Cara Membuat Pakan Ikan Lele agar Cepat Besar

cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar
cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar

Cara membuat pakan ikan lele agar cepat besar. Panduan Budidaya dan Beternak – Pakan sebagai salah satunya aspek terpenting pendukung keberhasilan dalam budidaya ikan lele. Dengan memberikan pakan sama sesuai proses, karena itu perkembangan ikan lele juga akan cepat dan hasilnya akan memberikan kepuasan saat periode panen.

Saat perkembangan ikan lele bagus dan rata, pasti tingkatkan nilai jual ikan lele juga. Tetapi sayang, pakan lele yang dipasarkan dipasaran mayoritas bahan bakunya di import dari luar. Berikut yang mengakibatkan pakan lele harga membumbung tinggi, alias mahal. Dengan mahalnya pakan lele, terkadang pemberbudidaya seringkali alami rugi, tidak imbang dengan penghasilan saat panen. Oleh karena itu, pemberbudidaya ikan lele perlu memeras otak supaya memperoleh keuntungan yang besar dengan tekan modal awalnya untuk pakan lele.

Untuk memperoleh pakan lele murah beberapa pemberbudidaya harus juga pintar bereksperimen membuat racikan pakan sendiri yang harga harus dapat di bawah harga pasar. Bila ini tidak dilaksanakan, peluang nanti beberapa pemberbudidaya akan gulung alas karena tidak kuat beli pakan lele yang ada dipasaran.

Sahabat pembaca, dalam artikel ini kali kami akan memberinya ide dan bagaimanakah cara membuat pakan lele alami untuk percepat perkembangan ikan lele. Dan tentu saja modal yang diperlukan tidak besar dibanding bila anda beli pakan lele di pasar pada umumnya. Nanti bakal ada 2 alternative pakan sebagai alternatif pelet lele buat anda ikuti dirumah.

Pakan lele yang bakal kami uraikan di sini ada dua type, pakan dengan beberapa bahan khusus dan pakan yang dibikin dari beberapa bahan sisa. Pakan untuk bahan khusus ini mempunyai nilai nutrisi yang bagus yang disamakan dengan keperluan ikan lele. Sedang untuk pakan berbahan tersisa, nanti akan menggunakan beberapa bahan seperti ampas tahu, kotoran ayam, dan lain-lain, dengan tersedianya bahan yang berlimpah di sekitar anda.

Saat sebelum ke pembikinan pakan ikan lele, anda sebaiknya harus ketahui keperluan gizi ikan lele. Ini untuk mempersiapkan pakan apa yang memiliki kandungan gizi sehat sebagai pendukung khusus perkembangan ikan. Berikut keterangan keperluan gizi dan perannya yang ada di dalam pakan ikan lele.

Nilai nutrisi pada pakan ikan lele

Keperluan lele pada makanannya adalah dengan nilai nutrisi yang banyak sampai 35% dari berat pakan itu sendiri. Gizi yang terdapat di dalam pakan lele itu harus ada vitamin, karbohidrat, mineral dan protein. Semua faktor itu harus imbang supaya lele dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Selainnya yang kami sebut di atas, lemak pun tidak kalah keutamaan untukpertumbuhan ikan lele. Ikan lele memerlukan lemak 4-5% dari berat makanannya. Peranan lemak yang paling fundamental adalah untuk sumber energi dan jaga kesetimbangan daya apung ikan itu. Oleh karenanya pencampuran pakan lele harus juga di sisipkan bahan yang memiliki kandungan lemak.

Peranan vitamin pada ikan adalah memberinya ketahanan badan khsusunya ikan yang berusia beberapa minggu. Ikan-ikan yang cukup kecil memerlukan banyak vitamin karena mereka rawan terserang penyakit. Tetapi, sesudah tumbuh dan berkembang besar, keperluan vitamin pada ikan lele akan berkurang.

Untuk karbohidrat sendiri mempunyai peranan sebegai perekat kombinasi makanan karena teksturnya terbagi dalam senyawa yang kasar. Peranan khusus sudah pasti untuk sumber energi ikan lele. Dan ikan lele memerlukan kandungan karbohidrat sekurang-kurangnya 4 sampai 6% % dari berat makanannya. Itu barusan beberapa nilai nutrisi dan perannya yang telah anda kenali. Saat ini kita masuk ke tahapan pembikinan pakan.

Contoh pakan lele yang dapat dibikin sendiri

Pakan Pelet (pakan alternative)

Pelet sebagai pakan ikan bikinan di dipakai sebagai menambah gizi supaya ikan lele dapat mengalami perkembangan lebih cepat besar dan optimal. Sama seperti yang telah saya singgung di atas barusan, pembikinan pakan lele tipe pelet ini harus juga memiliki kandungan protein, lemak dan memiliki kandungan nutrisi tinggi. Untuk memperoleh bahan untuk pelet lele tidak begitu sulit, yang jelas beberapa bahan itu tidak menagndung toksin. Dan tentu saja harga lebih dapat dijangkau daripada nilai jual pakan lele ditoko-toko. Baik silakan anda baca langkah membuat pakan pelet ikan lele.

  • Persiapkan dedak, keong emas, sentrat, dan vitamin. Selanjutnya campur jadi satu, lalu aduk rata, Seterusnya tambah dengan ragi tempe sekitar 125 gr dan aduk adonan itu sampai merata.
  • Supaya reaksi peragian berjalan secara baik, tutuplah adonan itu sampai rapat, selanjutnya biarkan semalam.
  • Cara selanjutnya anda harus menyiapkam ikan asin dan daun pepaya yang sudah digiling ditambah dulu. Sesudah ikan asin dan daun pepaya siap, campurlah adonan yang telah anda peragiankan tadi. Campur dan aduk sampai merata.
  • Anda harus mempersiapkan pembuat pelet. Terserah anda membuat dari apa, samakan saja kecil besarnya yang kiranya cocok untuk makanan ikan lele. Selanjutnya potong adonan pelet barusan sama ukuran optimal 1,5 cm. Apabila sudah usai, jemurlah pelet itu sampai kering.

Sesudah pelet telah kering, masukan pakan pelet itu di dalam plastik yang kering dan teruhlah di lokasi yang memiliki perputaran udara yang baik. Yang perlu tidak boleh ditaruh di tempat yang lembab. Bila anda ingin membuat pakan pelet dengan jumlah besar, karena itu anda tinggal membuat perbedaan jumlahnya bahan yang bakal anda gunakan. Tetapi, bila anda masih pemula, saya anjurkan untuk membikin pakan pelet dengan rasio kecil dahulu untuk belajar. Apabila sudah sukses dan hasilnya baik untuk perubahan lele anda, karena itu saat itu anda harus menghasilkan pelet lele dengan rasio besar.

Bekicot dan Keong Mas (pakan tambahan)

Untuk cari keong mas dan bekicot sebetulnya tidak susah apa lagi bila anda tinggal di pedasaan yang wilayahnya dipenuhi oleh persawahan. Memang bekicot atau keong mas sedikit dipasarkan, bahkan juga tidak ada yang menjualnya dipasaran, tetapi anda dapat menyiasati jadi pengepul. Pasti benar-benar berguna sekali, selainnya gampang memperoleh keong atau bekicot, anda pun otomatis memberinya lapangan pekerjaan ke warga yang umum cari bekicot dan keong.

Langkah membuat pakan lele tambahan dengan keong mas dan bekicot ini tidak begitu sulit. Cara pertama kali yang harus anda kerjakan adalah bersihkan dulu keong dan bekicot supaya terlepas dari bakteri yang tidak diharapkan. Kemudian, rebus keong dan bekicot itu sampai dagingnya lunak supaya cangkangnya gampang dilepaskan.

Sesudah tahapan pelepasan cangkang usai, cincanglah daging keong dan bekicot itu sampai lembut merata. Prediksikan ukuran terjangkau oleh mulut ikan lele supaya ikan lele anda dapat memakannya.

Baca juga :

Bangkai Unggas (pakan tambahan)

Pakan lele bikinan sendiri lainnya adalah dengan menggunakan bangkai ayam tiren atau unggas. Untuk memperoleh ayam tiren ini tidak sulit. Bila didaerah anda ada satu kandang ayam potong karena itu benar-benar pas sekali, anda dapat memperoleh ayam-ayam mati itu. Triknya pasti dengan membeli, dan pesan terlebih dulu ke penjaga kandang.

Langkah memberikan pakan lele tambahan dengan bangkai ayam ada juga tehniknya, tidak asal diceburkan. Cara pertama kali yang harus anda kerjakan adalah dengan masukkan ayam-ayam itu ke air panas kemudan cabut semua bulu-bulunya supaya bersih dari bakteri. Seterusnya, masukan bangkai ayam itu di dalam kolam dengan menggantungnya dengan tali. Bila bangkai itu dagingnya telah habis, cepatlah mengambil tulang-belulangnya supaya tidak jadi bakteri dikolam.

Ikan yang tidak dimakan manusia (pakan tambahan)

Ikan rucah benar-benar pas untuk dipakai sebagai pakan ikan lele tambahan. Apa lagi bila tempat budidaya ikan lele anda lokasinya ada di pesisir pantai dan dekat tempat pelelangan ikan, karena itu anda akan gampang sekali memperoleh ikan rucah ini sebagai pakan tambahan. Disamping itu, ikan rucah harga benar-benar murah karena tidak pantas dimakan oloeh manusia. Langkah pemberian makan dengan ikan rucah ini tidak begitu susah. Anda cukup menggerusnya kecil-kecil sampai dapat dijangkau oleh ikan lele. Tetapi bila ukuran benar-benar kecil, anda tak perlu menggerusnya, yang perlu ikan itu tidak berduri.

Belatung (pakan tambahan)

Belatung sebagai makanan yang paling berprotein tinggi untuk ikan lele. Kandungan proteinnya dapat capai 40%. Untuk membikin belatung ini juga gampang, tetapi cukup memerlukan saat yang lama. Di bawah ini beberapa langkah untuk mengembangbiakkan belatung.

Bahan yang perlu anda siapkan adalah ampas tahu, tersisa ikan asin, daun kotoran ayam dan pisang. Di sini ampas tahu sebagai peranan utama. Masukan ampas tahu di dalam ember yang telah berisi air seperlunya dan aduk sampai rata. Selanjutnya diikuti dengan masukkan ikan kotoran ayam dan asin. Cara paling akhir adalah tutup ember dengan daun pisang dan biarkan sepanjang lebih kurang 3 minggu.

Taruh ember yang berisi ikan asin, ampas tahu, dan kotoran ayam itu di lokasi yang teduh dan janganlah sampai terserang air hujan supaya lalat ingin bertelur. Sesudah belatung itu panen, pakan lele organik ini siap untuk disajikan di kolam lele anda.

Nach sahabat, itu barusan artikel berkenaan langkah membuat pakan lele tambahan, pakan lele alami, dan pakan lele organik yang menjadi alternative disaat harga pakan lele dipasaran membumbung tinggi. Bila anda ingin sukses usaha ikan lele, pasti anda harus terus bereksperimen membuat pakan alternative lainnya yang tentu saja agar lebih murah dan bahan-bahanya gampang didapat.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Bila anda mendapati masalah dalam pembikinan pakan lele ini, anda dapat konsultasi dengan kami. Triknya yakni memberi komentar di kotak kometar website ini. Baik, terima kasih telah bertandang dan membaca tulisan kami. Nantikan artikel menarik mengenai budidaya dan beternak seterusnya