Cara Perawatan Ayam Potong

cara perawatan ayam potong
cara perawatan ayam potong

Cara perawatan ayam potong. Perawatan ternak ayam mempunyai tujuan untuk membuat ternak terawat sama sesuai umurnya, karena ayam potong membutuhkan tindakan berlainan pada tiap babak atau umurnya. Berikut ini ialah beberapa langkahnya yang sudah disesuaikan dengan rerata usia ayam potong.

Panduan Perawatan Berdasar Usia

Ada cara-cara dan proses yang perlu dilaksanakan dalam memiara ayam pedaging supaya hasil daging dapat berkualitas. Karenanya, Anda perlu memantau keadaan ayam Anda dari hari ke hari. Beberapa cara barusan dapat anda turuti dengan langkah-langkah berikut:

  1. Saat bibit ayam diterima, umumnya ayam akan kelihatan lemas dan kecapekan karena perjalanan. Untuk kembalikan keadaan ayam, dapat menambah vitamin berbentuk Viterna Plus agar ayam kembali bugar.
  2. Untuk minggu awal, bibit ayam pedaging harus masuk ke inkubator atau juga bisa memakai indukan.
  3. Langsung beri pakan dan minum air hangat dengan tipe pakan crumbles (butiran).
  4. Untuk minggu ke-2 , temperatur pemanas kandang dapat dikurangkan dan tipe pakan yang dipakai masih sejenis crumbles (butiran).
  5. Sedang di hari ke-15 atau minggu ke-3 , bibit ayam tidak memerlukan pemanas kandang.
  6. Hari ke-22 atau minggu ke-4, bulu-bulu ayam mulai akan tumbuh hingga keperluan pakan semakin bertambah sekitar 2x lipat.
  7. Untuk minggu ke-5 dan sebagainya, pembersihan kandang harus dilaksanakan secara teratur karena ayam mulai hasilkan kotoran yang banyak.

Temperatur kandang penting juga untuk Anda lihat. Sebagai pertanda, Anda dapat memerhatikan skema ayam dalam kandang. Umumnya a yam akan berdompol bila temperatur terlampau dingin. Sedang bila ayam berasa temperatur terlampau panas, mereka akan condong menjauhi lampu.

Terkadang, ayam bisa juga alami sakit. Lihat adakah ayam yang memperlihatkan tanda-tanda yang tidak biasa. Bila ini terjadi, selekasnya pisah ayam itu dari temanan agar ayam-ayam yang lain tidak terjangkit. Bila dibutuhkan, ayam selekasnya dikasih vaksin agar kembali sehat.

Langkah Pemberian Pakan dan Minum Ayam Potong/Broiler

Sesudah pilih bibit unggul, pakan sebagai pemasti kualitas ayam yang Anda ternak. Penting diingat ayam pedaging harus juga memperoleh gizi pakan yang cukup seperti lemak, protein, mineral, karbohidrat dan vitamin supaya bisa hasilkan daging yang berkualitas.

Pakan ayam broiler yang terbanyak dipakai ialah pakan ekstrak atau BR tetapi bisa juga diberi pakan berbentuk biji bijian dan bekatul. Jika memakai pakan dari pabrik, seperti Comfeed, karena itu tipe pakan disamakan dengan tingkat perkembangan ayam, yang dibagi jadi 2 (dua) tahapan:

  1. Pakan untuk tahapan pertama atau tahapan pembesaran (usia 1 sampai 20 hari). Pakan harus memiliki kandungan kandungan protein minimum 23%.
  2. Pakan pada tahapan ke-2 atau penggemukan (usia di atas 20 hari). Pakan harus memiliki kadar protein 20%.

Pemberian pakan untuk ayam potong jangan terbatasi (adlibitum). Yakinkan tempat pakan dan minum ayam potong selalu berisi supaya berat tubuh ayam cepat semakin bertambah. Untuk ketinggian tempat pakan dan minum harus digantung dengan tinggi dada ayam dan tempat air minum harus dicuci tiap pagi. Perlu dicatat jumlah pakan yang telah diberi dan tersisa pakan yang masih ada. Pakan sebagai sisi paling penting dalam perawatan.

Kesuksesan panen ayam broiler 70% dikuasai pada pemberian pakan yang baik. Disamping itu, pakan habiskan ongkos produksi paling besar. Efektivitas pemakaian pakan ialah aspek terpenting untuk tentukan ongkos per kg dari daging ayam. Untuk ternak ayam potong sendiri pemberian pakan di untuk 2 kelompok berdasar perkembangan ayam.

Satu sampai Tujuh Hari (Minggu Pertama)

Pada usia ini, ayam masih berbentuk ayam kecil yang paling rawan. Tempatkanlah ayam pada bagian kandang yang hangat. Beri pakan khusus ayam yang berupa kecil dan memiliki tekstur lembut. Untuk jumlah pakan yang diberi sedikitnya 13-14 gr per ayam. Di minggu ini juga lakukan vaksinasi pertama berbentuk vaksin tetes.

Hari kedelapan sampai ke-14 (Minggu Ke-2 )

Pada minggu ke-2 ayam membutuhkan pakan yang semakin banyak. Beri pakan sekitar 33 gr per ekornya. Di usia ini juga, lakukan ayam untuk menyesuaikan dengan kandangnya dengan mengalihkan dari lokasi yang hangat ke arah tempat yang bersuhu konstan.

Hari ke-15 sampai ke-21 (Minggu Ke-3 )

Tambahkan jumlah pakan pada minggu ke-3 sekitar 48 gr perekornya. Pada minggu ini beri vaksinasi ke-2 dengan suntik. Di minggu ini ayam dapat didiamkan ke arah tempat yang lebih bebas atau keluar. Biarkan ayam keluar akan menjadikan tidak stress, hingga jadi gesit dan sehat.

Hari ke-22 sampai ke-28 (Minggu Keempat)

Di minggu ke-4, bulu-bulu ayam mulai lebat, hingga dapat menghangatkan badannya secara baik.. Pada minggu ini berikan pakan dalam jumlah 65 gr perekornya. Rerata berat tubuh ayam potong di umur ini ialah 1.25 kg. Oleh karenanya, lakukan penimbangan buat ketahui perkembangan ayam.

Hari ke-29 sampai ke-35 (Minggu Kelima)

Lakukan penimbangan yang ke-2 kalinya, buat ketahui bertambahnya berat ayam. Rerata berat ayam pada usia ini ialah 1,8 sampai 2 kg. Beri pakan dalam jumlah yang semakin banyak dari mulanya, yaitu 88 gr perekornya. Pantaulah adakah kesehatan ayam yang terusik dan masih tetap menjaga kebersihan ayam.

Hari ke-36 sampai ke-42 (Minggu Keenam)

Umumnya beberapa peternak ayam potong akan memetik ternaknya pada umur ini. Pada usia ini keperluan ayam lebih banyak. Karena itu, naikkan jumlah pemberian pakan dan masih tetap awasi kebersihan kandang.

Baca juga :

Vaksinasi Ayam

Vaksin yang digunakan untuk ayam pedaging sebagai vaksin inaktif dengan subtipe yang serupa pada unggas sehat yang baik dipakai untuk langkah menangani ayam pilek. Ayam pedaging dapat diberi vaksin saat berusia 4 hari dengan suntik subkutan/di bawah kulit.

Selainnya lewat suntikan subkutan, langkah penyuntikan vaksin bisa juga dilaksanakan dengan tetes mata, tetes hidung, dan sistem spray. Tetapi dari semua langkah penyuntikan vaksin, tetes mata dan hidung jadi sistem yang termudah dilaksanakan. Sedang untuk agenda penyuntikan vaksin secara lengkap dapat disaksikan di bawah ini.

  • Penyuntikan vaksin ND strain F diberi ayam usia 3 sampai 4 hari dan ayam usia 21 hari dan tiap seekor ayam diberi satu jumlah (1 ml).
  • Penyuntikan vaksin Gumboro diberi pada ayam usia 10 hari dengan jumlah sesuai saran.
  • Penyuntikan vaksin ND strain K (Komacox) diberi pada ayam usia 42 hari dan sebagai pemberian ND paling akhir.

Sedang untuk agenda pemberian mineral, vitamin dan obat antibiotik ialah seperti berikut:

  • Pada anak ayam usia 1 sampai dua hari bisa diberi vitamin, mineral, dan obat antibiotik yang disebut obat anti stress.
  • Pada usia 3 sampai 5 hari dikasih bahan makanan yang memiliki kandungan mineral dan vitamin/feed suplement.
  • Pada usia 6 hari dan seterusnya diberi obat pencegah penyakit buang air besar darah (coccidiosis) yakni coccidiostat. Obat ini diberi dengan teratur secara tiga hari beruntun, lalu dua hari stop dan sebagainya.

Beberapa hal yang Harus Jadi perhatian atau dilaksanakan dalam Ternak Ayam Potong

Menernak ayam potong kurang cukup dengan memberinya pakan pada ayam sampai besar saja. Beberapa hal yang penting jadi perhatian dan dilaksanakan supaya ayam cepat tumbuh besar. Beberapa hal itu salah satunya ialah seperti berikut :

Kebersihan Kandang Ayam Potong

Bersihkanlah kandang ayam dengan teratur, contoh 2x satu hari pada sore dan pagi. Bersihkan kandang harus juga lengkap supaya tidak ada kotoran yang menumpuk. Pembersihan kandang sebaiknya memakai alat khusus kandang dan cairan pencuci. Ini ditujukan supaya kandang jauh dari kuman yang kemungkinan datangkan penyakit.

Temperatur Kandang Ayam Potong

Temperatur yang konstan akan menolong perkembangan ayam. Peralihan temperatur mencolok karena cuaca atau cuaca yang tidak pasti akan memengaruhi kesehatan ayam. Saat malam hari, umumnya temperatur udara turun, sebaiknya untuk menempatkan lampu dalam kandang untuk memberinya kehangatan. Disamping itu, akan mempermudah pengawasan ayam pada malam hari.

Pengawasan terhadap Ayam Potong

Lakukan pengawasan secara periodik untuk ketahui perkembangan dan perubahan dari ternak ayam potong. Dari pemanatauan ini juga tiap ayam bisa jadi perhatian kesehatannya. Hingga bila ada ayam yang kurang sehat segera dapat cepat dijumpai dan diatasi. Pengawasan ini bisa dilaksanakan saat lakukan pembersihan kandang atau di saat-saat lain.

Penyembuhan Ayam Potong

Walau vaksin sudah diberi seperti agenda. Tetapi, penyakit mungkin bisa ada pada ayam. Bila hasil dari pengawasan ada ayam yang kurang sehat atau berpenyakit, karena itu pisahkanlah dengan ayam yang lain. Selanjutnya berikan obat sama sesuai penyakitnya. Dengan demikian, ternak ayam potong terus akan sehat.

Itu kelebihan, langkah bertenak, perawatan, dan beberapa hal yang perlu jadi perhatian dalam berternak ayam potong. Keuntungan dari ternak ayam potong dapat didapat bila dilaksanakan secara baik. Karena hasil baik didapat proses dari yang bagus juga. Selamat mempraktikkan!