Cara Memelihara Ikan Lele Dumbo

cara memelihara ikan lele dumbo
cara memelihara ikan lele dumbo

Cara memelihara ikan lele dumbo. Budidaya ikan lele dumbo mempunyai langkah khusus supaya bisa berkembang dan tumbuh secara baik. Langkah ternak ikan yang betul harus memerhatikan beragam factor seperti benih, kolam dan pakan. Begitupun perawatan lele dumbo yang dikenali perkembangannya cepat dan ukuran semakin besar dibandingkan lele lokal. Budidaya ikan di kolam organik lebih dianjurkan karena sebagai komunitas asli ikan lele.

Kesempatan usaha ternak ikan lele masih lebar terbuka karena konsumsi warga yang tinggi. Pecel lele adalah menu makanan ciri khas indonesia yang dengan bahan dasar ikan warna hitam ini.

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) datang dari benua afrika dan pertama tiba ke indonesia di tahun 1984. Ikan air tawar ini gampang dikenali dengan beberapa ciri badan licin, tidak bersisik, wujud gepeng memanjang dan mempunyai kumis.

Apa Saja Kelebihan Yang Dipunyai Ikan Lele Dumbo?

  • Budidaya gampang dan proses perkembangan cepat
  • Kekuatan penyesuaian lingkungan yang bagus
  • Rasanya nikmat dan kandungan nutrisi yang lumayan tinggi
  • Harga dapat dijangkau hingga gampang diterima warga

Lele dumbo terhitung ikan pemakan daging (karnivora), tetapi pada umur benih lebih memiliki sifat omnivora. Untuk pemijahan, induk ikan seharusnya berusia dua tahun ataupun lebih dan bisa dikawinkan selama setahun.

  • Ciri-ciri induk betina : badan lebih pendek, memiliki 2 buah lubang kelamin dengan wujud bundar.
  • Ciri-ciri induk jantan : badan lebih panjang, cuman mempunyai sebuah lubang kelamin yang memiliki bentuk memanjang.

Bagaimana Langkah Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo?

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah

Kolam perawatan dibikin sama ukuran 7 x 5 mtr. dan kedalaman 1 mtr.. Sesudah kolam tanah dibikin, keringkan sepanjang tiga hari selanjutnya di hari ke 4 taburi kapur 100 g per mtr. persegi, pupuk kandang 700 gr per mtr. persegi. Diamkan sepanjang tiga hari tanpa air.

Penyebaran benih ikan

Benih ikan lele disebar saat pagi hari dalam jumlah 400 ekor per mtr. persegi untuk bibit usia 1 bulan (ukuran 5 – 110 cm)

Pemberian makanan tambahan

Benih lele yang telah ditaruh di kolam akan mendapatkan makanan alami yakni hytoplankton dan zooplankton. Anda dapat memberikan makanan tambahan berbentuk kotoran ayam, bangkai unggas yang dibakar atau beberapa sisa makanan di dapur yang dibikin adonan dan ditebarkan ke kolam. Atau juga bisa tepung pelet sekitar 0,75 gr per 1000 ekor bibit.

Permasalahan penyakit lele dumbo

Penyakit yang kerap serang ikan lele dumbo ialah Ichthyopthirius multifiliis atau bintik putih. Penangkalan penyakit bisa dilaksanakan dengan penyiapan kolam budidaya yang bagus, khususnya pengeringan dan pekapuran.
Langkah menyembuhkan penyakit dapat dilaksanakan dengan menyebarkan garam dapur sekitar 200 g per mtr. kubik tiap 10 hari beruntun.

Ukuran Lele Siap Panen

Lele dumbo bisa dipanen pada usia tiga bulan terhitung semenjak waktu penyebaran benih ikan. Perkembangan tubuh berbeda dari 10 gr jadi 200 – 300 g.