Cara Ternak Ikan Gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame
Cara Budidaya Ikan Gurame

Cara ternak ikan gurame.Ikan gurame sebagai salah satu tipe ikan yang sangat prospektif dan mempunyai prospect cerah untuk diperbudidayakan. Disamping itu, ikan gurame sebagai tipe ikan favourite warga Indonesia. Karena ikan gurame mempunyai daging yang tebal dan rasanya lezat.

Ada beberapa langkah untuk budidaya ikan gurame. Salah satunya yakni membudidayakan ikan gurame pada kolam terpal, membudidayakan ikan gurame pada kolam tembok, membudidayakan ikan gurame pada kolam tanah, dan ada banyak kembali.

Sekilas Mengenai Ikan Gurame

Ikan gurame dikenali sebagai tipe ikan sama ukuran cukup besar. Yang umumnya dihidangkan berbentuk ikan bakar dirumah-rumah makan. Perkembangan dari ikan gurame yang memerlukan waktu lumayan lama sampai datang periode panen.

Membuat harga ikan gurame dipasaran jadi mahal. Karena itu ikan gurame kerap dikatakan sebagai makanan elit. Khususnya untuk ikan gurame yang mempunyai ukuran besar.

Ikan gurame ini sebagai tipe ikan air tawar yang benar-benar disukai oleh orang Asia. Umumnya ikan gurame dapat menjadi ikan aquarium. Nama biasanya ialah ikan gurami. Tetapi, ada banyak daerah yang mempunyai panggilan tertentu untuk ikan ini. misalkan yakni ikan gurame, ikan grameh, ikan kaloi, ikan kali, dan lain-lain.

Ikan ini mempunyai wujud badan yang gepeng dan lebar. Dengan panjang badannya memiliki ukuran standard yakni 2 s/d 2.1 kali dari lebar badannya.

Panjang keseluruhannya dapat capai 1000 mm. mempunyai sirip perut dengan jari-jari pertama kali yang pendek berbentuk duri. Dan jemari yang ke-2 lentur dan panjang seperti pecut. Ikan gurame mempunyai moncong yang meruncing.

Sesuai yang telah dijelakan di atas. Jika ada beberapa langkah yang dapat dilaksanakan untuk membudidayakan ikan gurame. Satu diantaranya yakni dengan berbagai macam media budidaya ikan gurame.

Budidaya ikan gurame di kolam terpal sebagai langkah yang kerap diaplikasikan oleh warga. Ini karena semakin lebih mempermudah saat proses panen. Dan semakin lebih gampang dalam perawatannya.

Tetapi, sebetulnya masih tetap ada langkah ternak ikan gurame pada media yang lain. Misalna yakni pada media tanah yang lebih irit. Atau pada media tembok untuk yang memiliki modal semakin banyak. Juga bisa dengan media yang lain, karena ikan gurame bisa tumbuh di media apa.

Tetapi, pada umumnya rupanya ada cara-cara yang dapat Anda aplikasikan agar bisa membudidayakan ikan gurame secara baik. Dan langkah ini akan membuat ikan gurame Anda cepat besar hingga dapat cepat panen.

Hingga sudah pasti Anda akan memperoleh keuntungan besar juga. Baca baik beberapa panduan di bawah ini.

Panduan Langkah Budidaya Ikan Gurame Supaya Cepat Besar dan Cepat Panen

1. Cari lokasi yang pas untuk membudidayakan ikan gurame Anda

Hal pertama kali yang perlu Anda lihat dalam membudidayakan ikan gurame ialah cari lokasi yang akurat. Kolam gurame bisa dibuat dari media apa.

Budidaya ikan gurame di kolam tembok, budidaya ikan gurame di kolam tanah, dan ada banyak media yang lain. Tetapi, akan lebih bagus kembali bila kolam yang Anda bikin memperoleh cahaya matahari langsung.

Ini tidak lain tidak bukan ialah untuk maksud jaga temperatur kolam pada 25 atau 28 derajat celcius. Karena pada intinya, ikan gurame mempunyai komunitas asli yakni hidup pada daratan rendah yang temperaturnya sekitaran 25 sampai 28 derajat celcius.

Itu penyebabnya, budidaya ikan gurame lebih disarankan pada daratan rendah daripada daratan tinggi. Dan sesudah lewat proses riset, rupanya ikan gurame semakin lebih cepat tumbuh pada daratan dengan ketinggian optimal 800 mtr. di permukaan laut.

2. Tentukan Benih ikan Gurame yang sehat

Cara yang ke-2 untuk membudidayakan ikan gurame supaya cepat besar dengan pilih benih yang sehat. Yang mana ukuran ikan gurame yang sehat ialah mempunyai berat lebih kurang 100 g.

Dan umurnya lebih satu tahun. Dengan ikuti langkah ini, karena itu Anda akan siap panen ikan gurame bila beratnya telah capai 500 g. Dan ikan gurame ini telah laris dipasaran.

Panduan yang lain yakni, mencari benih yang lokasinya tidak jauh dari kolam budidaya Anda. Ini mempunyai tujuan supaya benih ikan gurame yang Anda membeli, semakin lebih gampang sesuaikan lingkungan dengan kolam Anda.

Karena, jika lokasi pembelian benih terlampau jauh. Dicemaskan ikan gurame nanti akan susah beradaptasi dengan lingkungan anyarnya. Yang hendak mengakibatkan ikan gurame jadi stress dan alami kematian.

3. Keringkan kolam saat sebelum benih ikan gurame ditempatkan di dalam kolam

Cara yang ke-3 sesudah beli benih, Anda mulai bisa keringkan kolam budidaya ikan gurame Anda. Ini mempunyai tujuan supaya ikan gurame Anda bebas dari gempuran beragam penyakit seperti jamur misalkan.

Kerjakan pengeringan kolam sepanjang lebih kurang 10 s/d 14 hari. Selanjutnya berikan kapur pertanian sekitar 200 g tiap mtr. perseginya. Selanjutnya endam semua perlengkapan budidaya ikan gurame Anda pada larutan kaporit sepanjang lebih kurang satu jam. Dan janganlah lupa juga untuk dikeringkan kemudian.

Bila Anda merasakan ikan gurame yang terkena penyakit. Selekasnya pisah dengan yang lain dari kolam. Dan rendamlah ikan itu di dalam larutan garam dapur sekitar 20 miligram perliter airnya. Rendam sepanjang lebih kurang satu jam. Dan perhatikan kembali bagaimana keadaannya. Apabila sudah lebih baik, karena itu dapat di terlepas kembali di dalam kolam bersama ikan gurame yang lain.

4. Beri pakan yang padat gizi, memiliki kandungan protein nabati dan hewani

Pakan yang dipandang baik untuk perkembangan ikan gurame ialah pakan yang banyak terkandung protein. Baik itu protein nabati atau protein hewani. Karena itu benar-benar dianjurkan supaya memberinya pakan pada ikan gurame ke-2 tipe itu.

Protein hewani ini sebagai kandungan protein yang nanti isa membuat ikan gurame cepat tumbuh besar. Ini karena ikan gurame memerlukan sekitaran 25% protein hewani agar tumbuh secara cepat jadi besar.

Sedang untuk protein hewani sendiri, Anda dapat memberinya pakan seperti sayur kangkung, daun singkong, dau talas, atau selada air pada ikan gurame. Anda bisa juga memberinya tambahan enzim kompleks sekitaran 2 % pada ikan gurame. Enzim kompleks ini didapat dari pakan pabrik.

Bila Anda berniatan untuk membudidayakan ikan gurame ini dalam rasio yang lumayan besar. Karena itu Anda perlu siapkan kolam ikan gurame sekitar 3 s/d 4 kolam yang perannya berbeda. Yakni kolam untukpemijahan, kolam untuk pembenihan , kolam pendederan dan kolam pembesaran.

Bikinlah ukuran kolam yang sesuai jumlah benih yang ada. Misalkan Anda ingin budidayakan ikan gurame sekitar 1000 ekor. Karena itu ukuran kolam gurame 1000 ekor dengan berat lebih kurang 100 kg ialah sejumlah 500 mtr. persegi. Janganlah lupa beri pupuk kandang sekitar 600 s/d 1000 gr per mtr. perseginya.

Pupuk kandang ini, diperuntukkan cuman untuk kolam tanah. Karena peranan pupuk untuk menyuburkan tanah. Tanah yang subur bisa menjadi tempat perkembangan plankton. Seperti fitoplanton dan zooplankton. Plankton ini bisa menjadi bahan pakan alami untuk ikan gurame. Pupuk kandang gampang tergerai dan mempunyai kandungan ammonia yang rendah.

Air kolamnya kelak pun tidak bisa terkontaminasi oleh beberapa bahan kimia. Dan jangan terkontaminasi oleh sampah pabrik. Harus betul-betul jadi perhatian, untuk memakai air tawar dengan kulaitas yang bagus. Ini akan tentukan proses perkembangan dan kehidupan bibit ikan gurame Anda. Dengan memakai air kolam yang keadaannya baik, ikan gurame akan memperoleh kehidupan yang bagus dan akan cepat tumbuh besar secara baik.

Beberapa ciri benih ikan gurame yang baik :

  • Bibit ikan gurame yang bagus mempunyai ukuran yang seragam atau sama. Dapat disaksikan dan Anda perhatikan secara baik.
  • Sehat yang ditujukan karena tidak ada cacat atau mungkin tidak ada cedera dalam tubuh bibit ikan gurame. Ikan gurame yang terdaat cedera pada badannya, dapat memberikan indikasi jika ikan itu penyakitan.
  • Badan bibit ikan gurame pun tidak kaku dan sisiknya normal. Dapat di perhatikan baik pada masing-masing bibit ikan gurame.
  • Yakinkan untuk beli bibit ikan gurame pada wilayah Anda sendiri. Supaya bibit ikan gurame lebih gampang pada proses penyesuaian dianya pada lingkungan di kolam Anda nanti. Dan akan lebih bagus kembali bila, Anda kerjakan pembibitan sendiri. Karena telah terjaga, ikan gurame telah sanggup menyesuaikan dengan lingkungannya. Dan ini akan mengecilkan peluang ikan gurame alami stress. Yang mana stress ini dapat mengakibatkan kematian pada ikan gurame.

Ikan gurame yang siap panen mempunyai ukuran sekitaran 500 g. Dan tanda jika Anda siap panen dengan ambil contoh ikan gurame pada kolam pembesaran. Ambil sekitaran 5 ikan gurame secara random.

Selanjutnya timbang beratnya semasing. Bila sudah mempunyai ukuran berat yang cukup seragam. Atau semua beratnya melewati 500 g. Karenanya pertanda ikan gurame Anda siap untuk dipanen.

Nach, lebih kurang itu informasi-informasi sekitar ikan gurame dan panduan bagaimana supaya ikan gurame cepat tumbuh besar. Hasil panen dari ikan gurame ini umumnya lumayan besar keuntungannya. Ini ialah karena harga pasar dari ikan gurame yang lumayan tinggi. Dan banyak yang menyukai tipe ikan gurame ini untuk dikonsumsi. Hingga nyaris sehari-harinya ikan ini selalu laris keras.

Usaha budidaya ikan gurame ini benar-benar pas untuk Anda yang kemungkinan ingin konsentrasi pada usaha budidaya ikan. Juga bisa Anda aplikasikan pada kolam pancing Anda. Umumnya ikan gurame ini terbanyak disukai untuk dipancing. Karena ikannya besar hingga memberinya rasa kepuasan tertentu saat memancing. Dan bisa juga diolah ikan ini mempunyai rasa yang lezat dan memberikan kepuasan.

Tidak boleh kembali berasa kebingungan, semoga informasi-informasi yang dihidangkan di atas. Dapat membuat Anda berasa tertolong. Dan menambahkan motivasi untuk Anda yang ingin buka usaha budidaya ikan gurame di dalam rumah Anda. Yang paling penting ialah langkah tindakan yang betul. Dan lihat langkah perawatannya dengan optimal. Hingga hasilnya juga nanti akan optimal. Selamat mempraktikkan usaha budidaya ikan gurame.