Cara Pembesaran Ayam Kampung

cara pembesaran ayam kampung
cara pembesaran ayam kampung
Cara pembesaran ayam kampung.Dalam memiara Ayam Kampung Super, kita mengenali ada tiga babak pembesaran yakni babak starter, grower (perkembangan) dan finiser ( tahapan akhir). Peternak yang menginginkan panen pada usia 6 minggu maka hanya sampai pada babak grower. Sedang jika ingin hasil lebih maksimal maka dapat melanjutkan perawatan sampai babak finiser. Babak starter ialah saat di mana kita memiara Ayam Kampung Super yang berusia satu hari sampai berusia 28 hari (empat minggu).

Perawatan Ayam Kampung Super pada babak ini bisanya ditempatkan di dalam kandang brooder (kandang indukan). Perawatan pada kandang indukan, DOCAyam Kampung Super masih memerlukan pemanas bikinan. Makin besar usia ayam karena itu temperatur yang berada di kandang makin sedikit. Demikian pula dengan luas kandang. Makin besar ayam karena itu luas kandang yang diperlukan alami kenaikan.

Pada usia 1 – 7 hari, temperatur bagus kandang sekitaran 31-34 derajat celcius. Dengan luas 1 mtr. karena itu anak ayam yang bisa dipiara 100 ekor/ mtr.. Pada usia 8 – 14 hari, untuk temperatur yang diperlukan sekitaran 30 derajat celcius. Untuk memiara 100 ekor karena itu diperlukan 1,2 mtr. persegi.

Ayam yang berusia 15 – 21 hari temperatur yang diperlukan belum alami peralihan. Sedang luas kandang jadi 1,4 mtr. agar memiara 100 ekor ayam.

Untuk ayam usia 22 – 28 hari, temperatur yang diperlukan 30 derajat celcius dengan kepadatan 1,6 mtr. / 100 ekor ayam.

Anak ayam yang berusia sampai 14 hari masih memakai pakan komersil seperti voer atau BR 1 untuk ayam potong. Hal itu karena masih rentannya ayam kampung super pada terkenanya penyakit. Makanan pada usia itu memiliki formasi protein kasar 2% dan energi metabolisme sekitar 3000 kkal/ kg pakan.

Sedang pada usia 22- 28 hari makanan berbentuk protein kasar 20% dan energi metabolisme sekitar 2900 kkal/ kg pakan.

Bagaimana penerapan perawatan Ayam Kampung Super periode starter?

Berikut Tehnis penerapan Ayam Kampung Super pada periode starter:

  1. Pemberian minum setiap waktu dan dilaksanakan 3x satu hari yakni pagi, siang dan sore. Pemberian dilaksanakan dari usia 1 – 7 hari.
  2. Pakan ditempatkan dalam piringan hingga anak ayam gampang mengkonsumsinya. Pemberian dilaksanakan seperlunya saja. Supaya mempermudah ayam menelannya karena itu perlu diberi air seperlunya yang digabungkan pada pakan.
  3. Di saat anak ayam berusia 15 hari, untuk pakan perlu dipertambah berbentuk dedak dan tepung ampas masing-masing 5%.
  4. Pemberian vaksinasi ND-IB dilaksanakan saat sebelum berusia satu minggu yang sudah dilakukan lewat tetes mata dan vaksinasi
  5. Gumboro dilaksanakan saat sebelum berusia dua minggu.
  6. Pada usia 5 minggu diberi perulangan vaksinasi NB-IB yang diberi lewat air minum.
  7. Penyuntikan vaksin paling lamban satu minggu saat sebelum panen.
  8. Pemberian suplemen tiap minggu dengan pemberian berselang-seling. Pada 3 hari awal diberi suplemen, selanjutnya istirahat tiga hari dan pemberian diteruskan sepanjang tiga hari beruntun, istirahat tiga hari beruntun dan seterusnya.

Di saat usia 6 minggu Ayam Kampung Super bisa dipanen dengan berat sekitaran 0,7-0,9 kg. Sesudah berusia 6 minggu bila kita inginkan panen pada periode grower karena itu kita bisa perpanjang memiaranya agar capai berat 0,9-1,0 kg. Seperti kita kenali jika periode grower sebagai pucuk perkembangan ayam kampung. Tetapi peternak kadang kurangi jumlah komunitas agar mengirit pakan.