Pakan Ayam Kampung agar Cepat Besar

Pakan Ayam Kampung agar Cepat Besar
Pakan Ayam Kampung agar Cepat Besar

Pakan ayam kampung agar cepat besar. Beternak Ayam kampung dapat dikatakan susah gampang, bergantung ketekunan menjaganya, mulai memberikan vitamin, pakan dan obat penyakitnya. Langkah memiara yang bagus dan terarah memengaruhi perkembangan normal ayam kampung yang optimal. Kebalikannya, jika tidak terarah bisa mengakibatkan perkembangan tidak maksimal dan rugi dapat terjadi.

Berikut panduan dan langkah memberikan pakan ayam kampung agar peternakan produksi ayam makin optimal, dan memberikan keuntungan:

1. DOC Ayam Kampung Umur 1-25 Hari

Awal mula ayam menetas ialah periode awal mula perkembangan, berikut yang diberi nama babak memberikan pakan dengan teratur sampai usia 25 hari. Upayakan umur DOC ayam ini selalu dikendalikan perkembangannya apa normal atau mungkin tidak, karena periode ini ialah periode terbaik dan berpengaruh pada perkembangan selanjutnya. Pada periode ini tipe makanan bisa memakai pakan tipe pre-starter berupa mesh atau tepung (BR1 yang dilumatkan). karena pakan ini benar-benar gampang diolah oleh anak ayam DOC.

2. Pakan Ayam Kampung Usia 21 Hari-3 Bulan

Umur usia 25 hari – tiga bulan diprioritaskan dikasih pakan basah dan kering di saat pagi dan pakan kering di sore hari. 2x itu cukup waktu makan dan mengirit waktu kita.

Seharusnya diberi pakan memakai tipe starter yang memiliki berbentuk butiran kecil atau scrumble.

3. Pakan Ayam Dara

Pada ayam ini upayakan saat kita memberinya makanan untuk memakai tempat dan skema makan ayam ditata yakni 2x satu hari. Sama dengan saat ayam berusia 21 hari-3bulan, waktu pemberian makan ini yakni saat pagi hari dan sore hari.

Sebaiknya tipe pakan yang dipakai ialah pakan finiser berbentuk kombinasi beberapa bijian dan pelet.

4. Ukuran Pakan Ayam Indukan / Petelur

Pada ayam indukan, langkah memberinya makannanya dengan selalu mempersiapkan makanan di semua pojok kandang. Karena ayam indukan/petelur cuman makan sepanjang 1x satu hari dan rerata itu cuman saat pagi hari saja. Langkah memberinya pakan pada ayam kampung telah diulas.

Berikut langkah memberinya pakan ternak pada ayam kampung supaya ayam tahan pada gempuran penyakit :

1. Beri Pakan Yang Masih Fresh

Ialah kewajiban memberinya makanan yang baru/fresh. Pakan yang telah berjamur dan berbau berpengaruh turunkan kandungan vitamin yang ada pada pakan ayam itu. Dalam masalah ini memunculkan penyakit pada ayam. Makanan yang berjamur dan berbau tidak lezat mengakibatkan selera makan ayam turun, dan jadi rawan terkena penyakit dan menyebar ke ayam lainnya.

2. Berilah Pakan ayam Sama sesuai Gizi

Gizi yang cukup percepat waktu pemeliharan ayam dan mengirit ongkos produksi peternakan.

3. Berikan Pakan 3/4 dari tempat (tempat makan)

Memberikan pakan pada ayam dengan kandungan 3/4 dari batasan ketinggian tempat makan akan menahan pakan ayam gampang tumpah yang berpengaruh buang pakan dan berpengaruh ongkos pakan yang membesar.

4. Berikan Pakan Sesuai Jatah

Jatah pakan sesuai umur ayam sangat penting. Karena jika kebanyakan memberinya pakan ke ayam kita, karena itu justru akan membuat selera makan ayam menyusut pada pemberian makan seterusnya.

5. Kedisiplinan Peternak

Selainnya kualitas makanan yang diasupkan pada ayam ternak kampung, kedisiplinan pemberian pakan oleh peternak benar-benar memengaruhi kesehatan dan perkembangan ayam.

Berikut sikap peternak sukses yang harus disanggupi agar sukses:

  1. Lihat agenda berikan pakan , janganlah sampai terlambat meskipun sehari. Keadaan kesehatan ayam kerjakan setiap hari intinya perut, kepala dan kaki.
  2. Tekun memberikan pakan, tekun check kesehatan, dan tidak boleh tergesa-gesa dan grogi. Tanyakan ke dokter hewan jika terjadi pandemi serang ayam saat sebelum menyebar.
  3. Gunakanlah masker jika anda kurang sehat, sepaya ayam tidak terjangkit. Sebaiknya memerintah orang yang sehat jika anda sakit, karena dapat menyebar.
  4. Sore dan pagi hari ialah waktu terbaik untuk kasih makan ayam. Andapun bisa berikan pakan ayam sekitar 3x dalam satu hari.

Usaha ternak ayam memerlukan keterdisiplinan tinggi, karena beternak ayam kampung perlu kesabaran khusus memberinya pakan yang benar dan baik, supaya nutrisi ayam kampung terpenuhi untuk sasaran panen yang cepat

Begitu Langkah Memberikan Pakan Ayam Kampung supaya Cepat Besar, mudah-mudahan peternak Indonesia makin maju, dan memiliki daya saing tinggi