Ternak Ikan Nila

Ternak Ikan Nila
Ternak Ikan Nila

Ternak Ikan Nila. Langkah Budidaya Ikan Nila Cepat panen, simpel lengkap urut per langkah. Bila anda cari tehnik budidaya ikan nila yang terbaru dan dapat diterapkan, anda akan menyenangi tutorial ini.

Tutorial ini akan membawa anda membudidayakan ikan nila secara efisien dan cermat dengan sasaran 2- 4 bulan panen. Saya membuat sesimpel kemungkinan, supaya anda segera dapat praktik.

Cuman 8 hal yang perlu anda jalani untuk sukses budidaya ikan nila.

Bagaimana Langkah Budidaya Ikan Nila?

Memilih jadi pemberbudidaya ikan nila memiliki arti anda siap telaten dan berusaha keras. Semangat ini harus anda punyai saat sebelum mengawali.

1. Kolam Ikan Nila

Ada beberapa tipe kolam untuk ikan nila. yang termurah ialah memakai tanah, yang mahal memakai beton, yang unik memakai drum, yang hebat memakai terpal bioflok.

Saya percaya tiap pembaca mempunyai opsi berlainan untuk kolam, oleh karenanya saya menulis artikel terpisah untuk masing masing kolam. Anda dapat membacanya di link ini. Bila anda telah mempunyai kolam, silakan lalui.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah

Sekarang ini kolam tanah ialah opsi bagus untuk membudidayakan nila. Tutorial ini akan membantu anda membuat kolam, dari mengeruk, keringkan, mempersiapkan plankton (makanan gratis), sampai pengairan

Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton

Ada banyak poin utama saat membuat kolam ikan nila, bukan hanya membuat genangan air. Kekeliruan pengerjaan kolam cuman akan membuat ikan tidak tumbuh optimal. disamping itu, ongkos kolam beton tambah mahal dibanding kolam tanah.

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Nila

Analisis dan pengalaman memperlihatkan mekanisme Bioflok mempunyai beberapa keunggulan. Selainnya irit air, irit tempat, dan irit pakan, hasil ikan lebih bagus.

Budidaya Ikan Nila dengan Kolam Drum

Budidaya ikan nila dalam drum dan ember bisa maksimal. Telah ada yang mempraktekan dan sukses tumbuh. Hasilnya benar-benar cukup untuk keperluan setiap hari. Ini hoby yang paling memberikan keuntungan.

2. Pemilihan Benih Ikan Nila

Pertama memutuskan dahulu tipe nila apa yang hendak anda budidayakan? yang terbanyak di budidayakan petani ialah nila merah karena banyak di gemari customer.

Saya merekomendasikan anda memijah atau beli benih yang jantan saja. Mengapa? karena ikan nila benar-benar liar saat kawin, jadi dayanya akan habis cuman untuk kawin. Disamping itu ikan nila ketika akan membuat anak kurus kurus dan lamban tumbuh. Beberapa pegiat menjelaskan ikan nila jantan tumbuh 40% bisa lebih cepat.

Bagaimana ciri-ciri bibit ikan nila yang bagus? ini beberapa cirinya :

  • Ukuran seragam, jika ada nila yang ukuran semakin besar dari ikan lain anda akan sulit tentukan jumlah pakan. Contoh dikasih sedikit pakan karena itu sisi pakan ikan kecil akan disantap ikan besar, contoh dikasih banyak karena itu pakan ikan akan tersisa dan membususk
  • Warna kulit ceria, berlendir dan matanya ceria sehat
  • Geraknya gesit dan tidak lemas
  • Tidak cacat. Lihat fisik ikan nila, yakinkan tidak ada sisa cedera atau jamur
  • Respon yang semangat saat dikasih pakan

Bagaimana bila telanjur beli benih campur? jalan keluarnya ada 3 :

  1. Masih tetap teruskan, untuk panen ini kali kemungkinan hasilnya tidak optimal. Panen selanjutnya membeli jantan semua
  2. Memakai hormon jantanisasi (mengganti nila betina jadi jantan). Hormon jantanisasi dapat dibeli ke toko pertanian, dapat yang produk import atau produk asli indonesia. Langkah jantanisasi dapat anda baca di document ini
  3. pilih nila jantan dengan manual dan pisahkan dengan nila betina.

Ciri-ciri Ikan Nila Jantan

  • Warna perut nila jantan cukup gelap, sedang nila betina cukup putih
  • Dagu nila jantan cukup hitam, nila betina cukup putih
  • Lubang Urogenital nila jantan ada 2 untuk betina ada 3 (1 untuk mengeleuarkan telur)
  • Sirip nila jantan jelas terang, sirip nila betina amerah pucat

3. Penebaran Benih Ikan Nila

Kolam yang telah kita isi air sekitaran 70cm barusan, silakan berisi benih ikan nila. petani biasanya menyebar benih dengan kepadatan sekitaran 30 ekor/m2. Namun sebuah riset di lembaga riset air tawar depok, mempelajari jika yang paling maksimal ialah 100 ekor / m2. Bila punyai lebih satu kolam, coba yang 100 ekor per m2. jika benar sukses, untung anda dobel. Irit ruangan dan panen berlipat.

Peralihan temperatur air tiba-tiba dapat mengakibatkan ikan nila depresi. Saat yang bagus untuk menyebar benih nila ialah sore dan pagi supaya tidak depresi.

Langkah masukkan benih yang betul ialah masukan benih dan tempatnya ke kolam sepanjang 1/2 jam. Ini untuk penyesuaian supaya kurangi jumlah benih mati. Kemudian miringkan tempat barusan supaya ikan nila keluar sendiri dari tempatnya.

4. Cara Pembesaran Ikan Nila

Kunci keberhasilan dari budidaya ikan nila ini ialah kesabaran pemberbudidaya dalam 3 hal ini : Perawatan air, Pemberian pakan, dan pengatasan pada hama dan penyakit. Kita awali dari perawatan air. Lihatlah airnya ketika akan memberikan pakan, bila dirasakan ada berbau tidak lezat silakan tukar air itu.

Triknya buang air lewat lubang yang kita bikin dipojokkan kolom, sisakan 1/3nya saja. Yakinkan lubang ada saringannya hingga ikan nila tidak lari. Kemudian isi kolam barusan sampai ukuran seperti sebelumnya. Bila kolam ikan di rasa kotor, ada daun jatuh atau kotoran lain cepatlah diambil.

5. Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar

Bila anda pemula, saya akan beritahukan anda: Pakan ialah ongkos terbesar dalam budidaya ikan nila.

Ya walau kita telah mempersiapkan plankton dan teman – temannya pada awal pembikinan kolam, anda masih tetap memerlukan pelet dengan kandungan protein 20-30 %.

Pakan ikan nila ialah 3% beratnya. Bila berat ikan nila 100 g, pakannya memiliki arti 3 gr pelet. Tiap dua minggu sekali, ambilah beberapa ikan nila sehat lalu timbang beratnya. Contoh berat rata -rata ikan 100 g, karena itu :

  • pakan yang diperlukan = 3% x berat rata – rata x jumlah prediksi ikan
  • pakan yang diperlukan = 3 % x 100 g x 1.000 ekor = 3.000 gr = 3 kg pelet

Bagaimana Langkah Perawatan Ikan Nila?

Kunci perawatan ikan nila ialah kebersihan kolam. Anda harus teratur menukar air kolam. Pergantian ini bermacam, contoh budidaya di drum, harus satu minggu sekali tukar air. berbeda kembali dengan bioflok, dapat satu bulan baru tukar air. Untuk kolam tanah dan beton, silakan saat air kotor dan berbau langsung ditukar.

Saat menukar air, yakinkan anda tersisa air (misalkan 1/3 sisi) supaya nila tidak depresi karena air baru. Selainnya jaga keadaan air, kita harus juga memahami dengan penyakit ikan nila.

6. Menangani Hama dan Penyakit Ikan Nila

Hama dan penyakit ikan nila ini dapat terjadi tiap tahapan, dimulai dari tahapan penebaran benih sampai tahapan nyaris panen.

Contoh saat di awal mula benih, anda harus menyaksikan adakah hewan pemangsa benih seumpama ucrit. Bila tidak anda check, dapat – dapat benih anda habis karena hanya dikonsumsi ucrit.

Yakinkan tepian kolam anda sedikit tumbuhan atau sampah supaya tidak memacu hadirnya ucrit. Apabila sudah diketemukan ucrit, waktunya anda berusaha keras, selama ini langkah memberantas ucrit yang efisien ialah dibikin bersih dengan manual memakai seser.

Saat pemberian pakan, anda harus juga menyaksikan aktivitas ikan. Yakinkan ikan sehat-sehat dan lincah. Bila ada ikan yang diam sendiri di pojokan, dapat sehingga ia berpenyakit. selekasnya tangkap dan melakukan pengujian

7. Masa Panen Ikan Nila

usia berapakah nila dapat dipanen? Waktu panen bervariatif di antara 2-7 bulan, yang biasa sekitaran empat bulan, bergantung lokasi dan kesabaran pebisnis.

Ada pula yang dua bulan, triknya membeli benih yang telah besar dan berikan pakan nila yang banyak. Sebetulnya bukan saat yang jadi dasar panen, tapi berat ikan. Itu keutamaan pengukur berat beberapa ikan nila secara random tiap dua minggu sekali, supaya kita mengetahui berat ikan dan keperluan pakan.

Ada yang memetik saat berat ikan 300 g, ada yang menanti sampai sekitaran 500 g. Ini bergantung keperluan dan langkah pemberbudidaya jual ikan itu.

Pebisnis yang telah berkelud lama dengan ikan nila, umumnya punyai persetujuan dengan faksi yang memerlukan ikan, misalnya: restaurant, warung lamongan, hotel dan penjual ikan hingga dia tidak kesulitan dalam jual.

Dalam persetujuan itu umumnya mereka menyaratkan berat minimum. Langkah panen berlainan, bergantung bagaimanakah cara anda menjualnya.

Biasanya ikan nila dipasarkan dalam 4 kondisi :

  • Hidup (Filet fresh). Ini umumnya untuk dikirimkan ke restaurant-restoran atau luar kota.
  • Mati tetapi Bersih tanpa kotoran. Ini untuk dipasarkan di swalayan, seumpama : superindo.
  • Beku utuh: juga bisa untuk dikirimkan ke luar kota bahkan juga luar negeri,
  • Hidup atau Mati biasa, untuk dipasarkan ke ibu ibu rumah-tangga di daerah – daerah

Khusus untuk nomor 1, anda harus hentikan pemberian pakan satu hari saat sebelum panen. Maksudnya untuk menghindar nila punyai banyak kotoran saat proses pengangkutan ke arah. Pengangkutan umumnya memakai drum atau styrofoam yang jelas sempit dan padat, banyak kotoran dalam tempatsempit dapat mengakibatkan toksin yang dapat membunuh nila. Disamping itu pada proses pengangkutan luar kota bisa juga dikasih tabung oksigen.

Untuk no 2 s.d. 4, anda bisa hentikan pakan satu hari saat sebelum panen untuk penghematan.

Panen dapat dilaksanakan dengan manual memakai sesek, juga bisa dengan keringkan kolam. Untuk ikan yang beratnya masih kecil, dibalikkan kembali untuk dibudidaya.

8. Penting : Mencari rekan dan mencari guru, Share dengan pelaku bisnis lain

Yakin ke saya, berapa saja artikel anda baca, sebanyak apa video panduan yang anda saksikan dan sekitar apa saja buku yang anda khatamkan, Anda harus tetap bersahabat dengan pelaku bisnis lain, dengan pemberbudidaya ikan nila yang lain. Sehingga anda mendapatkan informasi – informasi yang penting. Misalkan :

  • Pakan alternative yang murah
  • Tehnik budiaya yang baru
  • Langkah jual Iikan nila pada harga tambah mahal
  • Share pengalaman
  • Info darurat : seperti gempuran hama di peternak lain. Selekasnya mengambil perlakuan bila terjadi semacam ini.