Umur Ayam Kampung Siap Panen

umur ayam kampung siap panen
umur ayam kampung siap panen

Umur ayam kampung siap panen.Prospect usaha ayam kampung benar-benar cerah dan terbuka lebar. Permintaan pasar cukup besar, bagus untuk konsumsi rumah tangga atau rumah makan. Seluruh keperluan ayam kampung tidak dapat dipenuhi dengan produsen atau peternak. Itu karena mekanisme peternakan ayam kampung belum dimaksimalkan secara penuh dalam masyarakat. Mayoritas warga di perdesaan masih memiara ayam kampung dengan skema umbaran.
2.
Walau sebenarnya, beternak ayam kampung secara intens mempunyai sejumlah keuntungan. Salah satunya, putaran modal berjalan relatif singkat. Bila diawali dari beli bibit DOC (day old chick) yang berkualitas, pembesaran ayam kampung pedaging cuman memerlukan waktu sekitaran dua bulan sampai panen. Dengan transisi produksi yang pendek, peternak dapat semakin cepat menuai dari hasil usaha pembesaran ayam kampung. Sekurang-kurangnya sekitaran 2,5 bulan dapat balik modal.

Keuntungan yang lain, nilai jualnya semakin tinggi dibanding ayam broiler pada harga yang relatif konstan. Harga ayam kampung pedaging sekitar Rp 21.000 – Rp 25.000 per ekor atau kg pada tingkat peternak. Bahkan juga, di sejumlah wilayah, capai Rp 35.000 – Rp 40.000/kg. Sedang ayam broiler atau ras, cuman sekitar belasan ribu pada tingkat peternak.

Ayam kampung pedaging mempunyai nilai jual ikuti beratnya. Semakin beratnya, makin tinggi nilai jualnya. Sedang, ayam broiler malah kebalikannya. Semakin beratnya, makin murah nilai jualnya. Keadaan ini cukup memberikan keuntungan, karena peternak dapat tentukan waktu panen kapan pun, lebih fleksibel. Pemanenan dapat diundur sekian hari atau minggu dengan memerhatikan keadaan nilai jual di pasar.

Pasti kesempatan usaha dan beragam keuntungannya, benar-benar sayang bila Anda melewatinya. Anda dapat cobanya dari rasio kecil. Bila kebenaran Anda telah mengawalinya, Anda dapat memikulgkannya secara serius. Triknya lumayan gampang. Anda perlu mengikuti beberapa tehnik praktisnya dalam buku Pembesaran Ayam Kampung Pedaging 2,5 Bulan Balik Modal terbitan AgroMedia Pustaka.

Penulis, Ir. Bambang Krista dan Bagus Harianto akan menguraikan beragam tehnik beternak ayam kampung pedaging secara intens. Dengan arah, memiara ayam kampung dengan kenaikan berat dalam kurun waktu bisa lebih cepat hingga dapat kembali modal cuman di dalam 2,5 bulan.

Ulasannya diawali dari prospect beternak ayam kampung pedaging, pengenalan beberapa jenis ayam buras prospektif pedaging dan tipe ayam kampung hasil persilangan yang ditujukan sebagai ayam kampung pedaging. Beragam penyiapan beternak diuraikan dengan jelas dan gampang dipahami.

Tidak itu saja, tehnik pembesaran dari minggu ke minggu sampai penangkalan hama dan penyakit dan tehnik panen, pascapanen, sampai marketing ayam kampung pedaging diuraikan. Pada bagian akhir buku ini penulis tampilkan contoh analitis usaha beternak ayam kampung pedaging sebagai deskripsi untuk Anda yang bakal jalankan bisnis ini. Akhirnya, buku ini menolong Anda untuk mencapai kesuksesan dalam usaha ayam kampung cuman dalam sekejap, yakni sekitaran 2,5 bulan saja.