit

Tipe kolam lele terpal bundar benar-benar terkenal sekarang ini. Kolam terpal bundar mempunyai beberapa kelebihan. Ada banyak keuntungan yang dapat anda peroleh bila anda menggunakan kolam terpal bundar sebagai media untuk memiara ikan lele.

Kolam terpal bundar jadi opsi kolam lele terbaik yang dapat anda gunakan bila anda ingin sukses lakukan budidaya ikan lele. Memang mengapa harus kolam terpal bundar?

Dari demikian jumlahnya tipe kolam lele yang dapat digunakan mengapa kolam terpal bundar benar-benar direferensikan?

Pasti ada argumen kenapa kolam terpal bundar benar-benar direferensikan buat anda. Telah disebut awalnya jika kolam terpal memerlukan ongkos yang lebih irit. Disamping itu, tipe kolam lele terpal ini bertahan lama dan kuat dipakai. Pemakaian kolam terpal rupanya juga baik untuk kesehatan dan kualitas ikan lele tersebut.

Berikut sejumlah keuntungan pemakaian kolam terpal yang terkait dengan keadaan ikan lele :

1. Ikan Lele Tumbuh Sehat

Ikan lele akan tumbuh dengan sehat di kolam terpal bundar. Ikan lele yang tumbuh di kolam terpal bundar dapat terlindungi dari hama atau beragam tipe penyakit. Dengan demikian ikan lele dapat tumbuh sehat bahkan juga mulai dari bibit sampai jadi lele dewasa.

2. Daya Tampung Lele Banyak

Anda dapat memiara ikan lele dengan jumlah yang semakin banyak dalam kolam terpal bundar. Kolam terpal bundar dapat memuat ikan lele dengan jumlah yang semakin banyak dari tipe kolam lele yang lain. Walau daya tampungnya banyak, tetapi ikan masih tetap dapat tumbuh dengan sehat dan maksimal.

3. Ikan Lele Tumbuh Seragam

Memiara ikan lele di kolam terpal bundar benar-benar memberikan keuntungan karena ikan lele dapat tumbuh seragam. Ikan lele dapat tumbuh dengan status yang serupa jadi saat telah datang waktunya panen anda akan memperoleh ikan lele sama ukuran yang serupa. Keuntungan yang anda peroleh bisa juga lebih optimal karena ukuran lele yang didapat seragam.

Terang sekali jika kolam terpal bundar mempunyai beberapa kelebihan. Kolam terpal bundar dapat dipakai di tempat yang sempit sekalinya . Maka, meskipun anda mempunyai tempat yang terbatas, anda masih tetap dapat merealisasikan niat anda untuk lakukan budidaya ikan.

Tidak ada argumen untuk anda tidak untuk memakai kolam terpal bundar sebagai media untuk memiara ikan lele.

Ukuran Kolam Lele 1000 ekor, 2000 ekor, 5000 ekor, 10000 ekor untuk Kolam Terpal Bundar

Bagan Daya Tampung Ikan Lele
Bagan Daya Tampung Ikan Lele

Bagan daya tampung ikan itu ialah ukuran kolam lele yang bagus untuk pembesaran. Anda dapat sesuaikan wujud tempat dan dana yang Anda punyai untuk tentukan akan menggunakan ukuran diameter berapa.

Keunggulan Ternak Lele Memakai Kolam Terpal Bundar

Kolam terpal bundar benar-benar gampang didapat sekarang ini. Ada beberapa lokasi yang jual kolam terpal bundar dengan kualitas terbaik. Harga kolam terpal termasuk murah dan anda dapat pilih kolam terpal sama ukuran yang paling bagus dan sama sesuai keperluan anda.

Tidak cuman gampang didapat, kolam terpal bundar juga gampang untuk dibuat. Umumnya, saat anda beli produk kolam terpal bundar anda telah memperoleh perlengkapan komplet yang diperlukan untuk membuat kolam.

Disamping itu, proses pembuatan kolam terpal bundar termasuk singkat hingga anda dapat selekasnya merealisasikan gagasan anda untuk lakukan budidaya ikan lele. Tidak perlu banyak pemikiran kembali, anda dapat segera membuat kolam terpal bundar sebagai media untuk budidaya ikan lele. Ikan lele anda dapat tumbuh dengan sehat dan maksimal menggunakan kolam terpal bundar.