Cara Perawatan Ikan Lele

Cara Perawatan Ikan Lele
Cara Perawatan Ikan Lele

Cara perawatan ikan lele.Dalam usaha ternak bibit lele sekarang ini telah makin populer hari demi hari. Karena ikan lele sebagai salah satu lauk yang paling dicintai bermacam kelompok untuk dihidangkan di atas meja makan mereka. Jika Anda yang ternak bibit lele wajib jalani perawatan dengan optimal, karena ternak bibit lele ini dapat dipengaruhi dengan keadaan sekitar lingkungan. Karena itu kesempatan ini akan kami ulas berkenaan dampak lele terserang air hujan.

Secara umum saat musim penghujan banyak benih lele alami kematian saat dikerjakan proses penyebaran awal bibit lele, hal itu muncul karena air hujan dapat tingkatkan kandungan asam pada kolam tersebut.

Proses perawatan secara eksklusif di musim penghujan dengan frekwensi dan tingkat curahan hujan naik yang tajam dan bermacam penyakit mudah memengaruhi kesehatan bibit lele. Bila tidak pahami, khsususnya untuk Anda yang baru masuk ke ternak lele dapat berefek ketidakberhasilan dalam usaha pembesaran bibit lele.

Saat musim penghujan kalian harus mempersiapkan tempat yang terbaik untuk tempat budidaya lele, keadaan kolam saat musim penghujan berperanan penting untuk menjaga usaha lele kalian.

Langkah Menangani Dampak Lele Terserang Air Hujan

1. Tentukan Kolam Lele yang Jauh dari Banjir

Kemungkinan besar Anda tidak dapat memprediksi dengan tentu jika banjir akan tiba kapan pun dan di tempat mana saja. Karena itu, saat sebelum Anda melakukan usaha ternak lele, harus untuk Anda untuk tahu lokasi kolam yang terbaik yaitu yang rendah resikonya pada banjir.

Tidak cuma lokasinya jauh dari banjir, pilih kolam yang berada di lingkungan terbuka terutamanya di tempat yang hijau karena keadaan kolam yang paling mengganggu kesehatan bibit lele Anda, lingkungan hijau ini mengisyaratkan ada peresaan air yang baik, jadi menahan banjir di kolam bibit lele kalian.

2. Jagalah Kolam Lele dari Lubang

Di musim penghujan ini benar-benar rawan alami kenaikan jumlah air pada kolam karena curahan air yang bertambah, bila ada lubang sekecil apa kemungkinan dapat jadi membesar karena penekanan air. Karena itu yakinkan kolam Anda yang bakal dipakai untuk bibit lele ini aman dan tidak berlubang. Bila sampai ada yang berlubang karena itu resikonya semua bibit lele kalian akan lenyap dan terikut oleh arus lubang itu.

3. Kedalaman Air Kolam Lele pada Musim Hujan Maksimum 2 Kaki

Secara umum kolam bibit lele mempunyai kedalaman 4 kaki, di saat musim penghujan upayakan kedalaman kolam optimal 2 kaki agar saat hujan, air kolam tidak akan melimpah dan air yang melimpah ini dapat beresiko menghanyutkan bibit lele Anda.

4. Berilah Vitamin C untuk Lele

Arah pemberian Vitamin C ini baik sekali untuk bibit lele Anda saat musim penghujan, karena bisa tingkatkan ketahanan badan pada bibit lele.

5. Berilah Pupuk di Kolam Lele

Pemberian pupuk juga penting untuk kolam bibit lele Anda, agar tanah menjadi subur dan tidak mudah terserang parasite serta di musim penghujan yang mana kuman akan mudah sekali untuk berkembang. Keadaan kolam yang sehat akan menahan bibit lele Anda pada bermacam penyakit.

6. Berilah Pagar dan Jala di Kolam Lele

Pagar ini diperlukan untuk bibit lele terlindung dari hewan misalkan ular dan katak di saat musim penghujan datang. Katak dan ular kerap kali memburu di musim penghujan untuk cari makanan, jala dan pagar ini tidak dapat di tembus atau dimasuki oleh badan katak atau ular jadi bibit lele akan terbebas dari gempuran hewan predator.

7. Berilah Obat Anti Jamur pada Kolam Lele

Saat musim penghujan, obat anti jamur ini dapat Anda beri pada kolam lele Anda tiap 1 bulan sekali, ini penting karena pada musim penghujan benar-benar mudah memacu jamur karena kondisi udara yang lebih lembab. Jamur ini dapat menyebabkan kesehatan pada air kolam turun yang beresiko dan mengganggu kesehatan bibit lele Anda.

8. Jaga Kebersihan Air Kolam Lele

Keadaan air saat musim penghujan akan gampang kotor karena kandungan asam bertambah, curahan hujan tinggi dan air yang karakternya lebih asam, karena itu ubahlah air lebih kurang sekitaran 15 hari sekali.

9. Menggunakan Obat Genex untuk Lele

Obat ganex sebagai obat untuk keluarkan gas amolak atau gas nitrogen. Gas nitrogen ini gas yang aslinya dari kotoran bibit lele yang bereaksi dengan udara dan keadaan air di kolam. Karena itu tingkat kelembapan udara akan bertambah jadi gas amolak gampang menggumpal.

10. Gunakanlah Penutup Kolam lele

Untuk tahapan ini maksudnya agar kolam tidak dapat terserang air hujan kebanyakan, dan Anda dapat menggunakan saat hujan lebat atau dalam keadan khusus.

11. Kurangilah Jatah Makanan Ikan Lele

Darah lele saat musim penghujan akan jadi lebih asam jadi bibit lele ini akan kurang aktif dan selera makan jadi turun, karenanya kurangilah jatah makanan menggunakan ukuran makan pas agar tidak ada tersisa makanan yang bakal mengotori kolam, jadi air kolam ini tidak akan terkontaminasi.

12. Lebih Garam dalam Kolam Lele

Maksudnya agar membunuh parasite dan kuman jadi kolam bibit lele Anda pada kondisi sehat dan bibit lele akan bisa mengalami perkembangan baik.

Perawatan Ikan Lele Musim Kemarau

Pada keadaan musim kemarau kerap ada banyak penyakitpada ikan lele. Contoh penyakitnya adalah kumis keriting, jamur, bintik putih, parasit, cacar pada lele dan lele menggantung di atas air. Pada lele alami pengurangan selera makan, saat kita memburu sasaran waktu panen ini yang bakal jadi permasalahan, terkadang pemberbudidaya masih tetap memaksa pemberian pakan seperti ukuran umumnya, karena lele selera makan menyusut dan pelet lele sisa banyak di kolam.

Pelet lele ini yang bakal jadi sumber penyakit pada lele. Yang menyebabkan kualitas air jadi jelek dan memunculkan penyakit pada lele. Untuk ketahanan badan pada lele jadi terusik ini menyebabkan gampang terkena penyakit.

Baca juga :

1. Kurangnya Ketersedian Air

Dalam masalah ini benar-benar susah sekali memperoleh air di saat keadaan musim kemarau, air tanah terkadang tidak sanggup menolong karena disebabkan debet air dalam tanah telah turun dan di daerah tertentu alami kekeringan, bahkan juga dengan kontribusi mesin pompa tetap air juga tidak dapat keluar.

2. Langkah Menanganinya

Kebanyakam beberapa pemberbudidaya lele yang lakukan pengeboran tanah dengan kedalaman optimal sampai mendapati sumber mata air. Dengan membenahi kolam yang dahulu memakai kolam tanah ditukar dengan kolam semen/kolam terpal karena bisa simpan air.

3. Susah Untuk Memperoleh Benih Lele

Pada keadaan di musim hujan kita akan gampang sekali untuk memperoleh benih lele, karena ini dengan alami akan bertelur di saat musim hujan. Sedang di saat musim kemarau lele akan jarang sekali bertelur ini menyebabkan suplai benih lele bisa menjadi menyusut bahkan juga tidak ada. Untuk menanganinya bisa beli benih lele di wilayah lainnya.

4. Perawatan Lele Di Musim Kemarau

Dengan penggantian air secara bersambung, karena pada musim kemarau air kolam cepat kotor karena pengendapan tersisa pakan yang tidak dikonsumsi lele. Jika air tidak ditukar maka dapat memunculkan berbau yang paling menusuk dan akan memengaruhi kesehatan lele.

Untuk menangani penggantian air bila betul-betul kesusahan air dapat dengan memakai probiotik yang bakal percepat mengurai tersisa makan lele dan kurangi berbau air pada kolam lele. Di siang hari dengan kerjakan penutupan kolam yang dapat dibuat atas dengan ketinggian tertentu.

Untuk menangani panas di siang hari di kolam lele bisa di berui paranet, bisa di pasang 3/4 atau 1/2 dari kolam lele itu. Tidak boleh terlampau memberikan pakan yang terlalu berlebih pada lele, bila lele telah makan ogah-ogahan selekasnya stop pemberian pakan.

Puasakan lele Satu minggu sekali. Untuk tambahan air dianjurkan di saat malam hari atau pagi hari karena di saat pagi/malam temperatur lebih konstan. Di saat pagi hari membuka penutup kolam supaya perputaran udara bisa ganti.

Bila menyaksikan lele sakit karena itu selekasnya diobati, agar penyakit tidak menyebar, lele yang menggantung/sakit dapat dijaring dan di karantina di kolam yang lain. Jika menyaksikan ada banyak lele yang mati mengambang selekasnya diambil supaya kualitas air tidak jadi bertambah jelek.

Itu info mengenai langkah perawatan ikan lele pada musim kemarau dan musim hujan semoga dapat berguna dan menambahkan wacana Anda, Selamat mempraktikkan !