Cara Ternak Ayam Kampung yang Baik

Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen
Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Cara ternak ayam kampung yang Baik.Langkah Ternak Ayam Kampung Cepat Panen – Sektor bisnis baru yang sekarang banyak disukai banyak peternak adalah ternak ayam kampung. Tidak disangsikan kembali bila ayam kampung memang jadi primadona antara tipe ayam yang lain. Walau hidup di kampung, tetapi masalah rasa dan periode hidup, ayam kampung jelas akan lebih unggul. Karena itu ayam kampung mempunyai nilai jual yang nyaris jarang-jarang turun, tapi relatif terus naik.

Langkah beternak ayam kampung tidak gampang, bahkan juga bisa disebutkan benar-benar gampang. Dahulu kemungkinan orang beternak ayam kampung dengan tradisionil, umumnya beberapa peternak membikinkan kandang ayam kampung dengan seadanya, memberikan pakan juga dengan pakan seadanya dan kemudian biarkan ayam-ayamnya berkeliaran bebas. Kelak demikian mendekati sore, karena itu ayam-ayam yang berkeliaran itu akan balik pulang ke kandang.

Langkah beternak semacam ini sampai saat ini ada banyak dilaksanakan oleh beberapa orang, karena pada intinya mereka beternak ayam kampung cuma untuk tugas sambilan saja, jadi lumrah saja bila hasilnya apa yang ada alias tidak dapat buat sandaran keperluan ekonomi keluarga, tetapi cuma untuk tambahan skala kecil.

Walau sebenarnya, bila ingin dijalani lebih serius kembali, hasilnya paling prospektif, bahkan juga menjadi penunjang ongkos keluarga. Hitungannya, dalam satu tahun ayam betina dapat menetaskan telurnya minimum 5x. Bila sekali menetas ada 10 ekor, memiliki arti ada sekitaran 50 ekor anak ayam. Bagaimana bila punyai 10 atau 50 indukan betina ?

Beternak dengan tradisionil seperti di atas benar-benar tidak salah, tetapi ada langkah yang lebih betul, yang telah bisa dibuktikan efekti untuk beternak ayam kampung. Hingga bisa menghasil keuntungan yang banyak, bahkan juga bisa dijadikan pendapatan khusus. Karena itu turuti panduan langkah beternak ayam kampung yang betul supaya cepat panen.

Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Sama seperti yang telah diulas awalnya, ada 2 langkah atau mekanisme langkah ternak ayam kampung, yakni dengan mekanisme umbaran dan mekanisme semi intens. Ke-2 mekanisme ini akan berlainan langkah beternaknya, dimulai dari tipe kandang dan perawatannya. Karena itu baca bagaimana itu mekanisme umbaran dan mekanisme semi intens.

1. Ternak Ayam Kampung Umbaran

Dalam mekanisme umbaran tidak mengenali wujud kandang, yang paling penting kandang itu dapat membuat perlindungan ayam dari udara dingin atau panas dan bisa membuat perlindungan ayam dari gempuran hewan lain. Mekanisme umbaran semacam ini benar-benar pas dilaksanakan di desa-desa yang mempunyai pelataran yang luas. Sitem semacam ini membuat peternak lebih irit dalam memberinya pakan karena umumnya ayam akan cari tambahan pakan sendiri.

Kekurangan dari mekanisme ini ialah keproduktifan ternak ayam kampung benar-benar rendah. Disamping itu ayam semakin lebih liar, tidak ingin masuk kandang, bahkan juga bisa tidur di asal-asalan tempat seperti pada beberapa pohon. Disamping itu langkah ternak semacam ini akan memengaruhi proses berkembang biakan ayam, pengembangbiakan ayam tidak terlampau intens dan sembarangan.

Perkawinan pada ternak ayam kampung mekanisme umbaran ini terjadi dengan alami layaknya seperti di alam bebas. Umumnya ayam betina yang bertelur akan mendekami telurnya sendiri sampai menetas, dan akan jaga anak-anak mereka. Pada keadaan semacam ini peternak perlu sediakan tempat mendekam yang nyaman untuk indukan betina ayam kampung.

2. Ternak Ayam Kampung Semi Intensif

Untuk ternak mekanisme semi intens memakai kandang dengan type pelataran yang lebih sempit dibanding dengan mekanisme umbaran, juga bisa memakai kandang dengan tipe ren tetapi makan ongkos tambah mahal. Type kandang pelataran seharusnya didiamkan beralas tanah, supaya banyak hijau hijauan seperti rumput-rumputan. Kadang-kadang tanah dapat dicangkuli, supaya cacing tanah dapat tumbuh untuk pakan alami ayam.

Perkawinan pada mekanisme semi intens, manfaatkan kandang koloni. Kandang koloni ini memiliki ukuran 1×2 mtr. dengan tinggi lebih kurang 100 cm. Kandang semacam ini bisa dipakai untuk 6 induk betina dan 1 ekor jantan. Perkawinan ayam kampung bisa terjadi dalam sekian hari. Sesudah induk betina dibuahi pejantan, dalam waktu 3 hari telur itu bisa ditegaskan dapat menetas.

Sesudah ada telur, selekasnya mengambil dan mengeluarkan untuk dierami oleh indukan lain. Atau juga bisa dierami unggas lain seperti entog atau bebek. Bila tidak ada indukan yang ingin mendekami juga bisa memakai inkubator penetas telur ayam. Jika indukan betina dalam kandang koloni alami periode mendekam dapat di hilangkan dengan diguyur atau dipendamnya di air bersih, karena itu indukan tdak akan mendekam.

Cara Ternak Ayam Kampung Supaya Cepat Besar

Berikut beberapa Langkah Ternak Ayam Kampung supaya cepat panen sebagai rekomendasi Anda supaya bisa memaksimalkan keuntungan dalam beternak ayam kampung.

Bentuk Kandang Ayam Kampung

Cara paling dahulu untuk beternak ialah mempersipkan kandangnya. Upayakan letak kandang tidak begitu dari rumah kita, supaya pemantauannya lebih gampang. Tetapi tidak boleh terlampau dekat sama permukiman, karena dicemaskan bisa mengusik masyarakat di sekitar lingkungan. Untuk kandang sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu kandang perawatan DOC ayam kampung dan kandang pembesaran ayam kampung.

Kandang Brooding

Untuk kandang doc atau untuk kandang brooding bisa memakai kandang box biasa. Untuk 100 ekor doc ayam kampung membutuhkan kandang dengan luas 2 x 2 mtr.. Sedang kandang ayam kampung memiliki ukuran 4 m2 sanggup untuk 225 ekor ayam. Masing-masing kandang disamakan dengan keperluan ayam kampung berdasar umurnya. Hal paling penting dari kandang brooding ini ialah pemanasnya, pakai 60 watt untuk 100 ekor ayam, jadi dalam kandang bisa memakai 2 lampu bohlam sama ukuran 30 watt.

Kandang Pembesaran Ayam

Sesudah ada di kandang brooding untuk sekian hari, ayam dipindah ke kandang pembesaran. Untuk kandang pembesaran ayam kampung, kita mengenali dengan 2 tipe kandang, yakni kandang ren dan kandang postal litter.

Kandang Ren

Kandang ren berupa terbuka dengan pagar tinggi yang melingkari pagar. Untuk tinggi pagar minimum 3 mtr., karena bila di bawah 3 mtr. dicemaskan ayam masih bisa terbang melaluinya. Kandang ini memiliki 2 sisi, yakni sisi yang teduh dan sisi untuk pengumbaran.

Secara umum luas tempat pengumbaran 2/3 dari luas kandang, dan bekasnya ialah tempat untuk berlindung. Kandang ini benar-benar efisien untuk beternak ayam kampung. Tehnik beternak ayam semacam ini disebutkan dengan beternak semiintensif, karena pada intinya ayam kampung tidak betul-betul dalam kandang, tetapi ditahan pada sebuah tempat besar dan dibebaskan untuk berjalan pada tempat pelataran itu.

Kandang Postal

Kandang postal atau kandang litter ini umumnya dipakai untuk kandang ayam potong atau ayam pedaging, tetapi kandang ini dapat digunakan untuk beternak ayam kampung. Peternak ayam kampung memakai kandang tipe ini karena umumnya peternaknya fokus pada ayam kampungnya sebagai ayam potong atau ayam pedaging.

Mode kandang postal ini ada 2 tipe, yaitu postal litter dan postal pentas. Kandang postal litter beralas tanah liat yang dilapis sekam dan kapur, perannya ntuk mempernyerap kotoran supaya lantai tidak gampang basah dengan kotoran ayam tersebut. Sedang kapur untuk menahan berkembangbiaknya penyakit yang disebabkan karena kotoran ayam itu.

Sedang kandang postal pentas dibikin mode pentas dengan ketinggian di antara tanah dengan lantai dasar kandang sekitaran 2 mtr.. Arah kandang dibikin meninggi ialah supaya kotoran ayam langsung jatuh ke tanah, hingga ayam tidak contact atau bersinggungan langsung dengan beberapa kotoran ayam.

Selainnya kandang yang penting dipersiapkan ialah perlengkapan simpatisan kandang mencakup tempat pakan dan tempat minum. Semuanya wajib dipersiapkan saat sebelum kehadiran doc ayam kampung.

Pemilihan Bibit Ayam Kampung

Sesudah kandang dan perlengkapannya siap, cara setelah itu cari bibit ayam kampung. Untuk peternak yang ingin efisien, anak ayam dapat diperoleh dengan beli DOC (Day Old Chicken) / anak ayam yang barusan menetas. Jika tidak mau memasannya anda bisa juga menetaskan sendiri memakai mesin penetas.

Buat anda yang ingin beli doc ayam kampung anda bisa beli dikami, karena kami cuman jual doc ayam kampung yang berkualitas yang telah banyak diminta beberapa peternak di semua Indonesia. Kami telah jualan doc ayam kampung semenjak tahun 2015, hingga kami sangat memahami dan eksper dalam jual doc ayam kampung.

Saat sebelum anda beli DOC ayam kampung, kalkulasi dahulu jumlah doc ayam kampung yang akan anda membeli dan samakan dengan luasan kandang pembesaran yang anda punyai. Kemudian pertimbangkan modal yang diperlukan, karena ini terkait dengan berbelanja pakan nanti. Beli doc ayam joper ini lebih efisien daripada anda harus menetaskan ayam kampung sendiri.

Bila anda menetaskan sendiri, memiliki arti anda harus lebih dahulu memiliki telur. Telur ini dapat diperoleh dari induk ayam betina yang anda punyai atau beli dari peternak lain. Kekurangan menetaskan sendiri ini ialah, anda akan disibukkan dengan masalah penyediaan telur dengan jumlah tertentu dan harus mempunyai mesin penetas telur sendiri agar bisa menetaskan telur itu.

Selainnya menimbang menetaskan telur atau mungkin tidak, anda pun perlu untuk pikirkan penyeleksian tipe bibit anaknya ayamnya, karena ada banyak tipe anak ayam, seperti ayam Jawa Super (Joper), ayam kampung favorit balitnak, atau ayam kampung biasa (ayam kampung asli). Ayam Joper di-claim punyai perkembangan yang bisa lebih cepat dari umumnya. Ayam kampung biasa, punyai pasar yang baik karena telah terkenal oleh warga.

Pakan Ayam Kampung agar Cepat Besar

Pakan untuk ayam kampung dari DOC sampai siap panen rerata 2,2 kg/ ekor. Pakan yang diberi dapat digabung dengan jagung giling, beras merah giling, bekatul atau dedak hingga lebih mengirit pengeluaran tapi masih tetap bergizi.

Sedikit pabrik yang menghasilkan pakan khusus untuk ayam kampung, ada pakan untuk ayam buras tipe lain seperti ayam arab, ayam poncin, ayam kampung unggul. Jika pakan itu diberi untuk ayam kampung, karena itu bisa ditegaskan ongkos produksinya akan mahal.

Untuk menangani pakan yang mahal ini, umumnya beberapa peternak membuat kombinasi pakan sendiri. Ayam kampung memerlukan protein kasar 12% dan energi sejumlah 2500 kkal/kg. Ada cara-cara yang bisa dilaksanakan untuk penuhi keperluan gizi, diantaranya:

  • Pakan untuk ayam usia 0 – dua bulan dapat memakai pakan untuk pakan ayam broiler.
  • Pakan untuk ayam usia 2 – empat bulan dapat memakai pakan broiler digabung dengan dedak dan jagung dengan perbedaan 1:3:1.
  • Pakan untuk ayam umur di atas empat bulan dapat memakai kombinasi di antara layer dengan dedak atau jagung dengan perbedaan 1:2. Beri juga hijau hijauan sekitar 20 % dari keperluan pakannya.
  • Untuk ayam pada periode bertelur, umumnya pada usia lebih dari enam bulan, beri pakan berbentuk kombinasi dari layer dan dedak dengan perbedaan 1:1. Tambah hijau hijauan sekitar 25% dari keperluan pakannya.
  • Jika anda tidak mau beli pakan pabrikasi benar-benar, anda dapat membikinkan pakan dari sumber alternative gizi lain misalnya : talas (umbi dan daunnya), beras termurah atau beras tersisa, dedak, tepung tulang atau cangkang keong.
  • Untuk pakan tambahan, anda dapat menemukan beberapa sisa makanan rumah tangga atau restaurant atau tersisa pemrosesan pangan seperti ampas tahu.
    Pelataran yang didiamkan dan dirawat, umumnya akan banyak hijau hijauan, ini akan menolong sediakan pakan tambahan untuk ayam kampung.

Cara Pembesaran Ayam Kampung

Pada proses perawatan peternak harus mengetahu dan mempersiapkan pakan ternak berkualitas dan beberapa obat alamiah atau kimia, dan peternak harus memahami dengan penyembuhan ayam bila ada yang sakit.

Berkait dengan pengadaan beberapa obat sebagai alternative bila ayam sakit, langkah terbaik untuk tekan angka kematian pada ayam kampung ialah dengan selalu jaga kebersihan kandang.

Kabarnya ayam kampung ini turunan dari ayam rimba, yang selanjutnya dijinakkan. Ayam kampung ini benar-benar populer dengan ketahanan badannya yang paling kuat, jarang terserang penyakit.

Obat Penyakit Ayam Kampung

Lakukan penangkalan pada penyakit dari sisi keadaan kandang yang dijaga supaya masih tetap bersih, temperatur konstan, sirkulasi cukup dan tidak ada kubangan air yang mempunyai potensi sebagai sarang nyamuk pembawa penyakit.

Selekasnya bertindak untuk penyembuhan pada ayam kampung yang terserang penyakit. Penyakit yang umumnya menyerang diantaranya adalah  tetelo/ sampar, snot dan gumboro. Obat untuk penyembuhan dapat dibeli ke toko unggas terdekat.

Penyakit yang berat seperti gumboro tidak dapat sembuh, tetapi dapat dihindari dengan mengvaksin ayam. Proses vaksin dibutuhkan bila di tempat anda banyak dijumpai kasus ayam mati karena diserang gumboro, untuk wilayah yang tidak mempunyai potensi ada virus gumboro tak perlu dilaksanakan vaksinasi pada ayam.

Anda pun dituntut harus memahami dan mengerti bagaimanakah cara pengatasan saat terkena penyakit, hingga saat ayam sakit anda dapat menyembuhkan dan memahami bagaimanakah cara mengolah atau membuat jamu atau obat berbahan alami atau bahan kimia.

Umur Ayam Kampung Siap Panen

Ternak ayam kampung bisanya tidak terpusat pada telur atau daging saja, tetapi digerakkan secara bertepatan, baik itu daging atau telur . Maka, pemasaran ayam kampung pun tidak terlilit di hari atau bulan ke berapakah saat ayam harus dipanen. Peternak memiliki kelonggaran untuk menanti harga terbaik di saat bulan bulan tertentu.

Ayam kampung dapat dipanen sesudah usia sekitaran dari 6 – delapan bulan, tetapi jika harga di saat itu tetap rendah, anda bisa meneruskan sampai usia 12 bulan. Dalam kurun waktu itu ayam dapat ditujukan dahulu untuk diambil telurnya saja. Untuk telur yang infertil tetap harus dipasarkan karena akan membusuk, tetapi jika telurnya fertil atau dapat menetas, peternak dapat tunda menjualnya dan telur tetap dierami indukan ayam dan ditetaskan.

Cara Pemasaran Ayam Kampung

Sesudah ketahui bulan yang pas untuk jual ayam, seterusnya anda harus mulai tawarkan ayam ke calon konsumen. Umumnya beberapa peternak tradisionil umumnya jual langsung ayamnya ke pasar atau ke pedagang ayam keliling. Cara itu sebetulnya kurang untung untuk beberapa peternak, karena beberapa pengepul atau pengadah perlu akan memperoleh keuntungan berjualan.

Langkah yang efektif dan efisien untuk jual ayam ialah langsung menjualnya ke konsumen setia, misalkan jual langsung ke pebisnis rumah makan, restaurant, hotel dan lain-lain yang memerlukan daging ayam dalam aktivitas upayanya. Cari mitra seperti ini benar-benar susah, tetapi apabila sudah ada yang ingin satu, umumnya selanjutnya akan ingin untuk beli ayam anda. Tips-nya ialah beri harga yang berteman dan service yang memberikan kepuasan supaya ingin menjadi mitra.

Kemungkinan anda yang malas menanti lama panen ayam kampung biasa yang capai enam bulan dalam sekali panen, tenang saja kami memiliki jalan keluarnya yakni ayam joper atau umum disebutkan ayam kampung super yakni ayam persilangan ayam kampung dengan ayam petelur hingga dapat hasilkan produksi ayam kampung massal dengan cita-rasa yang serupa tepat dengan ayam kampung biasa, anda dapat membacanya di langkah beternak ayam joper