Ukuran Lele Siap Panen

Ukuran lele siap panen
Ukuran lele siap panen

Ukuran lele siap panen.Pertama, darimanakah kita mengetahui jika ikan lele kita bisa dipanen atau memang belum, sebenarnya anda dapat memperhatikan ukuran ikan di saat anda memberikan makan, memang ketika akan panen ikan lele, ukuran ikan yang berada di dalam kolam tidak sama, karena tentu bakal ada yang besar sekali, lumayan besar, serta masih tetap ada yang kecil. Tapi saat ukuran ikan yang lumayan besar telah banyak, karena itu sebetulnya kita bisa lakukan panen.

Cara Membuat Benih Ikan Lele

Saat sebelum mengawali budidaya ikan lele, pasti kamu harus memahami berapakah ukuran benih ikan lele yang perlukan untuk dibudidaya. Ukuran benih lele pasti menentukan perkiraan pakan lele dan perhitungan hari sampai ikan lele siap untuk di panen.

Ukuran Lele Siap Panen

Umumnya bila kita ambil bibit ikan yang berukuran 2 – 3 cm, bila perawatan kita bagus karena itu untuk panen pertama, akan perlu waktu sekitaran 3 bulan. Bila bibit yang kita mengambil mempunyai ukuran yang semakin besar kembali, kemungkinan waktu panen dapat semakin pendek dari itu. Tapi tetap panen ikan lele akan dilaksanakan dengan bertahap karena factor perkembangan ikan lele yang tidak rata.

Ukuran lele yang berada di kolam pasti tidak sama ya. Pasti berlainan, ada yang besar dan ada pula yang tidak besar. Kita dapat memperhatikan saat ukuran lele yang memiliki ukuran lumayan besar telah banyak, karena itu sebetulnya lele dapat dipanen.

Sebagai contoh, dengan pilih benih ikan yang memiliki ukuran 2-3 cm, bila perawatannya bagus karena itu umumnya akan memerlukan waktu sekitaran 3 bulan untuk siap panen. Bila benih lele yang diputuskan mempunyai ukuran yang semakin besar kembali pasti memberinya perkiraan waktu panen yang bisa lebih cepat.

Ukuran lele yang telah berusia 2,lima bulan mempunyai range panjang ikan dari kepala sampai ujung ekor sekitaran 25-26 cm. dengan berat rerata satu ikan ialah 120 gr.

Ukuran Lele Konsumsi

Umumnya untuk ukuran ikan lele yang sudah bisa di panen, buat kepentingan konsumsi keluarga yakni dengan ukuran perkilogram isi 14 ekor ikan lele, dengan berat sekitaran 70 – 80 gr/ekor dengan panjang sekitaran 20 cm, tapi untuk ukuran sebesar itu masih kecil bila dibuat. Bila di tempat saya ukuran semacam itu umumnya untuk acara dan slamatan, untuk kepentingan dengan jumlah banyak.

Untuk ukuran 9—11 ekor per kg. Umumnya yang terima ialah warung padang, sunda, atau warteg. Untuk ikan yang dipanen memiliki ukuran besar atau 3—5 ekor per kg, yang terima ialah industri yang memproses lele jadi abon, tepung, dan lain-lain.

Sedang untuk ukuran ikan lele yang diambil oleh tengkulak ialah yang lumayan besar untuk dimakan yakni, sama ukuran perkilogram ikan berisi sekitaran 10 ekor ikan lele, dengan berat per ekor sekitaran 100 g, dengan panjang per-ekor sekitaran 30 cm. Umumnya untuk rumah makan menyuguhkan ikan lele sama ukuran ini, menurutnya ukuran ini cukup mantab untuk disantab konsumen.

Baca juga :

Tapi bila kita menjualnya untuk pemancingan, ukuran ikan yang disukai dengan ukuran iai 8/Kg sampai ukuran 6/Kg. kerena yang dicari ialah kesan strike beberapa pemicu, kerena bila ukuran ikan kekecilan, karena itu bisa membuat beberapa pemicu jadi sedih.

Oleh karenanya, pemberbudidaya harus ketahui hal itu yang termasuk faktor non-teknis hingga pemberbudidaya tidak salah dalam memetik. Harga yang diterima pengepul juga berlainan. Untuk ukuran super, harga per kilonya tertinggi, yakni range Rp15.000—17.000 per kg. Untuk ukuran di bawah atau di atasnya, umumnya lebih rendah dengan beda Rp1.000—3.000 per kg.

Ridwan, pemberbudidaya lele asal Cogreg, Parung – Bogor. Dari panen yang sudah dilakukan, 85% masuk ukuran super dan bekasnya bervariatif. Ada yang semakin besar, ada yang lebih kecil. Di lahannya yang ada 100 kolam, tiap hari dilaksanakan panen lele sekitaran 2—3 ton. Menurut dia, jumlah yang begitu masih tidak cukup karena ada beberapa pembelinya yang tidak kebagian.

Perlu di ingat jika beberapa orang yang memiliki pendapat, bila makin besar ukuran ikan lele, justru rasa dagingnya jadi lebih cemplang, dan kurang renyah bila dimasak. Oleh karena itu bila kita ingin jual ikan untuk konsumsi rumah makan atau rumah tangga, ukuran isi 10/Kg ialah ukuran yang cukup bagus.

Jadi setelah itu bergantung opsi setiap orang, dan fragmen pasar yang diharapkan oleh beberapa peternak.