Cara Membuat Kandang Ayam Potong

Cara Membuat Kandang Ayam Potong
Cara Membuat Kandang Ayam Potong

Cara membuat kandang ayam potong. Sebagai salah satu elemen yang tentukan kesuksesan sebuah usaha peternakan, khususnya dalam masalah ini ialah ayam potong atau kerap disebut sebagai ayam broiler.

Kandang harus didesain dan dibuat sebegitu rupa supaya ayam yang ada di dalamnya berasa nyaman, terlindung dari cuaca dingin, panas, angin, dan yang lebih bernilai ialah ayam terlindung dari binatang pemangsa dan masalah yang lain.

Olehnya itu, dalam rencana membuat kandang ayam potong ada banyak hal yang penting di pikirkan dan di targetkan masak dimulai dari konstruksi atap, dinding, dan lantainya. Pada konsepnya kandang di untuk buat memudahkan pengatasan dan perawatan ayam, kontrol lebih efektif, yang nanti akan tingkatkan produktifitas.

Untuk penuhi fingsi itu, karena itu ada banyak patokan sebuah kandang ayam potong di ucapkan pantas. Yakni : cahaya matahari yang masuk ke kandang cukup maknanya tidak kurang dan tidak kurang, mempunyai perputaran udara yang lancar supaya sisi dalam kandang selalu memperoleh angin segar, alas kandang terlindungi dari basah dan selalu bersih.

Model Kandang Ayam Potong

1. Close House

Kandang close house sebagai kandang ayam broiler yang banyak di aplikasikan di beberapa negara maju dalam jumlah ternak capai beberapa ratus, bahkan juga beberapa puluh ribu. Kandang ini sebagai tipe kandang intens dan kekinian. Kandang tipe ini merupakan kandang tertutup, jadi udara yang berada di dalam kandang dan di luar kandang tidak bebas mengucur, tetapi didesain sebegitu rupa atau mempunyai aliran perputaran udara khusus yang di buta karena itu.

2. Open House

Yakni kandang terbuka yang mempunyai perputaran udara yang bagus. Type ini lebih banyak di temui di Indonesia . Maka transisi udara dalam kandang tidak dilakukan manual, tetapi berjalan alami.

Baca juga :

Berikut Konstruksi Kandang Ayam Potong Bagus

Saat membuat kandang ayam potong yang bagus, pasti kita perlu menimbang keadaan lokasi di mana kandang akan berdiri, karena ada 3 tipe kandang, yakni kandang postal, kandang pentas, dan kandang gabungan pentas dan postal.

Di sini kita perlu pilih alternative 3 itu yang mana terbaik dengan keadaan di atas lapangan. Bila permukiman yang kita tentukan termasuk rendah, sebaiknya memakai kandang pentas supaya tidak terserang banjir, tetapi bila dana yang dipunyai terbatas, dan lokasi tidak rendah, kandang postal menjadi opsi yang bagus karena ongkos membuat semakin sedikit, dan tingkat stress ayam lebih bagus (tidak turun sekam).

  1. Kandang perlu memakai atap monitor, ini mempunyai tujuan untuk jaga perputaran udara dalam kandang.
  2. Tinggi dinding kandang untuk tipe postal 2 mtr. sedang untuk type pentas cukup 1,8 mtr..
  3. Jika lokasi kandang cukup terik / panas, perlu sediakan kipas atau blower untuk buang amoniak khusus untuk kandang postal
  4. Dinding kandang dapat memakai bilah bambu atau kawat rang, (mana termudah di capai)
  5. Atap perlu mempunyai wujud kemiringan bagus
  6. Kandang ayam potong perlu dibuat memanjang ke arah timur dan barat, supaya cahaya matahari dapat menyinari kandang dan tidak langsung ke ayam broiler.
  7. Besarnya kandang perlu di samakan dengan gagasan yang bakal diproduksi. Jika kita ingin panen secara umum kurang lebih dari 24 hari dengan berat 0,9 kg – 1,2 kg karena itu perbedaan luas kandang dengan ayam potong yakni 1 : 10 atau di dalam 1 mtr. perseginya optimal 10 ekor ayam.
  8. Jika untuk atap itu benar-benar optional sekali, kita dapat sesuaikan dengan dana, lokasi dan tersedianya bahan. Berikut atap yang menjadi opsi : genteng, asbes, seng, rumbia, dan juga bisa gunakan aluminium foil.

Demikian pembahasan berkenaan langkah membuat kandang ayam potong yang bagus yang bagus untuk dijadikan rekomendasi untuk beberapa calon peternak yang baru ingin terjun di dunia peternakan ayam potong. Karena telah di kenali bersama jika usaha ayam potong ialah usaha yang menggiurkan, dapat datangkan keuntungan yang banyak. Tetapi bila kita tidak dapat menjalankannya secara baik sesuai ketentuan yang bagus karena itu usaha ayam potong ialah usaha termasuk berefek tinggi. Mudah-mudahan dengan kedatangan artikel singkat ini dapat meminimalkan risiko yang ada.