Masa Panen Ikan Nila

masa panen ikan nila
masa panen ikan nila
Masa panen ikan nila. Beternak ikan nila sebagai satu hal yang memberikan keuntungan. Gampang cara beternaknya, ikan Nila mempunyai rasa yang lebih nikmat dibanding lele atau mujair, dan periode panen ikan Nila lumayan cepat.

Budidaya Ikan Nila

Ikan Nila sebagai salah satunya tipe ikan air tawar. Panggilan yang lain ialah tilapia fish. Buat beternak ikan Nila tidak harus membutuhkan kolam air yang luas.

Langkah beternaknya gampang. Tipe ikan Nila yang terbanyak diperbudidayakan ialah ikan Nila Merah. Ikan Nila terhitung pemakan segala hal.

Periode Panen Ikan Nila

Periode panen ikan Nila ialah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh beberapa peternak ikan Nila. Panen ikan nila mulai bisa dilaksanakan saat berat ikan Nila telah capai standard pasar, yaitu pada periode periode waktu sekitaran tiga bulan sampai lima bulan.

Bila perawatan ikan dan perawatan yang sudah dilakukan sangatlah baik, karena itu ikan nila akan bisa dipanen di saat usia sekitaran dua bulan atau tiga bulan.

Pada intinya panen ikan nila dapat dilaksanakan dengan memakai jala dan lalu bisa dipasarkan secara langsung ke beberapa pedagang, atau warung rumah makan lesehan atau yang lain.

Ukuran standard ikan nila siap panen untuk di pasar lokal adalah sekitaran 300 g sampai 500 g atau sudah berumur minimum sepanjang dua bulan. Tehnik atau langkah pemanenan ikan Nila yang termudah adalah dengan keringkan kolam ikan baik itu beberapa atau secara keseluruhan.

Selanjutnya sepanjang pemanenan ikan nila, karena itu kolam sebaiknya selalu dialiri sama air fresh dengan tujuan dan maksud untuk menahan agar ikan tidak jadi depresi dan lalu menjadi mati.

Setelah ikan nila bergabung di suatu genangan, karena itu lalu dapat dikeruk ikannya. Setelah proses panen itu usai, karena itu lalu kolam dapat dikeringkan buat lakukan penyiapan untuk budidaya ikan nila yang selanjutnya.

Memang ada dua langkah panen ikan Nila itu, yaitu panen keseluruhan atau panen beberapa, bergantung keperluan dan keadaannya. Pemanenan ikan nila hasil budidaya umumnya dilaksanakan dengan panen secara keseluruhan.

Tetapi, untuk beberapa peternak ikan Nila, kadang wajib melakukan panen ikan Nila secara beberapa karena satu argumen tertentu. Hal itu diantaranya misalkan karena perkembangan ikan Nila nya yang berbeda hingga dilaksanakanlah panen ikan Nila secara beberapa, dan lain-lain.

Panen Keseluruhan Ikan Nila

Buat lakukan panen ikan Nila secara keseluruhan karena itu hal yang penting dilaksanakan ialah dengan membuat kering kolam dengan menyalurkan keluar air dari kolam sampai capai tinggi air sekitaran 10 cm saja.

Lalu petak pemanen atappun petak penangkapan dibikin dengan luasan sekitaran satu mtr. persegi yang terletak ada di muka pada pintu pengeluarannya atau ( monnik, dengan begitu maka dapat mempermudahkan pada proses penangkapan ikannya.

Panen Beberapa Ikan Nila

Sedang untuk lakukan panen Ikan Nila secara beberapa atau yang kerap disebutkan sebagai periode panen secara selective, karena itu aktivitas yang perlu dilaksanakan dalam panen ikan Nila secara beberapa itu adalah sedikit berlainan dengan pemanenan ikan Nila secara keseluruhan.

Di proses panen ikan Nila secara beberapa atau panen secara selective karena itu seharusnya dilaksanakan tanpa lakukan pengeringan kolam. Cukup tentukan saja ikan Nila yang hendak dipanen dengan diputuskan ikan Nila yang sudah capai ukuran tertentu sama sesuai standard.

Selanjutnya untuk memetiknya karena itu dapat dilaksanakan dengan memakai waring yang di bagian atasnya sudah diberi dengan umpan atau dadak.

Di proses panen beberapa ini karena itu ikan Nila yang tidak dipilih, yaitu umumnya ikan Nila yang cedera karena jala, karena itu seharusnya saat sebelum dibalikkan ke kolam ikannya kembali karena itu seharusnya dilaksanakan pembelahan dahulu dan lalu ikan Nila dikasih obat dengan larutan yang dikatakan sebagai larutan malachite gree sekitaran 0,5 ppm sampai 10 ppm dalam kurun waktu sepanjang sekitaran 1 jam, baru dapat dibalikkan ke kolam ikannya.

Konsep pada proses panen ikan Nila itu sebetulnya cukuplah sederhana saja, yaitu dalam masalah ini yang penting dilaksanakan adalah usaha supaya menghindar agar ikan nila tidak alami cedera dan menghindari ikan nila jadi depresi agar ikan Nila tidak mati di saat proses panen itu dan dengan begitu karena itu ikan Nila bisa dipasarkan pada kondisi yang hidup dan masih fresh.